cara merawat euphorbia

Cara Merawat Euphorbia Agar Berbunga Lebat

Cara Merawat Tanaman Hias Euphorbia Agar Berbunga Lebat – Sobat, tanaman hias Euphorbia milii atau yang biasa dikenal dengan euphorbia berasal dari wilayah Madagaskar. Namun, tanaman hias ini kemudian menyebar juga hampir ke seluruh wilayah Asia, serta daerah beriklim tropis lainnya.

Euphorbia ini termasuk tumbuhan semak, yang dapat tumbuh dalam ukuran besar dan tinggi sekira 40-180 cm. Tanaman hias ini cocok ditanam dalam pot, lalu dipajang di halaman maupun teras rumah.

Sobat, tanaman hias ini sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Beberapa tahun lalu, tanaman hias ini begitu populer, bahkan harga jualnya begitu mahal. Meskipun tak seterkenal dulu, namun kini masih banyak juga yang mencari euphorbia untuk mempercantik rumah dan dimanfaatkan sebagai apotek hidup.

Tanaman hias yang memiliki ciri-ciri kelopak kecil, banyak duri, serta memiliki warna bunga yang bervariasi menjadikan euphorbia tak kalah popular dari bunga mawar dan adenium, Sob.

Saat merawat euphorbia, tentu yang diharapkan oleh Sobat tanaman hias ini berbunga lebat, ya. Lalu bagaimana caranya agar euphorbia dapat tumbuh sempurna dan cepat menghasilkan bunga yang lebat?

Dalam perawatan euphorbia, Sobat hanya membutuhkan 6 langkah saja, yaitu pemangkasan, penyiraman, pemupukan, penempatan, penyiangan, dan pengendalian penyakit. Simak penjelasannya, yuk!

Merawat Euphorbia dengan melakukan pemangkasan

Sejak masa penyuburan, pemangkasan sudah dapat dilakukan pada tanaman hias euphorbia dengan tujuan untuk mengurangi penguapan dan membentuk tajuk yang seimbang, agar dapat terlihat cantik.

Caranya dengan membiarkan cabang-cabang yang berada di sisi kiri, kanan, depan, dan belakang utuh. Sementara bagian cabang lainnya dibuang saja. Nantinya, tunas baru bermunculan di setiap cabang, sehingga tampak lebih rimbun.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Selasa 23 Agustus 2022

Waktu yang tepat untuk pemangkasan adalah usai penyuburan dan pembungaan pertama kali. Tepatnya di akhir masa pembungaan pertama, Sobat.

Penyiraman

Meski ketika tumbuh besar akan mengeras, batang euphorbia tetap rentan terhadap siraman air. Sehingga batang dan akarnya bisa dengan cepat membusuk, Sobat.

Selain itu, daun tanaman hias ini dapat berubah jadi kuning, cepat layu kemudian mati. Oleh karena itu, penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup dilakukan seminggu sekali saja ya, Sobat.

Kalau pun mau setiap hari, pastikan Sobat cukup berikan cipratan air yang halus menggunakan sprayer. Ini supaya tidak merusak daun dan tanahnya tidak tergenang air.

Penempatan tanaman euphorbia yang tepat

Letakkan euphorbia di tempat terbuka dengan intensitas matahari secara langsung dan sirkulasi udara yang bagus untuk merangsang pertumbuhan bunga yang lebat.

Hasilnya, sejak dipindahkan selama seminggu, bunga akan bermekaran pada sela-sela tajuknya. Sebulan kemudian, bunga tersebut akan tumbuh lebat memenuhi di setiap sisi daun.

Penyiangan

Cara merawat euphorbia selanjutnya adalah penyiangan. Hal ini tentu saja untuk mengurangi rumput dan tanaman liar. Rumput dan tanaman liar di sekitar media tanam dapat memperlambat penyerapan hara dalam tanah. Jika tidak rutin dibersihkan, maka akan menjadi hama dan penyakit.

Cara Merawat Euphorbia dengan Pemupukan

Berikan pupuk majemuk dengan kadar natrium rendah, fosfor dan kalium tinggi, untuk merangsang pertumbuhan bunga, seperti Growmore, Hyponex, dan Gandasil dengan dosis 1 gr/liter/tanaman.

Aplikasikan pupuk seminggu sekali ke media tanam, Sobat. Cara praktis pun bisa dilakukan dengan menaburkan pupuk slow release, seperti Dekastar, Magamp dan Osmocote sebanyak 1 hingga 2 sdm setiap 3 bulan sekali.

Pengendalian hama dan penyakit

Euphorbia sebenarnya termasuk tanaman hias yang relatif jarang terserang hama dan penyakit. Meski demikian, Sobat tetap harus mewaspadai kehadiran kutu putih (white flies, mealy bug) dan thrips, sebab dapat memperlambat pemekaran tanaman hias ini. Untuk itu, Sobat dapat memberantasnya menggunakan insektisida.

Baca Juga :  Biodata John S. Pemberton Penemu Coca Cola

Penyakit lain seperti bakteri erwinia dapat juga bermunculan lho, Sobat. Untuk mencegahnya pun dapat dilakukan penyemprotan pestisida secara berkala.

Itulah beberapa langkah dalam cara merawat tanaman hias Euphorbia. Mudah-mudahan dapat dipraktikkan di tempat kalian ya Sob. Semoga bermanfaat!

Pencarian Populer : Euphorbia baga