Biodata Taufik Ismail, Sastrawan Indonesia

Biodata Taufik Ismail, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Taufik Ismail seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Taufik Ismail, simak penjelasannya berikut ini

Taufik Ismail

Taufik Ismail adalah seorang penyair dan sastrawan senior Indonesia. Dalam periodisasi sastra ia dikelompokkan ke dalam Sastrawan Angkatan 66. Beliau mendapat gelar Datuk Panji Alam Khalifatullah.

Dilahirkan di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada tanggal 25 Juni 1935 dari pasangan A. Gaffar Ismail (1911-1998) asal Banuhampu, Agam dan Sitti Nur Muhammad Nur (1914-1982) asal Pandai Sikek, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Taufik Ismail bersekolah SD di Solo, Semarang dan Yogyakarta. Kemudian beliau menempuh pendidikan SMP di Bukittinggi dan masa SMA di Pekalongan.

Sejak masih duduk dibangku SMA, Taufik Ismail sudah bercita-cita sebagai sastrawan.  Beliau kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, Universitas Indonesia Bogor (sekarang IPB) dan tamat kuliah pada tahun 1963.

Taufik Ismail dikenal aktif berorganisasi. Pada tahun 1971-1972 dan 1991-1992 Taufik Ismail sempat mengikuti International Writing Program, University of Iowa di Amerika Serikat

Taufik Ismail juga pernah belajar pada Faculty of Languange and Literature, American University di Kairo, Mesir pada tahun 1993.

Setelah menyelesaikan kuliah, Taufik Ismail pernah mengajar sebagai guru di SMA Regina Pacis, SKP Pamekar dan IPB di kota Bogor.

Kemudian beliau mulai aktif menulis di beberapa media sebagai wartawan. Taufik Ismail menjadi salah satu pendiri Yayasan Indonesia yang kemudian juga melahirkan majalah sastra Horison sejak tahun 1966.

Taufik Ismail juga menjadi salah seorang pendiri Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ).

Baca Juga :  Biodata Lise Meitner Penemu Protaktinium

Beliau  juga sempat bekerja di perusahaan swasta sebagai Manajer Hubungan Luar PT Unilever Indonesia sampai dengan tahun 1990.

Sebagai penyair, banyak karya-karyanya yang terkenal. Di tahun 1993 Taufik Ismail bahkan sempat diundang di Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia.

Taufik Ismail  juga sering membacakan karya puisinya, terutama di beberapa peristiwa bersejarah di Indonesia. Total beliau pernah mewakili Indonesia di 24 festival sastra di dunia, termasuk di benua Asia, Eropa dan Amerika.

Puisinya bahkan sudah diterjemahkan di berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, China, Prancis, Jerman dan Rusia.

Taufik Ismail juga aktif dalam bidang musik. Kerjasamanya dengan Himpunan Musik Bimbo, Chrisye dan Ian Antonio telah menghasilkan banyak lagu yang ia ciptakan dimana lagu-lagunya dinyanyikan oleh musisi Indonesia populer di era tersebut.
Taufik Ismail pun menerima banyak penghargaan di bidang sastra dan bahasa. Sampai saat ini, nama Taufik Ismail dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia dengan sederet penghargaan. Beliau pun masih aktif menulis puisi dan karya sastra lain sampai sekarang.

Beberapa Karya Taufik Ismail

  • Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia
  • Tirani dan Benteng
  • Buku Tamu Musim Perjuangan
  • Sajak Ladang Jagung
  • Kenalkan
  • Saya Hewan
  • Puisi-puisi Langit

Penutup

Itulah biodata Taufik Ismail seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.infoakurat.com