Kenali Ciri Mangga Yang Matang, Jangan Salah Pilih!

ciri mangga yang matang

Kenali ciri Mangga Yang Matang, Jangan Salah Pilih!- Sobat Waca Berita, dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga, siapa yang tidak menjadikan buah ini menjadi buah favorit di Indonesia.

Sobat, untuk menikmati buah mangga, Sobat harus bisa memilih mangga yang bagus dan enak. Banyak tanda yang bisa menunjukkan mangga sudah matang sempurna atau belum. Tentu mangga matang yang jadi incaran semua orang karena rasanya yang manis, tekstur lembut serta lezat. Jika belum tahu ciri tanda mangga matang, perhatikan hal berikut.

Cara Memilih Mangga Yang Manis

Dilansir dari WikiHow, berikut beberapa ciri yang bisa menjadi acuan sekaligus pedoman ketika Sobat hendak membeli mangga. Pastikan hanya mangga matang dan berkualitas yang Sobat beli dan bawa pulang ke rumah.

Aroma harum yang manis

Hanya mangga matang yang bisa mengeluarkan aroma khas yang harum dan menggoda. Dekatkan pangkal batang mangga pada hidung dan hirup aromanya, jika tercium aroma harum, manis dan segar maka itu tandanya mangga sudah pada tingkat kematangan yang pas.

Mangga yang beraroma tipis atau belum maksimal menandakan itu belum matang sempurna atau masih setengah matang.

Ciri mangga yang matang adalah memiliki tekstur lembut

Buah mangga yang memiliki tekstur lembut adalah indikator jika mangga sudah matang. Jangan pernah membeli mangga yang masih bertekstur keras. mangga matang punya ciri empuk layaknya tekstur buah persik dan buah alpukat yang matang.

Baca Juga :  Manfaat Buah Mangga, Bisa Untuk Obat Anemia

Selain itu, tingkat kematangan mangga juga bisa dinilai dari beratnya, semakin berat sebuah mangga maka semakin tinggi juga tingkat kematangannya. Usahakan untuk tidak membeli mangga yang masih keras karena mangga seperti ini masih jauh dari tingkat kematangan, kecuali jika Sobat ingin menyimpannya terlebih dulu.

Warna kulit tidak selalu menjamin kematangan

Kematangan mangga tidak bisa selalu dilihat dari warna kulitnya. Meski kadang sebagian kulit mangga sudah memiliki warna kuning atau kemerahan, itu terkadang warna yang menipu.

Warna mangga tidak bisa jadi indikator kematangan, karena kadang ada mangga yang berwarna kekuningan karena terpapar panas matahari.

Mangga berbintik artinya bagus

Jangan takut dengan mangga yang dipenuhi bintik pada permukaan kulitnya. Tanda alami ini justru jadi tanda tingkat kematangan mangga yang maksimal. Bintik hitam menandakan kandungan gula alami dalam buah ini sudah maksimal.

Mangga berbintik diindikasi memiliki rasa yany lebih manis dibandingkan mangga berkulit mulus tanpa bintik.

Pahami Ciri-ciri Buah Mangga Yang Matang

Nah Sobat, itulah beberapa hal yang harus sobat perhatikan saat memilih mangga. Setelah membaca penjelasan tersebut, semoga sobat bisa memahami ciri buah mangga yang matang dan tidak salah pilih ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski