Biodata Walter Noddack Penemu Unsur Renium

Biodata Walter Noddack Penemu Unsur Renium

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Walter Noddack seorang penemu unsur renium. Penasaran ingin tahu tentang penemu unsur renium, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Walter Noddack :

Lahir : 17 Agustus 1893 Berlin, Jerman

Meninggal : 7 Desember 1960 Berlin, Jerman

Kebangsaan : Jerman

Pasangan : Ida Tacke (m 1926)

Dikenal atas : salah satu penemu unsur renium

 

Walter Noddack (17 Agustus 1893 – 7 Desember 1960) adalah seorang ahli kimia asal Jerman. Bersama dengan Ida Tacke (yang kemudian dinikahi Noddack), dan Otto Berg melaporkan penemuan unsur 43 (Masurium) dan elemen 75 (Renium) pada tahun 1925. Noddack lahir di Berlin, Jerman, pada tanggal 17 Agustus 1893.

Rhenium

Walter Noddack, Ida Tacke, dan Otto Berg menamai unsur 75 renium (Rhenus Latin yang berarti ” Rhine “). Renium adalah elemen alami terakhir yang ditemukan memiliki isotop stabil.

Keberadaan elemen yang belum ditemukan pada posisi ini di tabel periodik telah diprediksi oleh Henry Moseley pada tahun 1914. Pada tahun 1925 mereka melaporkan bahwa mereka mendeteksi unsur bijih platinum dan di kolumbit mineral.

Mereka juga menemukan renium di gadolinite dan molibdenite. Pada tahun 1928 mereka dapat mengekstrak 1 g unsur dengan mengolah 660 kg molibdenit.

Technetium

Elemen 43 diberi nama masurium (setelah Masuria di Prusia Timur). Kelompok yang membombardir columbite dengan seberkas elektron dan elemen deduksi 43 hadir dengan memeriksa spektogram difraksi sinar-X .

Panjang gelombang sinar-X yang dihasilkan berhubungan dengan bilangan atom dengan rumus yang diturunkan oleh Henry Moseley. Tim itu mengklaim mendeteksi sinyal sinar-X yang samar pada panjang gelombang yang dihasilkan oleh elemen 43.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Palang Merah Indonesia

Eksperimen kontemporer tidak dapat meniru penemuan tersebut, dan kenyataannya dipecat sebagai kesalahan selama bertahun-tahun. Baru pada tahun 1998 pemecatan ini mulai dipertanyakan.

John T. Armstrong dari Institut Nasional Standar dan Teknologi menjalankan simulasi komputer dari percobaan dan memperoleh hasil yang sangat dekat dengan yang dilaporkan oleh tim 1925.

Klaim itu selanjutnya didukung oleh karya yang diterbitkan oleh David Curtis dari Los Alamos National Laboratory yang mengukur kejadian teknesium (kecil). Perdebatan masih ada mengenai apakah tim 1925 benar-benar menemukan unsur 43.

Karir

Walter Noddack menjadi profesor kimia fisik pada tahun 1935 di Universitas Freiburg dan 1941 di Straßburg Reichsuniversität.

Setelah Perang Dunia II Noddack beralih ke Universitas Bamberg dan pada tahun 1956 ia menjadi direktur Institut Penelitian Geokimia yang baru didirikan di sana.

Penutup

Itulah biodata Walter Noddack seorang penemu unsur renium. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu