Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia

Table of Contents

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia-Halo sob, Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demi membuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut membuat hutan menjadi gundul. Kali ini waca berita  akan membaha Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 9 sub tema 3 pembelajaran 1.

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 100

Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di atas, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?

Jawaban

Pada gambar A dan D sedang melakukan kegiatan yang berdampak positif:
– Melakukan penghijaun di lingkungan sekitar
– Membersihkan lingkungan secara rutin

Pada gambar B dan C sedang melakukan Kegiatan yang berdampak negatif:
– Merusak alam dengan menebang pohon secara liar
– Menembak hewan langka

Menurutmu, gambar manakah yang menunjukkan usaha pelestarian lingkungan alam ?

Jawaban

Gambar A dan D karena pada gambar A dengan gotong royong pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan dapat menghindari bencana alam berupa banjir, sedangkan pada gambar D denga menanam pohon dapat menyelamatkan lingkungan dari becana alam.

Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak lingkungan alam?

Jawaban

Gambar B dan C. Pada gambar B penebangan pohon secara liar dapat menimbulkan becana alam sedangkan pada gambar C memburu hewan secara liar tidak boleh dilakukan, karena bisa membuat populasi burung semakin berkurang.

Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan

Jawaban

Menanam pohon di lingkungan sekitar dan membersihkan lingkungan adalah perbuatan yang perlu dicontoh karena dapat berdampak positif bagi lingkungan. sedangkan kegiatan yang berdampak negatif adalah merusak lingkungan dengan menebang pohon secara sembarangan dan memburu hewan langka.

Baca Juga :  Tangerang Kota 1000 Industri

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 102

Bangsa kita memiliki kekayaan dalam bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang serta selaras dengan lingkungan.

Lalu, bagaimanakah caranya?

Jawaban

Cara melestarikan Sumber Daya Alam :
– Jika kita mengambil SDA,kita harus menggantinya (jika SDA Hayati) seperti kita menebang pohon,maka kita harus menanam pohon lagi atau reboisasi
– Kita harus bijak dalam mengambil SDA , terutama SDA non hayati , seperti solar atau bahan bakar mesin diesel ,kita tidak boleh menggunakan nya terus-menerus ,kita bisa menggunakan SDA lain yang dapat diperbaharui , yaitu biosolar yang berasal dari biji pohon jarak.
– Kita harus melindungi SDA yang ada, jika orang lain ingin merusaknya ,kita harus mencegah , karena itu mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi.

Sudahkah kamu melakukannya?

Jawaban

Sudah salah satunya adalah dengan menanam pohon kembali

Beni tahu betapa pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Sekarang dia jadi mengerti dan sadar bagaimana harus berperilaku terhadap lingkungan agar dapat memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo Membaca

Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Tekstur kayu yang
bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

Ayo Berlatih

Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!
Kartu Tanya

Jawaban
– Apa penyebab kerusakan lingkungan?
– Apa manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia?

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 104

Ayo Mencoba

Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf

Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan. Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.

Jawaban

ParagrafIde pokokKalimat Utama
Paragraf 1Memanfaatkan alam secara berlebihan dapat merusak lingkungan.Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan
kerusakan lingkungan.
Paragraf 2Jenis bahan tambang untuk berbagai keperluan Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan
penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan.
Paragraf 3Pemanfaatan hewan bagi manusiaTidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua
jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia
Paragraf 4Pemanfaatan tumbuhan bagi manusia.Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan
yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan.

Dalam melakukan kegiatannya, manusia memanfaatkan berbagai bagian dari lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk hewan dan tumbuhan. Namun sungguh disayangkan, banyak dari kita yang melakukan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam. Mereka justru merusaknya.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Keragaman Karakteristik Individu

Ayo Membaca

Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia
terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Penebangan dan pembakaran hutan

Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demi membuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. Hal semacam ini memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan. Beberapa populasi tumbuhan berkurang bahkan punah,
beberapa hewan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan

Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan pembersih. Bahan ini menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa detergen akan menutupi permukaan perairan sehingga sinar matahari tidak dapat menembus perairan. Proses fotosintesis
tumbuhan air menjadi terganggu. Hal itu memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan air. Akibatnya tumbuhan kekurangan makanan dan akhirnya mati. Contoh lainnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk memberantas hama tanaman yang dapat membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

3. Eksploitasi sumber daya laut

Eksploitasi sumber daya laut ini umumnya berupa kegiatan pengeboran minyak di laut. Kegiatan ini dapat menyebabkan pencemaran apabila terjadi kebocoran sehingga menyebabkan minyak mencemari laut.
Sinar matahari yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman air akan terhalang oleh minyak yang menutupi permukaan sehingga jumlah oksigen berkurang dan hewan laut kesulitan bernapas. Hal ini akan mengganggu ekosistem laut dan daur hidup hewan serta tumbuhan laut.

4. Perpindahan penduduk
Perpindahan penduduk mengakibatkan daerah yang didatangi menjadi sangat padat akibat jumlah pemukiman yang terbatas. Hal ini akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh yang memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

5. Penggunaan kendaraan bermotor

Dalam menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan bahan bakar, baik bensin maupun solar. Namun, pembakaran bahan bakar tersebut menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut menghasilkan gas
karbon dioksida sehingga bumi menjadi semakin panas. Akibatnya, banyak makhluk hidup yang sulit beradaptasi. Beberapa di antara mereka akan mati sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

6. Perburuan liar

Sebagian manusia gemar melakukan perburuan liar terhadap hewan dan tumbuhan dengan tujuan tertentu. Perburuan tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan hewan dan tumbuhan. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem dan daur hidup hewan menjadi terganggu.

7. Perusakan terumbu karang

Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian kalangan mengambilnya untuk dijadikan hiasan. Pengambilan ini tentu mengancam keberadaan terumbu karang. Apalagi terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terbentuk kembali.
Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Ekosistem laut dan daur hidup hewan laut pun menjadi terganggu. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 107

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan

Lengkapilah peta pikiran berikut.

Manusia dan Lingkungan

Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan. Apa maksudnya?

Jawaban

Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan. Apa maksudnya? Jawaban: Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan

Apa saja kegiatan manusia yang bisa merusak ekosistem lingkungan?

Jawaban

– Membuang limbah pabrik ke sungai. Sungai merupakan tempat bagi ekosistem perairan bertahan hidup.
– Penebangan hutan secara liar.
– Pemburuan hewan.
– Penangkapan ikan di laut.

Baca Juga :  Biodata Kasman Singodimedjo, Pahlawan Nasional
Apa arti penting lingkungan bagi manusia?

Jawaban

Lingkungan merupakan tempat berlangsungnya kehidupan makhluk hidup. Lingkungan sangat penting bagi manusia, hal ini karena dari faktor lingkungan, maka kepribadian seseorang juga dapat terbentuk. Lingkungan juga dapat memberikan ketersediaan bahan pangan, sandang, dan papan

Ayo Berlatih

Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu,
Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 108

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Disesuaikan dengan nama siswa
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?
Hasil Wawancara:

NoNama NarasumberJawaban
1.Ketua RTMembuang limbah dan sampah ke sungai.
2.AyahMelakukan penebangan pohon secara liar.
3.IbuMelakukan pembuangan limbah industri ke laut.
4.KakakPenggunaan bahan bakar fosil berlebihan
5.PamanMelakukan perburuan liar.
6.BibiPenangkapan ikan dengan bahan peledak atau racun.
7.TetanggaPerusakan terumbu karang
8.KakekMembuka hutan untuk tempat tinggal
9.NenekPenggunaan bahan kimia secara berlebihan.
10.Pak dePenambangan liar

Kesimpulan:

Jawaban
Kegiatan atau perilaku yang merusak lingkungan dapat menimbulkan bencana alam dan merugikan diri sendiri dan orang banyak.

Ayo Membaca

Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari hari.
Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster
hemat energi.

Amatilah poster hemat energi berikut.

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.

Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari
kain perca! Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas
1. Buatlah poster hemat energi dari bahan bekas.
2. Tulislah slogan hemat energi pada kertas kardus bekas.
3. Buatlah yang menarik.

Bingkai Poster dari bahan bekas
Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah–langkah berikut! Prosedur dalam pembuatan bingkai foto sebagai berikut.

Bahan:
Kardus bekas

Peralatan:
1. Gunting
2. Penggaris
3. Pensil
4. Lem
5. Plastik mika
6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera
Cara membuat:
1. Buatlah pola bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan.
2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
3. Lapisi kardus dengan kertas kado. Gunakan lem untuk menempelkannya.
4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.
6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.

Ayo Berlatih

Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda () apabila kamu melakukannya.

Jawaban

NoPenggunaan energiSeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
1.Mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan
2.Matikan kran ketika menggosok gigi.
3.Matikan TV setelah menonton
4.Berjalan atau naik sepeda ke sekolah.
5.Menggunakan air secukupnya

Ayo Membaca

Bijaklah Bermotor

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Motor memiliki harga yang murah dan praktis digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya. Dengan sepeda motor, orang mudah berpergian. Selain mudah bepergian, waktu tempuh pun juga akan semakin cepat. Dengan sepeda motor, orang pun juga akan mudah melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, di sisi lain, sepeda motor juga memiliki pengaruh terhadap lingkungan. Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin. Bensin merupakan bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian. Semakin jauh jarak yang ditempuh sepeda motor, semakin banyak pula bensin yang digunakan. Coba bayangkan, jika setiap orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh, berapakah bensin yang digunakan? Berapa banyak cadangan minyak bumi yang terkuras? Tentunya sangat banyak kebutuhan bensinnya.

Penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali juga menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global. Jika sudah demikian, kehidupan manusia pun akan terpengaruh, seperti udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut:

Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!

Jawaban

Penggunaan sepeda motor berpengaruh terhadap lingkungan. Semakin lama sepeda motor digunakan, akan semakin banyak bensin yang digunakan.
Selain itu, asap sepeda motor yang dikeluarkan tentu dapat menyebabkan lingkungan sekitar menjadi tidak sehat dan bersih.

Bacalah bacaan di atas dengan saksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!
Kartu Tanya

Jawaban

– Apa dampak yang ditimbulkan sepeda motor terhadap lingkungan?
– Apakah minyak yang digunakan suatu saat akan habis?
– Apa manfaat sepeda motor?

Bekerjalah di dalam kelompok piketmu! Diskusikanlah kartu-kartu tanya milik anggota kelompokmu, lalu cobalah untuk mencari jawaban. Tandailah beberapa kartu tanya yang memuat pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab di dalam kelompokmu. Pertanyaan itu akan didiskusikan di dalam kelas bersama teman-temanmu lainnya! Catatlah hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas di dalam buku catatanmu.

Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia 113

Kesimpulan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban

Hari ini saya belajar tentang dampak perubahan lingkungan akibat ulah manusia serta hubungan sepeda motor terhadap lingkungan.

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Manfaat yang dapat saya ambil adalah kita harus menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana alam yang dapat merugikan diri sendiri dan orang banyak

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Ketrampilan dalam membuat poster tentang lingkungan hidup

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Yang akan saya lakukan setelah ini adalah belajar dengan rajin agar tercapai cita cita dan menjaga kelestarian alam serta tidak merusak lingkungan hidup.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Dampak Perubahan Lingkungan Akibat Ulah Manusia yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 9 sub tema 3 pembelajaran 1. Bersama orang tua atau anggota keluargamu lain, amatilah bendabenda elektronik di rumahmu. Catatlah dan urutkan benda-benda yang paling
banyak menggunakan energi listrik (wattnya paling besar hingga kecil) dan alat-alat .

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah berkolaborasi denganmu!
Hasil pekerjaan :

Jawaban

– AC
– Televisi
– Mesin cuci
– Setrika
– Pompa air