Biodata Charles Hatchett Penemu Niobium

Biodata Charles Hatchett Penemu Niobium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Hatchett seorang penemu Niobium. Penasaran ingin tahu tentang penemu Niobium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Charles Hatchett :

Lahir : 2 Januari 1765 Long Acre , London Inggris

Meninggal : 10 Maret 1847 (umur82) Chealsea London

Dikenal atas : penemu unsur Niobium

 

Niobium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Nb dan nomor atom 41. Unsur Niobium ditemukan pertakali oleh seorang ahli kimia asal Inggris bernama Charles Hatchett FRS FRSE (2 Januari 1765 – 10 Maret 1847) pada tahun 1801.

Hatchett lahir di Long Acre, London, Inggris, pada tanggal 2 Januari 1765. Hatchett putra dari John Hatchett, seorang pembangun pelatih. Pada tahun 1800 ia mendirikan sebuah karya kimia di Chiswick di London.

Pada tahun 1801, saat bekerja di British Museum di London, Hatchett menganalisis sepotong columbite dalam koleksi museum. Columbite ternyata merupakan mineral yang sangat kompleks, dan Hachett menemukan bahwa itu berisi “bumi baru” yang menyiratkan adanya elemen baru.

Hatchett menyebut unsur baru ini columbium (Cb) untuk menghormati Christoper Columbus, penemu Amerika. Pada tanggal 26 November tahun 1801 dia mengumumkan penemuannya di hadapan Royal Society.

Unsur tersebut lalu ditemukan kembali dan diganti namanya menjadi  Niobium (namanya sekarang).

Di akhir hidupnya, Hatchett berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang ahli kimia untuk bekerja penuh waktu dalam bisnis pembuatan pelatih keluarganya. Hatchett tinggal di Mount Clare, Roehampton dari tahun 1807 sampai 1819.

Sejak tahun 1979, Institut Bahan, Mineral dan Pertambangan (“IOM3”) (London) memberikan Penghargaan Charles Hatchett setiap tahun kepada seorang ahli metalurgi ternama. Penghargaan diberikan kepada “penulis makalah terbaik tentang sains dan teknologi niobium dan paduannya.”

Baca Juga :  Aquarium Biotope, Replika Habitat Asli dalam Aquarium

Charles Hatchett meninggal pada tanggal 10 Maret 1847 pada umur 82 tahun di Chealsea, London.

Penutup

Itulah biodata Charles Hatchett seorang penemu Niobium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Charles_Hatchett

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski