Biodata Susumu Tonegawa Penemu Mekanisme Genetik Yang Menghasilkan Keragaman Antibodi

Biodata Susumu Tonegawa Penemu Mekanisme Genetik Yang Menghasilkan Keragaman Antibodi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Susumu Tonegawa seorang penemu mekanisme genetik yang menghasilkan keragaman antibodi. Penasaran ingin tahu tentang penemu mekanisme genetik yang menghasilkan keragaman antibodi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Susumu Tonegawa :

  • Lahir : 6 September 1939 Nagoya, Jepang
  • Kebangsaan : Jepang
  • Bidang : Genetika, Imunologi, Neuroscience
  • Lembaga : Massachusetts Institute of Technology
  • Almamater : Kyoto University  , University of California, San Diego  , Salk Institute
  • Penasehat akademik : Renato Dulbecco
  • Dikenal untuk : keanekaragaman  Antibodi 

Susumu Tonegawa adalah Ilmuwan asal Jepang yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1987 untuk penemuannya tentang mekanisme genetik yang menghasilkan keragaman antibodi.

Meski memenangkan Hadiah Nobel untuk karyanya dalam imunologi, Tonegawa ialah seorang biolog molekuler yang dilatih. Pada tahun-tahun terakhir, Tonegawa berpaling minat ke basis molekuler dan selular atas pembentukan memori.

Tonegawa terkenal karena meneliti mekanisme genetik dari sistem imun adaptif (kekebalan tiruan). Ide awalnya bahwa setiap gen menghasilkan satu protein.

Terdapat sekitar 19,000 gen dalam tubuh manusia, dan tubuh manusia dapat menghasilkan jutaan antibodi. Tonegawa menunjukkan dalam percobaan yang dimulai pada tahun 1976, materi genetik menyusun dirinya sendiri untuk membentuk jutaan antibodi.

Dalam percobaannya, Tonegawa membandingkan DNA dari sel-sel B (sejenis sel darah putih) dalam embrio tikus dan tikus dewasa, Tonegawa mengamati bahwa gen dalam sel B matang dari tikus dewasa dipindahkan ke sekeliling, direkombinasi, dan dihilangkan untuk membentuk keragaman kawasan antibodi yang tersedia.

Tonegawa lahir di Nagoya, Jepang dan masuk ke Sekolah Tinggi Hibiya, Tokyo. Tonegawa menerima gelar sarjana dari Universitas Kyoto pada tahun 1963.

Baca Juga :  Biodata Carl Woese - Pencetus Archaea

Tonegawa menerima gelar doktor dari Universitas California, San Diego. Tonegawa mengerjakan karya pascadoktoral di Salk Institute, San Diego, di laboratorium Renato Dulbecco, lalu bekerja di Lembaga Imunologi Basel, Basel, Swiss, di mana ia mengerjakan eksperimen imunologi.

Pada tahun 1981, Tonegawa menjadi profesor di Institut Teknologi Massachusetts, mendirikan dan memimpin Picower Institute for Learning and Memory, MIT.

Saat tahun 1982, Tonegawa dianugerahi Louisa Gross Horwitz Prize dari Columbia University bersama dengan Barbara McClintock, pemenang lain dari Hadiah Nobel tahun 1983 adalah anggota Gubernur Dewan Ilmiah di The Scripps Research Institute.

Saat ini Tonegawa adalah direktur RIKEN-MIT Center for Neural Circuit Genetika di MIT. Sementara Tonegawa mengetuai sebuah laboratorium penelitian penuh di MIT, pada tanggal 1 April 2009, Tonegawa menjabat sebagai direktur RIKEN Brain Science Institute (BSI) di Wako-shi, Jepang.

Penutup

Itulah biodata Susumu Tonegawa seorang penemu mekanisme genetik yang menghasilkan keragaman antibodi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski