Cara Menanam Euphorbia Dalam Pot

Menanam Euphorbia Dalam Pot

Cara Menanam Euphorbia Dalam Pot – Halo Sobat Waca Berita, tanaman hias Euphorbia merupakan tanaman yang populer, awalnya berasal dari wilayah Madagaskar. Namun, tanaman hias ini kemudian menyebar juga hampir ke seluruh wilayah Asia, serta daerah beriklim tropis lainnya.

Euphorbia sangat cocok dengan lingkungan yang tidak terlalu banyak mengandung air, sehingga membutuhkan media tanam yang kering agar akar tidak akan terlalu lama mengikat air. Maka yang menggunakan pot sebagai wadah tanaman hias, sebaiknya memilih yang punya drainase baik. Supaya air dari penyiraman tidak terkurung dalam pot tersebut.

Media tanam ibarat dapur bagi berbagai hara penting yang akan diserap akar untuk disalurkan ke batang, daun, dan bunga. Dengan demikian, media tanam merupakan kunci utama penanaman sebuah tanaman hias. Bila media tanam tidak sesuai, maka tanaman akan mudah mati.

Euphorbia membutuhkan media tanam yang kering agar akar tidak akan terlalu lama mengikat air. Maka bagi Sobat yang menggunakan pot sebagai wadah tanaman hias, sebaiknya memilih yang punya drainase baik. Supaya air dari penyiraman tidak terkurung dalam pot tersebut.

Selain itu, ada berbagai hal lagi yang penting diperhatikan supaya tanaman hias euphorbia Sobat bisa tumbuh subur dalam pot. Berikut penjelasan yang lebih rinci.

Media Tanam

Seperti tanaman hias sukulen lain, euphorbia membutuhkan media kering dan porous agar akar tidak akan terlalu lama mengikat air dan lebih efisien dalam memanfaatkan air. Sehingga, media tanam apa pun bisa Sobat pilih untuk menanam euphorbia, asalkan memiliki porousitas dan drainase yang baik.

Baca Juga :  Biodata Mario J. Molina Penemu Bahaya Cloroflorokarbon (CFC) Pada Lapisan Ozon

Beberapa bahan media tanam yang bisa Sobat pilih, di antaranya sekam bakar, pakis, cocopeat, pasir malang, dan pupuk kandang. Sebaiknya Sobat juga memilih media tanam dengan tingkat keasaman pH 6,5-7.

Ketika melakukan penanaman di pot plastik, sebaiknya masukkan potongan styrofoam sebanyak 25% dari tinggi pot agar membantu sirkulasi udara di media sekaligus mencegah kelembapan akibat air yang berlebih.

Cara Menumbuhkan Tanaman Hias Euphorbia

Walaupun tanaman hias euphorbia bisa beradaptasi dengan mudah pada lokasi dan kondisi tanah apapun, namun sebaiknya Sobat letakkan pada lokasi dengan sinar matahari yang penuh secara langsung, serta memiliki kondisi tanah yang kering. Jika ditanam di tanah yang terlalu banyak, tanaman hias dapat rentan terhadap pembusukan akar, terutama jika tanahnya lembap untuk waktu yang lama.

Perawatan euphorbia juga tak sulit untuk dilakukan, Sobat. Cukup meletakkan euphorbia pada lokasi dengan kelembapan yang ringan hingga sedang, dan terbebas dari gangguan hama, merupakan langkah tepat yang bisa Sobat ambil.

Selain itu, perlu Sobat ketahui bahwa euphorbia yang mendapatkan lebih banyak paparan sinar matahari secara langsung akan menghasilkan lebih banyak bunga, bahkan tanaman hias ini mampu mekar selama 3-4 jam setiap harinya, lho.

Dengan demikian, jika Sobat berencana menanamnya di luar ruangan dan ingin mekar secara teratur, memilih tempat yang mendapat banyak sinar matahari merupakan pilihan tepat yang bisa dicoba.

Langkah Menanam Euphorbia dalam Pot

Siapkan pot yang ukurannya sepadan dengan besar kecilnya euphorbia. Lalu, pastikan kondisi pot dalam keadaan bersih dan steril serta memiliki lubang di bagian dasar untuk untuk membuang kelebihan air.
Masukkan beberapa potongan styrofoam atau pecahan genting dengan jumlah yang bisa mentup lubang karena tujuannya untuk mencegah air tidak menggenang di dasar pot.

Baca Juga :  Biodata Septinus George Saa Penemu Rumus Penghitung Antara Dua Titik Rangkaian Resitor

Isi pot dengan formulasi media tanam yang sudah dibuat dengan takaran separuh dari tinggi pot. Kemudian, taburkan butiran pupuk slow release sebanyak setengah sendok makan.

Ambil bibit euphorbia, lalu bersihkan akar-akarnya. Setelah itu, tanaman siap ditanam.

Masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak. Pastikan akar menyebar merata dan tidak saling melilit atau menumpuk satu dengan yang lainnya.
Isi media tanam hingga penuh, lalu siram air sampai media tanam terlihat padat. Setelah itu, letakkan bibit di tempat yang teduh dan aman dari gangguan.

Repotting

Tahapan menanam euphorbia dalam pot, sobat perlu memindahkan euphorbia ke dalam pot yang berukuran lebih besar jika pot yang lama sudah terlalu kecil. Pergantian pot dan media tanam ini dikenal dengan istilah repotting.
Nah, repotting juga bisa dilakukan apabila media tanam dalam kondisi sudah jenuh atau unsur haranya sudah jauh berkurang. Berikut ini langkah-langkah repotting tanaman hias euphorbia, di antaranya:

Siapkan euphorbia yang akan dipindahkan ke pot yang lebih besar. Lalu, ketukkan pot agar media tanam tidak terlalu padat.

Balikkan pot untuk mengeluarkan tanaman dari pot nya. Caranya, pegang media tanam berikut tanaman secara perlahan dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri mencopot pot nya. Lalu, bersihkan sisa-sisa tanah yang menempel di akar dengan cara disiram atau disemprot.

Siapkan pot yang berukuran lebih besar (sesuai dengan besar tanaman). Pastikan Sobat memilih pot yang bersih dan steril serta ada lubang pembuangan di bagian dasar pot. Selanjutnya, masukkan potongan styrofoam hingga 1/5 – 1/4 tinggi pot.

Letakkan euphorbia pada posisi tegak di bagian tengah pot. Lalu, isi media tanam hingga penuh.
Setelah itu, siram media hingga basah, kemudian Sobat bisa meletakkan euphorbia di lokasi yang teduh dan aman dari gangguan.

Baca Juga :  Biodata Sindoedarsono Soedjojono, Bapak Seni Rupa Modern Indonesia

Menanam Euphorbia dalam Pot

Bagaimana? Ternyata cukup mudah ya Sobat menanam euphorbia dalam pot. Pastinya Sobat bisa mempraktikan apa yang ada dalam artikel ini di tempat tinggal masing-masing. Demikian cara menanam euphorbia dalam pot, semoga bermanfaat ya Sobat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski