Segudang Kandungan Nutrisi Buah Mangga

kandungan nutrisi buah mangga

Segudang Kandungan Nutrisi Buah Mangga – Sobat, mangga merupakan salah satu jenis buah yang telah dikenal luas dan disukai konsumen seluruh dunia. Buah tropis ini memiliki rasa yang lezat dan segar, serta memiliki nilai gizi serta manfaat kesehatan yang tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Di artikel kali ini Waca Berita akan menjelaskan tentang apa saja kandungan nutrisi buah mangga. Namun sebelumnya simak dulu fakta unik tentang buah mangga.

  • Mangga adalah buah yang paling bergizi dari semua buah karena mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral yang berbeda.
  • Buah mangga mengandung mineral seperti, besi, tembaga, kalium dan beberapa mineral, seperti selenium, mangan, fosfor, seng dan kalsium.
  • Buah ini juga juga mengandung karbohidrat tinggi.
  • Mangga merupakan sumber vitamin yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin B. Walaupun tidak banyak mangga juga mengandung vitamin E dan vitamin K.
  • Makan mangga sangat sehat karena memiliki beberapa senyawa lain seperti, lutein, asam galat, asam anakardat dan kriptozantin.
  • Serat juga terkandung dalam buah mangga yang membantu dalam penambahan berat badan, pergerakan usus yang sehat dan teratur dan membantu menjaga kesehatan usus besar

Sumber Serat

Kandungan serat dalam buah mangga sekitar 1,8 persen, memberikan kontribusi yang cukup terhadap kebutuhan serat manusia. Serat pangan memiliki peran fisiologis terhadap usus. Serat pangan buah mangga terdiri dari serat pangan larut, yaitu pektin dan serat pangan tidak larut, yaitu selulosa. Masing-masing jenis serat pangan ini sangat penting bagi kesehatan manusia.

Baca Juga :  Resep Gulai Ayam | Cara Membuat Gulai Ayam

Salah satu fungsi dari serat pangan larut yaitu memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus. Jika seandainya fungsi mastikasi, pengunyahan dan penelanan rongga mulut tidak terlalu efektif (makanan tidak sempurna dikunyah dan dihancurkan) maka secara lambat usus akan mencerna makanan lebih efektif. Sehingga semua makanan dapat terurai dengan mudah dan diabsorpsi dengan baik oleh usus.

Sumber Antioksidan

Kemampuan antioksidatif dari buah mangga dihasilkan oleh kandungan nutrisi buah mangga yang terdapat di dalamnya, yaitu betakaroten, senyawa fenolik, lupeol, vitamin C, E, serta beberapa mineral seperti Cu, Zn, Mn, dan Se. Senyawa-senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kanker. Kemungkinan terjadi kanker disini juga termasuk yang terjadi di dalam mulut, atau yang biasa disebut oral cancer atau karsinoma rongga mulut.

Walaupun mungkin efeknya tidak secara langsung, namun perubahan mendasar pada materi genetis dan sel-sel lainnya akibat asap rokok,pengaruh lingkungan/faktor industri dapat menjadi faktor resiko dan pemicu terjadinya kanker intraoral.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga Sebagai Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

Vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi, dimana jika terjadi defesiensi zat besi dalam tubuh maka kita akan rentan (lebih mudah) terkena karies. Ia pun juga dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Baca Juga :  Biodata Sukarjo Wiryopranoto

Jika seseorang mengalami kekurangan (defesiensi) vitamin ini maka gusi (gingiva)-nya akan mengalami hiperplasia (pembesaran) yang mungkin diikuti dengan gejala klinis berupa gusi merah kebiruan, ulserasi, dan mudah berdarah. Manifestasi defesiensi vitamin C dalam mulut biasa dikenal dengan nama penyakit “Scurvy”.

Sumber Mineral : Kalium

Kalium terdapat dalam jumlah besar pada buah mangga. Tiap 100 gram mangga mengandung kalium 156 mg. Dengan mengonsumsi buah mangga minimal 250 gram, kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu tekanan darah.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga sebagai Sumber Air

Karena mengandung unsur air yang paling tinggi maka buah mangga dapat di ambil sarinya atau dibuat sebagai jus. Oleh karena rasa manis dan airnya yang tinggi menyebabkan buah ini amat menyegarkan ketika dimakan, walaupun agak lecek dan kotor. Di pasar dan supermarket kini sudah sangat mudah dijumpai jus mangga yang telah dikemas dalam produk siap untuk konsumsi.

Dalam setiap 100 gram mangga ranum terdapat 84% air, 41 mg vitamin C, dan 73 kalori energi, sedangkan mangga muda mengandung 84% air, 65 mg vitamin C, dan 66 kalori energi. Jika dibandingkan dengan jumlah kandungan vitamin C pada jeruk dimana setiap 100 gram bagian jeruk manis yang bisa dimakan, terkandung 49 mg vitamin C. Maka ternyata kandungan vitamin C mangga muda masih lebih tinggi. Angka kebutuhan rata-rata konsumsi vitamin C yang dianjurkan bagi setiap pria adalah 40 mg dan wanita 30 mg perhari.

Demikian penjelasan tentang segudang kandungan nutrisi buah mangga. Semoga bermanfaat ya Sobat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski