Jawaban Soal Penalaran Matematika Halaman 232-233 Kelas 10

Jawaban Soal Penalaran Matematika Halaman 232-233 Kelas 10

Jawaban Soal Penalaran Matematika Halaman 232-233 Kelas 10 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Matematika SMA, SMK,MA kelas X, tentang “Soal Penalaran” Muatan Pelajaran Matematika kelas X. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas X dapat memahami dan mengerti tentang materi yang telah di pelajari.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas X, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Jawaban Matematika Halaman 232-233 Kelas 10

Soal Penalaran

7. Untuk kasus dua dadu dilempar dua kali, pertimbangkan peluang mendapatkan dua angka yang sama pada lemparan pertama atau pada lemparan kedua.
a. Apakah benar bahwa peluang mendapatkan dua angka yang sama pada lemparan pertama atau pada lemparan kedua adalah ? Berikan penjelasan untuk jawaban kalian.
b. Apakah benar bahwa peluang mendapatkan dua angka yang sama pada setidaknya satu dari enam giliran adalah

Jawaban

a. Peluang mendapatkan angka yang sama untuk lemparan pertama adalah 1/6 yang merupakan kemungkinan yang cukup kecil. Demikian juga peluang mendapatkan angka yang sama pada lemparan kedua adalah 1/6 . Sangat tidak masuk akal jika peluang mendapatkan dua hasil ini menjadi lebih besar.

Baca Juga :  Kunci Bahasa Indonesia Halaman 147 Teka Teki Silang SD Kelas 4

b. Cara berpikir sama dengan 7a yaitu sangat tidak masuk akal jika peluangnya menjadi 1, yang artinya pasti terjadi. Padahal, justru kemungkinannya seharusnya semakin kecil mendapatkan angka yang sama berturut-turut sebanyak 6 kali

8. Misalnya kalian melemparkan uang logam empat kali dan mencatat gambar (G) atau angka (A) sesuai urutan munculnya.
a. Buatlah daftar semua 16 hasil yang mungkin.
b. Apakah hasil ini sama besar kemungkinannya?
c. Buatlah tabel distribusi peluang untuk jumlah gambar.
d. Berapa peluang yang kalian dapatkan tepat 2 gambar? Paling banyak 2
gambar?

Jawaban

a. {(GGGG), (GGGA), (GGAG), (GAGG), (AGGG), (GGAA), (GAGA), (GAAG), (AGGA), (AGAG), (AAGG), (GAAA), (AGAA), (AAGA), (AAAG), (AAAA)}

b. Ya

c.

Jumlah GambarPeluang
1/16
14/16
26/16
34/16
41/16

d. P (tepat 2 gambar) = 6/16; P (paling banyak 2 gambar) = 1/16 + 4/16 – 6/16 = 11/16

9. Perhatikan dadu khusus yang ditunjukkan sisi-sisinya sebagai berikut. Misalnya dalam sebuah permainan kalian memilih salah satu dadu, dan teman kalian memilih satu dari sisanya. Masing-masing melemparkan dadunya. Yang mendapatkan angka yang lebih besar memenangkan permainan.

Gambar 8.6 Jaring-Jaring Berbagai Dadu

Misalnya teman kalian memilih dadu biru. Supaya kesempatan menang lebih besar, dadu mana yang kalian akan pilih? Jika teman kalian memilih dadu hijau, dadu mana yang kalian akan pilih? Jika teman kalian memilih dadu merah, dadu mana yang kalian akan pilih? Apa kejutan di sini?

Jawaban

Untuk menentukan dadu mana yang memiliki peluang lebih besar menang, dapat dibuat tabel-tabel sebagai berikut:

Jika teman memilih dadu biru, maka dadu merah memiliki peluang lebih besar untuk menang. Jika teman memilih dadu hijau, maka dadu biru memiliki peluang lebih besar untuk menang. Jika teman memilih dadu merah, maka dadu hijau memiliki peluang lebih besar untuk menang. Kejutannya adalah tidak ada satu dadu yang pasti selalu menang.

Baca Juga :  Jawaban INFORMATIKA Halaman 101 Kelas 7

10. Pikirkan tiga kejadian A, B dan C.
a. Gambarlah diagram Venn yang menyatakan situasi di mana A dan B adalah saling lepas, A dan C adalah saling lepas, dan B dan C adalah saling lepas.
b. Gambarlah diagram Venn yang menyatakan situasi di mana A dan B adalah saling lepas, A dan C adalah saling lepas, tetapi B dan C tidak saling lepas.
c. Gambarlah diagram Venn yang menyatakan situasi di mana A dan B tidak saling lepas, A dan C tidak saling lepas, dan B dan C tidak saling lepas

Gunakan diagram yang sesuai untuk membantu kalian menuliskan sebuah aturan penjumlahan yang kalian dapat gunakan untuk menentukan ketika
d. A dan B adalah saling lepas, A dan C adalah saling lepas, dan B dan C adalah saling lepas.
e. A dan B adalah saling lepas, A dan C adalah saling lepas, tetapi B dan C tidak saling lepas.
f. A dan B tidak saling lepas, A dan C tidak saling lepas, dan B dan C tidak saling lepas.

Jawaban

d. P (A ∪ B ∪ C) = P (A) + P (B) + P (C)

e. P (A ∪ B ∪ C) =  P (A) + P (B) + P (C) – P (B ∩ C)

f. P (A ∪ B ∪ C) = P (A) + P (B) + P (C) – P (A ∩ B) – P (B ∩ C) – P (A ∩ C) + P (A ∩ B ∩ C)

Penutup

Itulah pembahasan tentang Jawaban Soal Penalaran Matematika Halaman 232-233 Kelas 10, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :  Jawaban Soal No 1-5 Matematika Halaman 14-17 Kelas 7

Baca Juga

Jawaban Uji Kompetensi Matematika Halaman 234-235 Kelas 10