Bunga Euphorbia dengan Segala Keunikannya

Bunga Euphorbia dengan Segala Keunikannya – Sobat Waca Berita, siapa yang sering menjumpai bunga dengan banyak duri di batangnya? Bukan mawar lho ya, tapi Bunga Euphorbia.

Memiliki nama latin Euphorbia milii Ch. des Moulins, bunga ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di seputar pekarangan, tak jarang terkadang juga di simpan di dalam pot yang ditempatkan di depan tempat tinggal.

Sobat, bunga yang berasal dari pulau Madagaskar ini termasuk bunga yang tidak suka dengan banyak air, jadi termasuk mudah dalam perawatannya. Simak penjelasan lengkapnya di Waca Berita kali ini.

Klasifikasi Euphorbia

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Membuahkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Euphorbia
Spesies : Euphorbia milii Ch. Des Moulins

Ciri Bunga Euphorbia

Ciri umum euphorbia itu memeliki banyak duri dan berkelopak kecil. Bunga ini memiliki bermacam tipe warna mulai dari merah, pink, putih dan lain sebagainya.

Perawatan Bunga Euphorbia

Seperti yang telah disinggung di atas, perawatan euphorbia itu relatif mudah. Hal utama pada perawatan bunga euphorbia yaitu Sobat harus memastikan media tanam yang digunakan tidak mengandung banyak air.

Media tanam yang digunakan biasanya serbuk kulit kelapa (cocopeat), sekam bakar, kotoran kambing, serta pasir tembikar malang yang butirannya agak besar, penyiramannya baiknya sekali satu hari saat sore atau pagi.

Kandungan Kimia Euphorbia

Euphorbia memiliki beberapa kandungan kimia diantaranya :

Pada batangnya terdapat taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, serta asam fumarat.

Baca Juga :  Biodata Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī, Ilmuwan Muslim Penemu Angka Nol

Sedangkan pada daun euphorbia, terdapat senyawa kimia berupa peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji. Sedangkan getahnya mengandung euphorbol, euphol, cyeloartenol.

Manfaat Bunga Euphorbia Untuk Kesehatan

Euphorbia itu tidak cuma dipakai tanaman hiasa saja tetapi dapatkah di pakai juga sebagai obat herbal namun mesti diperhatikan juga dosis pemakaiannya lantaran tanaman ini dapat beracun.

Beberapa manfaat euphorbia adalah dapat mengobati diare akut, malaria, demam. Selain itu euphorbia juga dapat digunakan untuk membunuh serangga atau dijadikan insektisida.

Jika terjadi radang telinga pada anak, atau sakit gigi, sobat bisa mamanfaatkan euphorbia sebagai tanaman herbal untuk mengobati keduanya. Selain itu penyakit hepatitis, bisul, pendarahan menstruasi, luka bakar, bahkan sesak nafas dan sembelit, juga dapat ditangani dengan euphorbia yang sesuai dengan kadarnya.

Catatan terpenting adalah, Sobat harus bisa memanfaatkan dengan baik dan benar atau sesai kadar karena euphorbia itu memiliki kandungan toksin.

Demikian informasi tentang Bunga Euphorbia dengan berbagai keunikannya, semoga bermanfaat ya Sobat!