Biodata Willard F. Libby Penemu Penanggalan Radiokarbon

Biodata Willard F. Libby Penemu Penanggalan Radiokarbon

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Willard F. Libby seorang penemu penanggalan radiokarbon. Penasaran ingin tahu tentang penemu penanggalan radiokarbon, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Willard F. Libby :

  • Lahir : 17 Desember 1908 Grand Valley, Colorado
  • Meninggal : 8 September 1980 (umur 71) Los Angeles, California
  • Kebangsaan : Amerika
  • Bidang : Radioaktif
  • Institusi : Universitas Columbia
  • Alma mater : Universitas California, Berkeley
  • Dikenal karena : Penanggalan radiokarbon
  • Penghargaan : Medali Elliott Cresson (1957), Willard Gibbs (1958), Penerimaan Nobel Kimia (1960)
  • Pasangan :  Leonor Hickey

 

Willard Frank Libby adalah seorang profesor kimia asal Amerika. Libby dianugerahi Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1960 untuk perannya pada tahun 1949 dalam pengembangan radiokarbon, sebuah proses yang merevolusi arkeologi dan paleontologi.

Pada tahun 1927 Libby menjadi lulusan kimia dari University of California di Berkeley, ia menerima gelar doktor pada tahun 1933, Libby belajar unsur-unsur radioaktif dan mengembangkan sensitif Geiger counter untuk mengukur radioaktivitas alami dan buatan lemah.

Selama Perang Dunia II Libby bekerja di Proyek Manhattan Alloy Material (SAM) Laboratorium Pengganti ‘s di Columbia University, mengembangkan proses difusi gas pengayaan uranium.

Setelah perang, Libby menjadi profesor di University of Chicago Institute untuk Studi Nuklir, di mana ia mengembangkan teknik untuk penentuan tanggal senyawa organik menggunakan karbon-14 . Libby juga menemukan bahwa tritium dapat digunakan untuk penentuan tanggal air, dan anggur.

Pada tahun 1950, Libby menjadi anggota Komite Umum Penasehat (GAC) dari Komisi Energi Atom (AEC). Dia diangkat komisaris pada tahun 1954, menjadi ilmuwan sendiri. Libby memihak Edward Teller pada mengejar crash program untuk mengembangkan bom hidrogen, berpartisipasi dalam Program Perdamaian Atom, dan pengujian nuklir pemerintah.

Baca Juga :  Biodata Reid Hoffman Penemu dan Pendiri Linkedin

Libby mengundurkan diri dari AEC pada tahun 1959 dan menjadi Profesor Kimia di University of California, Los Angeles (UCLA), posisi yang dipegangnya hingga pensiun pada tahun 1976. Pada tahun 1962, Libby menjadi Direktur University of California di seluruh negara bagian Institute of Geofisika dan Planetary Physics (IGPP).

Libby memulai program Teknik Lingkungan pertama di UCLA pada tahun 1972, dan sebagai anggota dari California Air Resources Board , ia bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan standar polusi udara California.

Penanggalan radiokarbon

Penanggalan radiokarbon adalah sebuah metode penanggalan radiometrik yang menggunakan isotop karbon-14 (14C) untuk menentukan usia material bahan organik (karbonaseous) dengan batasan sampai sekitar 60.000 tahun “sebelum sekarang” (atau diistilahkan “Before Present”, disingkat BP, di mana “sekarang” didefinisikan sebagai tahun 1950).

Teknik ini ditemukan oleh Willard Libby dan koleganya yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 1949 selama jabatannya sebagai profesor di Universitas Chicago. Berkat penemuannya ini, ia mendapatkan Hadiah Nobel untuk Kimia pada tahun 1960.

Sejak diperkenalkan metode ini telah banyak digunakan sampai saat ini untuk menganalisis banyak item terkenal, antara lain sampel dari Gulungan Laut Mati, Kain Kafan dari Torino, sejumlah besar artefak dari zaman Mesir kuno untuk memasok informasi bagi kronologi Dinasti Mesir, dan Ötzi, manusia purba yang jasadnya ditemukan terawetkan dalam es.

Metode pengukuran atau penanggalan didasarkan pada fakta bahwa karbon ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk isotop stabil utama (12C) dan isotop stabil (14C). Melalui fotosintesis, tanaman menyerap kedua bentuk dari karbon dioksida di atmosfer.

Ketika suatu organisme mati, berisi rasio 14C sampai 12C, tapi, sebagai meluruh 14C tanpa kemungkinan pengisian, rasio menurun pada tingkat biasa (paruh 14C). Pengukuran peluruhan 14C memberikan indikasi usia materi berbasis karbon (usia radiokarbon mentah).

Baca Juga :  Biodata William Harvey Penemu Peredaran Darah dan Fungsi Jantung

Tetapi, seiring waktu ada fluktuasi kecil dalam rasio 14C untuk 12C di atmosfer, fluktuasi yang telah dicatat dalam catatan alami dari masa lalu, seperti urutan lingkaran pohon dan deposit gua. Catatan-catatan ini memungkinkan untuk fine-tuning, atau kalibrasi, satu indikasi yang berasal dari mengukur rasio karbon.

Sebuah usia radiokarbon mentah, setelah dikalibrasi, menghasilkan tanggal kalender. Salah satu penggunaan yang paling sering radiokarbon adalah untuk memperkirakan umur sisa-sisa organik dari situs arkeologi.

Penutup

Itulah biodata Willard F. Libby seorang penemu penanggalan radiokarbon. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu