Soal dan jawaban kurikulum merdeka SMP
Soal dan jawaban kurikulum merdeka SMP

Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 149 – Hikmah Politik di Singhasari

Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 149 – Hikmah Politik di Singhasari Halo semangat pagi adik-adik kelas 7 SMP, kembali lagi wacaberita akan menghadirkan jawaban pelajaran IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Pada pelajaran IPS kelas 7, Sobat akan menemukan pembahasan tentang aktivitas masyarakat masa lalu.

Jawaban atau pembahasan mata pelajaran IPS halaman 149 kali ini tentang Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari politik yang terjadi di Singhasari.

Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari politik yang terjadi di Singhasari? Bandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa ini!

Jawaban:

Hikmah politik yang terjadi di Singhasari dibandingkan dengan politik di Indonesia pada masa sekarang adalah

Politik kerajaan banyak terjadi perluasan atau ekspansi kerajaan.

Banyak terjadi perang antar kerajaan untuk memperebutkan wilayah kekuasaan.

Sedangkan yang terjadi di Indonesia yang saat ini merupakan negara kesatuan dengan banyak provinsi yang memiliki pemerintah daerah. Jadi tidak ada perang dengan tujuan memperebutkan wilayah kekuasaan.

Politik demokrasi yang dijalankan oleh negara Indonesia merupakan yang terbaik.

Hal ini disebabkan akrena negara yang berasaskan demokrasi cenderung bisa lebih adil.

Rakyat dapat memilih pemimpinnya sendiri.

Sedangkan yang terjadi di Singhasari yang menganut sistem dinasti kerajaan, banyak terjadi perebutan kekuasaan antara keluarga kerajaan sendiri.

Politik yang terjadi pada zaman Kerajaan Singhasari adalah politik dinasti. Politik dinasti mengharuskan penerus tahta adalah keturunan raja.

Mereka yang terpilih bisa merupakan anak kandung, cucu, kerabat dekat, atau menantu. Raja juga dianggap penguasa satu-satunya dan bisa bertindak sesuai keinginannya.

Politik kerajaan lebih banyak memicu perebutan kekuasan di antara keluarga kerajaaan sendiri.

Perang perebutan wilayah kekuasaan di luar kerajaan juga sangat banyak terjadi pada masa itu.

Baca Juga :  Jawaban Topik 4 Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD Paket A

Indonesia kini menjalankan politik demokrasi, dimana rakyat menjadi penentu kekuasaan. Rakyat dapat memilih pemimpinnya sendiri.

Demokrasi juga politik yang mendengar pendapat dan keinginan rakyatnya. Selain itu tidak terikat dengna kekuasaan keluarga, karena pemimpin negara merupakan orang yang dipilih langsung oleh rakyat saat pemilu.

Demikian pembahasan tentang jawaban lengkap Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari politik yang terjadi di Singhasari? Bandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa ini!

Jawaban pada artikel ini hanya sebagai refrensi saja ya, Sob.Semoga bermanfaat.