Jawaban Pelajaran IPS Kelas 7 Halaman 95

jawaban ips kelas 7 halaman 95

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita, kembali lagi redaksi Waca Berita akan memberikan artikel tentang jawaban pelajaran IPS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Halaman 95 yaitu Lembar Aktivitas 12.

Pada tema ini Sobat bisa menemukan pembahasan tentang babakan manusia Masa Bercocok Tanam

Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Kelas 7 Halaman 95

Pada Halaman 95 buku mata pelajaran IPS SMP Mts Kelas 7 Kurikulum Merdeka pada Aktivitas 12 terdapat pertanyaan berikut ini.

jawaban ips kelas 7 halaman 95

Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa bercocok tanam?

Jawaban

Sekitar 9.000 – 10.0000 tahun yang lalu, diketahui manusia berada pada fase masa bercocok tanam. Pada masa ini manusia sudah menggunakan tanah untuk menumbuhkan makanan dan memanfaatkan hewan liar demi kepentingan hidup mereka.

Biasanya, masyarakat akan memilih tempat huni yang jaraknya dekat dengan sumber air dan alam yang mereka olah dan membuat perkampungan.

Umumnya, para laki-laki akan bertugas membangun rumah. Di dalam kampung ini biasanya terdiri dari beberapa keluarga yang saling membantu satu sama lain lewat sistem pembagian kerja.

Pada masa bercocok tanam, umumnya para laki-laki melakukan pekerjaan kasar dan membutuhkan tenaga besar, seperti membangun rumah, berburu dan membuka lahan baru.

Sedangkan perempuan pada masa bercocok tanam lebih banyak bertugas dalam merawat mereka, menghias rumah, mengumpulkan bahan makanan yang mudah didapatkan, seperti umbi-umbian, buah-buahan, dan biji-bijian.

Bagaimana bentuk sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam?

Jawaban

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 110 Apa yang dimaksud dengan energi potensial

Masyarakat pada masa bercocok tanam mengenal kepercayaan akan hal-hal gaib.

Berdasarkan kepercayaan tersebut, muncul tradisi pendirian bangunan besar yang disebut tradisi megalitik. Contoh bangunan megalitik adalah menhir, waruga, punden berundak, dan sarkofagus.

Secara umum, masyarakat pada masa itu dapat dibagi menjadi dua aliran, yaitu animisme yang percaya akan roh leluhur, dan dinamisme yang percaya akan benda gaib.

Demikian Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Kelas 7 Halaman 95

Nah itulah pembahasan tentang Jawaban Lembar Aktivitas 12 IPS Kelas 7 Hal 95. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar Sobat semua. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi