Manfaat Euphorbia, Ternyata Bisa Menyembuhkan Sembelit

manfaat euphorbia

Manfaat Euphorbia, Ternyata Bisa Menyembuhkan Sembelit – Sobat Waca Berita, ada yang hobi menanam dan merawat bunga euphorbia? Ya, bunga euphorbia merupakan sejenis tanaman berbunga yang cantik, namun mempunyai banyak duri di bagian batangnya.

Nah Sobat Waca Berita, penasaran apa saja manfaat dari bunga hias tersebut untuk kesehatan? Simak pembahasannya berikut ini.

Klasifikasi Bunga Euphorbia

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Membuahkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Euphorbia
Spesies : Euphorbia milii Ch. Des Moulins

Manfaat Euphorbia untuk Kesehatan

Selain keindahannya sebagai tanaman hias, bunga euphorbia ternyata juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat. Karena itu, euphorbia menjadi salah satu tanaman yang termasuk dalam apotek hidup.

Menyembuhkan penyakit hepatitis A

Hepatitis A merupakan penyakit yang dapat menyerang organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Salah satu cara menyembuhkannya adalah dengan bunga euphorbia.

Untuk membuat ramuan penyembuh hepatitis A, potong ujung batang bunga euphorbia dan iris-iris, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Minum air tersebut setiap hari selama satu bulan dan rasakan perubahannya.

Menyembuhkan bisulan

Penyakit bisul memang terasa menyakitkan. Untuk menyembuhkan bisulan, Anda bisa membakar batang bunga euphorbia, kemudian tumbuk dan tempelkan ke bagian kulit yang bisulnya mulai membesar. Tidak lama kemudian, bisul akan pecah namun segera sembuh dan tidak muncul kembali.

Baca Juga :  Biodata Seki Takakazu Penemu Determinan

Manfaat Euphorbia bisa Mengatasi sembelit

Sembelit atau susah buang air besar sebenarnya bukanlah penyakit. Haya saja merupakan gejala awal dari adanya suatu penyakit. Untuk menyembuhkannya, batang euphorbia dicuci lalu digiling halus dan diperas. Kemudian, airnya diaduk dengan tepung tapioka secukupnya, lalu dibuat pil sebesar kacang hijau. Keringkan dengan cara memanggang dengan tatakan genting. Setelah jadi, Anda bisa memakan 1 pil sehari

Mengobati luka bakar

Manfaat bunga euphorbia yang lain ternyata juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi luka bakar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus daun bunga euphorbia, lalu dijadikan bahan pengompres pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

Meredakan pendarahan pada rahim

Meredakan pendarahan rahim bisa Anda lakukan dengan cara herbal, yaitu dengan merebus 15 kelopak bunga euphorbia pada olahan sup dengan daging sapi. Selain rasanya lezat, pendarahan akan segera berhenti dan rahim kembali sehat.

Radang anak telinga

Untuk mengatasi radang anak telinga, yaitu cabang segar dibuang kulitnya, lalu ditumbuk halus dan diperas. Kemudian airnya dipakai dan diteteskan ke bagian anak telinga yang sakit. Gunakan 2—3 tetes, dan dalam sehari lakukan 4—6 kali.

Mengatasi sakit gigi

Ambil getah euphorbia beberapa bagian dengan cotton bud, lalu dilumaskan pada gigi yang terasa sakit atau berlubang. Lakukan 1—2 kali sehari, tetapi harus hati-hati, jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Segudang Manfaat Euphorbia

Ternyata euphorbia memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Akan tetapi selalu ingat, untuk pemanfaatan euphorbia sebagai ramuan obat harus benar-benar terukur ya, Sob. Jangan sampai berlebihan dan membahayakan diri sendiri. Nah Sobat, itulah beberapa manfaat euphorbia yang bisa kita praktikan di rumah. Semoga selalu sehat ya Sob!

Baca Juga :  Biodata Charles Augustin de Coulomb Penemu Hukum Coulomb

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski