Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Table of Contents

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 – Hai sob, Pada tanggal 28 Oktober 1928, suatu tekad yang sangat penting bagi penguatan konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrar tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi terbentuknya negara kesatuan. Tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan . Kali ini waca berita akan membahas Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 sub tema 1 pembelajaran 5.

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928


Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 memberi dampak yang sangat besar terhadap perjuangan pergerakan nasional.

Ayo Membaca

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Pada tanggal 28 Oktober 1928, suatu tekad yang sangat penting bagi penguatan konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah diikrarkan. Ikrar tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi terbentuknya negara kesatuan. Tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan-alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan. Namun, persatuan itu tetap dalam kerangka saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada. Kesemuanya bersatu padu dan melebur dalam ikrar Sumpah Pemuda.

Sejak peristiwa Sumpah Pemuda 1928, dunia dikejutkan oleh kemampuan dan kebulatan tekad bangsa Indonesia untuk bersatu padu dalam sebuah ikatan kebangsaan. Pengaruhnya pun sangat besar bagi organisasi pergerakan. Organisasi-organisasi politik yang lahir setelah peristiwa Sumpah Pemuda semuanya memakai kata “Indonesia” dalam namanya. Begitu pun dengan organisasi yang masih bersifat kedaerahan mulai memproses untuk bersatu dalam satu wadah, yaitu Organisasi Indonesia Muda. Adapun tujuannya adalah untuk mempererat tali persatuan segenap pemuda yang berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia.

Baca Juga :  Jawaban Awal Pergerakan Nasional Masa Radikal Masa Moderat

Peristiwa Sumpah Pemuda telah membawa kesadaran dalam diri setiap orang akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam sebuah bangsa. Penyatuan berbagai sifat kedaerahan menjadi sifat nasional terus dilakukan. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa. Rasa inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman sebangkumu teks di atas. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut pada bagan di bawah ini.

Ulasan Teks

Judul teks

Jawaban
Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Bagian yang paling menarik

Jawaban
Konsep wawasan kebangsaan Indonesia terlah diikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang merupakan tekad untuk bersatu dan mengesampingkan alasan kedaerahan, kesukuan, keturunan, keagamaan, dan golongan

Informasi penting

Jawaban

– Ikrar Sumpah Pemuda diikrarkan pada 28 Okrober 1928.
– Seluruh perbedaan yang ada di masyarakat Indonesia terutama kaum pemuda melebur menjadi satu dalam ikrar Sumpah Pemuda.
– Organisasi Indonesia Muda menjadi wadah bagi organisasi para pemuda seluruh daerah.
– Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda menjadi semangat persatuan dan kesatuan serta memberi pengaruh positif bagi pergerakan organisasi di Indonesia.

Pendapat saya tentang teks ini

Jawaban

Teks bacaan “Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928” adalah teks yang baik dan bisa menampah wawasan tentang sejarah terbentuknya kesatuan dan persatuan bangsa melalui peristiwa peristiwa Sumpah Pemuda.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena

Jawaban

Saya menyarankan teks ini karena mengandung pembelajaran yang positif bagi penerus bangsa untuk senantiasa menjaga dan meneruskan persatuan dan kesatuan untuk melepaskan diri dari penjajah yang sudah dibangun sejak sebelum kemerdekaan.

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Ayo Menulis

Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut!

Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda

Jawaban

  1. Pentingnya untuk menjalin persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan utuh mulai muncul setelah peristiwa Sumpah pemuda 1928.
  2. Sumpah Pemuda mempengaruhi organisasi pergerakan yang ada di Indonesia
  3. Peristiwa Sumpah Pemuda menegaskan rasa senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa yang menyebabkan timbulnya semangat persatuan untuk membentuk sebuah negara kesatuan.

Ayo Bernyanyi

Pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928, turut diakui lagu “Indonesia Raya” ciptaan W.R. Supratman sebagai Lagu Kebangsaan Indonesia. Ayo, kita nyanyikan lagu tersebut dengan penuh khidmat.

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Lirik Lagu Indonesia Raya
Stanza 2 (tidak tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Mulia Tanah Kita Yang Kaya
Disanalah Aku Berdiri Untuk Slama-lamanya
Indonesia Tanah Pusaka Pusaka Kita Semuanya
Marilah Kita Mendoa Indonesia Bahagia

Suburlah Tanahnya Suburlah Jiwanya
Bangsanya Rakyatnya Semuanya

Sadarlah Hatinya Sadarlah Budinya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Stanza 3 (tidak tercakup PP 44/1958)

Indonesia Tanah Yang Suci Tanah Kita Yang Sakti
Disanalah Aku Berdiri Menjaga Ibu Sejati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Yang Aku Sayangi
Marilah Kita Berjanji Indonesia Abadi

Slamatkan Rakyatnya Slamatkan Puteranya
Pulaunya Lautnya Semuanya

Majulah Negerinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Tanahku Negeriku Yang Kucinta

Indonesia Raya Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Ayo Menulis

Setelah bernyanyi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Jawaban

Yang saya rasakan saat menyanyikan lagu Indonesia raya adalah perasaan bangga dan terharu. Bangga dengan para pahlawan dahulu yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Dengan menyanyikan lagu tersebut muncul semangat dalam diri untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan hal positif.

Baca Juga :  Apakah iklan tersebut memenuhi unsur dan Membedakan Zat Tunggal dan Campuran Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 9 dan 10
Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Indonesia Raya”? Jelaskan!

Jawaban

Nada dasar asli lagu ‘Indonesia Raya’ adalah G. Tempo lagu ‘Indonesia Raya’ adalah MARS (dinyanyikan penuh semangat). Bila dalam pelajaran seni lebih lanjut, tempo lagu ‘Indonesia Raya’ adalah MARS DI MARCIA (heroik, cepat, penuh semangat).

Apakah lirik lagu “Indonesia Raya” mencerminkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan? Jelaskan!

Jawaban
Peran lirik Indonesia Raya adalah mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan. Hal ini bisa bisa dilihat dari penggunaan sudut pandang aku pada lirik lagu tersebut. Hal ini dilakukan untuk menegaskan relasi pribadi antara Indonesia dan diri kita pribadi. Indonesia adalah bagian dari diri kita.

Jelaskan isi lagu tersebut dengan kata-katamu sendiri. Tuliskan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Perhatikan penggunaan kata-kata baku. Perhatikan pula penggunaan tanda baca yang benar. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban

Isi lagu Indonesia Raya adalah semangat dan kegigihan para pendiri bangsa untuk membangkitkan semangat bangsa Indonesia dalam melawan penjajah untuk mewujudkan kemerdekaan.

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Diorama WR Supratman memainkan biolanya.

Suasana hening dan khidmat ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada peristiwa Sumpah Pemuda 1928. Terlihat W. R. Supratman dengan gesekan biolanya mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Sementara para pengurus yang terdiri atas enam orang pemuda dan semua peserta dengan penuh khidmat turut mendengarkan.

Ayo Membaca

Peristiwa Mengembun dan Menyublim

Selain peristiwa mencair, membeku, dan menguap, masih terdapat dua peristiwa perubahan wujud benda. Perubahan wujud benda yang dimaksud adalah mengembun dan menyublim.

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Peristiwa ini merupakan kebalikan dari peristiwa menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor karena terjadi penurunan suhu di sekitarnya. Peristiwa sehari-hari yang mudah kamu jumpai antara lain peristiwa pengembunan yang terjadi di pagi hari. Meskipun pada malam sebelumnya tidak terjadi hujan, tetapi pada pagi hari, terdapat tetesan air pada tanaman yang berada di luar. Kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat terasa lembap oleh air. Peristiwa mengembun ini terjadi karena uap air dalam udara menyentuh permukaan seperti permukaan daun atau permukaan yang lainnya.

Menyublim merupakan peristiwa berubahnya wujud zat padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Peristiwa “lenyapnya” kapur barus yang diletakkan di dalam lemari sering dijadikan contoh peristiwa menyublim. Contoh peristiwa ini terjadi pada saat uap iodium yang mengkristal menjadi padatan pada saat didinginkan pada suhu tertentu. Peristiwa perubahan wujud benda dapat dijelaskan dengan menggunakan diagram berikut ini. Perhatikanlah diagram tersebut dengan saksama!

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah soal-soal berikut.

1. Jelaskan bagan perubahan wujud benda di atas dengan lengkap berdasarkan pengamatanmu sebelumnya dan bacaan yang kamu miliki.

Jawaban

pada bagan terdapat 6 Jenis perubahan wujud benda adalah menyublim, menguap, mencair, mengkristal, mengembun, dan membeku.

Menyublim adalah : perubahan benda dari padat ke gas.
Menguap adalah : perubahan benda dari cair ke gas.
Mencair adalah : perubahan benda dari padat ke cair.
Mengkristal adalah : perubahan benda dari gas ke padat.
Mengembun adalah : perubahan benda dari gas ke cair.
Membeku adalah : perubahan benda dari cair ke padat.

2. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim!

Jawaban

Mengembun adalah perubahan wujud dari benda gas menjadi cair.
Menyublim adalah perubahan wujud dari benda padat menjadi benda gas

3. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan disposisi!

Jawaban

Baca Juga :  Apakah yang dimaksud zat campuran Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 6

Peristiwa mengembun adalah peristiwa perubahan dari zat berwujud gas menjadi cair.
Peristiwa disposisi adalah peristiwa perubahan dari zat berwujud gas menjadi padat.

4. Jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal!

Jawaban

Mengkristal merupakan perubahan bentuk dari gas ke padat. Misalnya uap air membeku menjadi es.
Menyublim adalah perubahan bentuk dari padat ke gas. Misalnya adalah kapur barus yang menguap di dalam lemar

5. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa mengembun, menyublim dan mengkristal?

Jawaban

Mengembun terjadi akibat perubahan wujud dari gas menjadi cair, menyublim terjadi karena perubahan wujud dari zat padat menjadi gas, sementara itu mengkristal terjadi akibat perubahan wujud dari gas menjadi padat.
Hal ini tidak terlepas dari kalor yang yang keluar atau masuk ke benda tersebut.

6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun? Jelaskan!

Jawaban

– Terbentuknya titik-titik air pada daun-daun di pagi hari.
– Terbentuknya titik-titik air pada bagian luar gelas yang berisi es batu.
– Terbentuknya titik- titik air pada tutup wadah yang digunakan untuk memanaskan air.

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menyublim? Jelaskan!

Jawaban

a. Kamper
Kamper akan menyublim bila terkena udara akibatnya ruangan akan harum, lama kelamaan kamper akan menyusut dan habis.
b. Dry ice
Dry ice bila terkena air akan berasap, umumnya dipakai sebagai pendingin makanan dan digunakan untuk menimbulkan efek asap pada pembuatan film atau drama panggung.
c. Pewangi ruangan
Saat pewangi ruangan padat dibuka, ruangan akan harum karena pewangi padat menyublim. Lama kelamaan pewangi akan mengering.

Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun dan menyublim.

1. Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan.

2. Tulislah tahapan dan langkah-langkahnya.

Jawaban

Rancangan percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun

Alat dan Bahan:

  1. Gelas kaca
  2. Potongan es batu
  3. Cermin

Langkah kerja:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Letakkan gelas kaca kosong di atas meja percobaan
  3. Masukkan potongan es batu ke dalam gelas kaca
  4. Tunggu 2-3 menit dan lihat uap atau gas muncul di atas permukaan es batu
  5. Amatilah apa yang terjadi pada dinding gelas yang berisi potongan es batu, catat hasilnya pada buku
  6. Selama menunggu, ambil cermin yang sudah disiapkan
  7. Bernapaslah di depan cermin beberapa kali menggunkan mulut
  8. Amatilah apa yang terjadi pada cermin, catat hasilnya pada buku

Rancangan percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa menyublim

Alat dan Bahan:

  1. 4 butir kapur barus (khamper)
  2. 1 mangkuk aluminium
  3. 1 buah lilin
  4. 1 buah kaki tiga (untuk tungku pemanas)
  5. 1 buah kawat kasa (untuk alas tungku)

Langkah kerja:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Letakkan kaki tiga di atas meja (sebagai tungku)
  3. Letakkan kawat kasa di atas kaki tiga untuk alas mangkuk
  4. Letakkan mangkuk di atas tungku buatan
  5. Masukkan 4 butir kapur barus
  6. Nyalakan lilin yang sudah diletakkan tepat di bawah tungku kaki tigas sebagai objek pemanas
  7. Tunggulah hingga kurang lebih 10 menit
  8. Amati dan catat perubahan yang terjadi pada kapur barus sebelum dan sesudah dilakukan pemanasan
3. Gambarlah setiap tahapan yang kamu rancang.

Jawaban

4. Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang.

5. Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.

Jawaban

Menyublim adalah : perubahan benda dari padat ke gas.
Menguap adalah : perubahan benda dari cair ke gas.
Mencair adalah : perubahan benda dari padat ke cair.
Mengkristal adalah : perubahan benda dari gas ke padat.
Mengembun adalah : perubahan benda dari gas ke cair.
Membeku adalah : perubahan benda dari cair ke padat.

6. Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.

7. Pada poster, jelaskan perbedaan utama kedua peristiwa perubahan wuju benda tersebut.

Jawaban

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-109.png


Menyublim adalah : perubahan benda dari padat ke gas.

8. Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.

Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Kesimpulan

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Dengan mempelajari sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah, khususnya peristiwa Sumpah Pemuda, banyak pelajaran yang kita petik. Kita menjadi tahu bahwa persatuan dan kesatuan memiliki arti penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berbagai perlawanan yang bersifat kedaerahan selalu saja gagal dalam mengusir penjajah. Bangsa kita pun mudah diadu domba.

Dengan demikian, tepat kiranya pepatah ”bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Persatuan dan kesatuan dapat kita wujudkan dengan membina kerukunan di rumah, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, pola hidup gotong royong juga harus senantiasa dilakukan oleh masyarakat.

Sekarang, ceritakan sikap dan perilakumu sehari-hari yang sudah menunjukkan nilai-nilai kerukunan hidup. Tuliskan pada kolom berikut!

Jawaban

1. Saling menghargai dan emnghormati satu sama lain
2. Tolong-menolong terutama kepada orang yang membutuhkan
3. Tidak membedakan latar belakang, agama, suku, ras, dan kebudayaan asal
4. Bersikap sopan dan santun
5. Berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain
6. Menjaga tali persaudaraan dan silaturahim
7. Gotong royong dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar
8. Memecahkan masalah dengan cara bermusyawarah untuk mencapai mufakat dan tujuan bersama

Demikianlah Pembahasan Mengenai Jawaban Dampak Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5. Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah kegiatan sehari-hari anggota masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasi dan sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan adanya nilai-nilai gotong royong!

Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah bekerja sama denganmu!

Jawaban
Kegiatan yang menunjukkan adanya nilai-nilai gotong royong seperti saling membantu satu sama lain, bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan, dan membantu teman yang kesusahan

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski