Biodata William Bradford Shockley Penemu Transistor

Biodata William Bradford Shockley Penemu Transistor

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata William Bradford Shockley seorang penemu transistor. Penasaran ingin tahu tentang penemu transistor, simak penjelasannya berikut ini.

William Bradford Shockley adalah fisikawan asal Amerika Serikat kelahiran Inggris yang menerima Hadiah Nobel Fisika bersama dengan John Bardeen dan Walter H. Brattain.

William Bradford Shockley lahir di London, Inggris, Britania Raya, pada tanggal 13 Februari 1910, dari orang tua Amerika Serikat yang berada di Inggris selama beberapa tahun untuk urusan bisnis. Ayahnya adalah insinyur pertambangan dan ibunya wakil surveyor federal untuk tanah mineral.

Mereka kembali ke Kalifornia saat William masih balita. Minatnya dalam sains tumbuh sejak kecil, melalui profesi orangtuanya dan tetangganya yang mengajar fisikadi Stanford. Shockley lulus dari CalTech pada tahun 1932 dan menerima PhD dari MIT pada tahun 1936.

Shockley mulai bekerja di Laboratorium Bell. Penelitiannya dalam fisika benda padat, khususnya tabung vakum, membuat banyak kemajuan teoretis dalam tujuan perusahaan untuk menggunakan tombol elektronik untuk kantor telepon sebagai pengganti tombol mekanik yang masih dipakai sampai saat itu.

Selama PD II, Shockley bekerja untuk proyek militer, khususnya memperhalus sistem radar. Begitu perang berakhir, Shockley kembali meneliti benda padat, kini mengamati semikonduktor.

Salah satu sumbangannya dalam bidang industri elektronika adalah penerapan teori kuantum pada perkembangan semikonduktor. Pada tahun 1947, dengan patnernya John Bardeen dan Walter Brattain, Shockley membuat alat semikonduktor pengeras pertama. Mereka menyebutnya transistor (dari transfer dan resistor).

Shockley membuat kemajuan di bidang itu pada tahun 1950 yang membuatnya mudah diproduksi. Gagasannya yang orisinal akhinya menimbulkan pengembangan keping silikon. Shockley, Bardeen, dan Brattain memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika 1956 untuk pengembangan transistor, yang memungkinkan alat-alat elektronik dibuat lebih kecil, jelas, dan murah.

Baca Juga :  Biodata Isaac Singer Penemu Mesin Jahit 'Singer'

William Bradford Shockley meninggal dunia di Stanford, California, Amerika Serikat, pada tanggal 12 Agustus 1989 pada umur 79 tahun.

Penutup

Itulah biodata William Bradford Shockley seorang penemu transistor. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/William_Shockley