Uniknya Beragam Jenis Tomat di Dunia

jenis tomat

Uniknya Beragam Jenis Tomat di Dunia – Terkenal dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa, tomat merupakan buah yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah tomat ini menjadikannya baik untuk kesehatan dan kesehatan kulit.

Buah tomat mengandung senyawa antioksidan yaitu likopen yang mampu menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain kandungan likopen, buah tomat juga mengandung senyawa antioksidan lain seperti polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Buah tomat sangat baik dikonsumsi karena rendah akan kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, serta kalium.

Buah tomat sangat mudah ditemui di pasar maupun toko buah dan sayur. Namun tahukah Sobat ternyata ada beragam macam tomat? Yuk kita simak informasi selengkapnya di waca berita kali ini!

Tomat Sayur

Istilah ini melekat pada jenis tomat yang banyak ditemui di pasaran. Ada juga yang menyebutnya “tomat biasa” dan memiliki ciri khas bentuk yang tidak beraturan.

Pasalnya, buah tomat ini biasanya ditemui dalam bentuk bulat atau agak lonjong. Buah tomat jenis ini seringkali dijadikan sebagai bahan pelengkap pada masakan, karena memiliki tekstur lembut sehingga tidak merusak masakan.

Jenis Tomat Apel

Dinamakan tomat apel karena tomat yang satu ini memiliki bentuk menyerupai buah apel, terutama karena teksturnya yang padat.

Berbeda dengan tomat sayur, tomat apel lebih cocok dijadikan jus atau dimakan secara langsung karena memiliki rasa yang cenderung manis. Selain untuk membuat jus, tomat apel juga sering digunakan untuk membuat salad buah ataupun salad sayuran.

Baca Juga :  Biodata John Boyn Dunlop Penemu Ban Angin

Tomat Hijau

Seperti namanya, buah tomat ini memiliki tampilan dan kulit yang berwarna hijau. Jika dibandingkan dengan tomat lain, tomat hijau memiliki tekstur yang lebih keras karena mengandung lebih sedikit air. Jika dilihat dari asal-usulnya, tomat hijau merupakan jenis tomat yang dipanen sebelum waktu semestinya.

Tomat Ceri

Buah tomat yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari buah tomat lainnya serta memiliki warna merah cerah seperti buah cherry.

Seperti namanya, buah tomat ceri memiliki rasa yang cukup manis serta mengandung banyak air. Tomat ceri sendiri seringkali digunakan sebagai bahan dalam salad sayur ataupun untuk dimakan mentah.

Tomat Anggur

Tomat anggur memiliki ukuran dan bentuk menyerupai buah anggur. Tomat ini tergolong ke dalam tomat terkecil serta memiliki bentuk yang oval.

Tomat anggur memiliki kandungan air yang rendah dan lebih cocok untuk dicampur dalam salad sayur ataupun untuk dimakan langsung.

Tomat Roma

Tomat roma memiliki ukuran yang hampir sama dengan tomat anggur dan tomat ceri. Rasanya cenderung manis dan berair, sehingga lebih cocok untuk dibuat saus. Bentuknya sedikit lonjong dibandingkan jenis tomat lainnya.

Jenis Tomat Bistik

Buah tomat ini memiliki ukuran yang cukup besar dan cenderung berair. Tomat bistik memiliki rasa yang manis, sehingga sering diolah sebagai campuran burger, sandwich, dan saus.

Tomat ini mengandung vitamin C, serat, dan kalori yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Tomat Pusaka

Tomat pusaka memiliki varian warna yang berbeda-beda, mulai dari warna kuning, hijau, hingga merah keunguan. Buah tomat satu ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan tomat lainnya. Oleh karena itu, tomat pusaka cocok bila diolah menjadi saus.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Senin 22 Agustus 2022

Jenis Tomat Kumato

Kumato adalah tomat yang paling unik. Warnanya coklat kemerahan serta mengandung gula yang cukup banyak. Buah tomat yang satu ini memiliki kulit yang lebih tebal jika dibandingkan dengan buah tomat lainnya. Tomat kumato lebih cocok untuk dimakan langsung.

Jenis Tomat di Dunia Ternyata Unik-unik Sob!

Nah, setelah mengetahui jenis tomat yang unik-unik pada penjelasan di atas, apakah sobat berniat untuk membudidayakan atau sekedar menanam tomat dalam pot? Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski