Biodata Toeti Heraty, Penulis Indonesia

Toeti Heraty

Biodata Toeti Heraty, Penulis Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Toeti Heraty seorang penulis Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Toeti Heraty, simak penjelasannya berikut ini.

Toeti Heraty

Toeti Heraty adalah salah satu penulis senior yang dimiliki oleh Indonesia yang lahir pada 27 November 1933 dan merupakan anak dari Dr. Roeseno Soerjohadikoesoemo.

Beliau juga merupakan salah seorang pendiri Universitas Gadjah Mada dan Yayasan Perguruan Cikini. Heraty merupakan Sarjana Muda Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1955, Sarjana Psikologi Universitas Indonesia tahun 1962, dan pada tahun 1974 menjadi Sarjana Filsafat dari Rijk Universiteit, Leiden, Belanda.

Pada tahun 1979, beliau lulus sebagai Doktor Filsafat dari Universitas Indonesia. Kemudian pada tahun 1957, Heraty menikah dengan Eddy Noerhadi yang juga merupakan seorang ahli kultur jaringan dari Departemen Biologi, Institut Teknologi Bandung. Dari pernikahannya tersebut, mereka mempunyai empat orang anak.

Toeti Heraty pernah mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung. Beliau juga pernah menjadi Ketua Jurusan Filsafat Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Ketua Program Pascasarjana Universitas Indonesia Bidang Studi Filsafat, Rektor Institut Kesenian Jakarta, dan Direktur Biro Oktroi Roosseno.

Lalu pad tahun 1994, Toeti Heraty dikukuhkan menjadi Guru Besar Luar Biasa pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Antara tahun 1968-1971, Toeti Heraty menjadi anggota Dewan Kesenian Jakarta, kemudian pada tahun 1982 hingga tahun 1985 menjadi ketua Dewan tersebut.

Toety Heraty juga aktif mengikuti beberapa festival internasional, di antaranya Festival Penyair International di Rotterdam pada tahun 1981 dan International Writing Program di Universitas Iowa, Iowa City pada tahun 1984.

Puisi-puisinya juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing, antara lain dalam bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Rusia dan Prancis.

Baca Juga :  Biodata Agus R. Sarjono, Sastrawan Indonesia

Toeti Heraty dijuliki sebagai “satu-satunya wanita di antara penyair kontemporer terkemuka Indonesia”.Puisi-pusinya digambarkan sebagai sulit dimengerti, mengkombinasikan ‘ambiguitas yang disengaja’ dengan ‘perumpamaan yang asosiatif dan tak dinyana’.

Beliau menerbitkan kumpulan puisi pertamanya, berjudul “Sajak-Sajak 33” pada tahun 1974, termasuk di dalamnya “Dua Wanita”, “Siklus”, “Geneva Bulan Juli”.

Kumpulam puisinya yang kedua, “Mimpi dan Pretensi” terbit pada tahun 1982. Toeti Heraty juga melakukan editing sebuah terbitan puisi berbahsa Belanda dan Indonesia, dan sebuah koleksi puisi dari para penyair wanita.

Puisinya yang terbaru, “Calon Arang: the Story of A Woman Victimized by Patriarchy”, adalah lirik setebal buku, yang memberikan pandangan kritis atas persepsi dari figur tipikal Indonesia, Calon Arang.

Puisi itu menghadirkan gambaran tiga dimensi dari seorang wanita yang mencoba bertahan terhadap lingkungan patrikhal yang represif.

Toety Heraty dianggap sebagai salah satu wanita pemikir feminis generasi pertama dan banyak menulis banyak pemikiran penting tentang wanita.

Rumahnya di Menteng merangkap sebagai galeri yang menyimpang sejumlah koleksi lukisan karya pelukis terkenal seperti Affandi, S. Sudjojono dan Srihadi Soedarsono.

Toeti Heraty pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Mitra Budaya Indonesia, pada tahun 1998. Toety Heraty juga adalah pendiri Jurnal Perempuan, majalah feminis yang mengangkat isu-isu penting tentang wanita.

Selain itu, beliau juga mengabdikan dirinya pada Suara Ibu Peduli, salah satu organisasi non-pemerintah, yang memperjuangkan pemberdayaan wanita.

Toeti Heraty  meninggal dunia pada Minggu 13 juni 2021 di usia 87 tahun. Penulis senior ini meninggal dunia di RS MMC pada pukul 05.10 WIB.

Jenazah Toeti Heraty Noerhadi dimakamkan di TPU Karet Bivak setelah sebelumnya disemayamkan di rumah duka Jl. Cemara no.6 Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga :  Biodata Andrés Manuel del Río Penemu Vanadium

Beberapa karya Toeti Heraty

  • Sajak-sajak 33 (kp, 1973),
  • Seserpih Pinang Sepucuk Sirih (ap,1979, Ed),
  • Mimpi dan Pretensi (kp, 1982),
  • Aku dalam Budaya (s, 1984),
  • Manifestasi Puisi Indonesia-Belanda (ap, 1986, Ed. bersama A.Teeuw),
  • Antologi Puisi Indonesia 1997 (ap, 1977),
  • Sembilan Kerlip Cermin (ap, 2000).

Penutup

 

Itulah biodata Toeti Heraty seorang penulis Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : id.wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski