Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam – Hai sob, Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali denga pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Kali ini waca berita akan membahas materi Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 9 sub tema 2 pembelajaran 4.

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 75

Keanekaragaman sumber daya alam mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa bisa demikian? Coba jelaskan!

Jawaban

Karena sumber daya alam tersebut dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, diantara kebutuhan. sandang, pangan dan papan. untuk makanan, tempat tinggal, pakaaian dan kebutuhan lainnya

Ayo Membaca

Setiap kebutuhan manusia dapat terpenuhi, salah satunya diawali dengan pemanfaatan sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Misalnya minyak bumi, batu bara dan air. Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak yang sama untuk memanfaatkan dan menikmatinya. Meskipun demikian, setiap orang juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

1. Kewajiban Terhadap Sumber Daya Alam

Sumber daya alam, khususnya yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan semakin berkurang dan akhirnya habis. Oleh karena itu, kita harus melestarikannya. Usaha pelestarian sumber daya alam
merupakan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat.

Baca Juga :  Biodata Friedrich Bergius Penemu Proses Pengolahan Batu Bara

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 76

Selanjutnya, bagaimana cara melestarikannya? Menghemat pemakaian sumber energi merupakan salah satu contoh cara melestarikan sumber daya alam.

Menghemat sumber daya alam tidak hanya berfungsi untuk melestarikan nya saja. Tindakan ini juga bermanfaat untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan. Contohnya penggunaan bensin sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Asap kendaraan bermotor yang timbul menyebabkan
pencemaran udara.

Berikut kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan seharihari.
a. Mengurangi kegiatan yang banyak menghabiskan sumber daya alam.
b. Pemanfaatan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersedian sumber daya alam.
d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam terutama air.
e. Menggunakan energi alternatif.

2. Hak Memanfaatkan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam yang kita miliki, baik yang dapat diperbarui maupun yan tidak dapat diperbarui bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap anggota masyarakat pun memiliki hak untuk memanfaatkannya.

Hak untuk memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh emanfaatan secara langsung adalah hasil pertanian yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Adapun pemanfaatan tidak langsung artinya hasil dari sumber daya alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 77

Ayo Berlatih

Bersama temanmu, coba identifikasilah perilaku orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan sumber daya alam dalam kegiatannya sehari hari.

Jawaban

Perilaku Orang-Orang di Sekitarku

Contoh perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alamContoh perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam
Menghemat dalam menggunakan sumber daya alam yang sifatnya tidak dapat diperbaharuiMenebang pohon secara sembarangan di hutan
Tidak membuang-buang makanan. Makanan sendiri dihasilkan dari SDA hayati yakni tumbuhan.Memelihara hewan hewan langka di rumah.
Menggunakan energi alternatif angin sebagai sumber listrikMemburu hewan hewan langka.
Tidak menggunakan racun atau bom dalam menangkap ikan sebab akan merusak habitat ikan.Mengambil karang karang laut untuk dijual sebagai souvenir.
Mematikan alat elektronik apabila tidak dibutuhkan.Menangkap ikan menggunakan bom ikan.
Melakukan penanaman kembali pada wilayah-wilayah hutan yang ditebang pohonnya Memakai listrik dengan boros.
Menggunakan energi alternatif biogas sebagai pengganti bahan bakar gas.Membunuh hewan hewan langka.
Menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungai, tidak membuang limbah ke lautan dan sebagainya.Penebangan liar
Memanfaatkan sumber cahaya matahari sebagai sumber energi listrik.Menyalakan semua alat listrik meskipun sudah tidak digunakan
Menerapkan sistem tebang pilih dalam memanfaatkan hasil hutanMengambil hasil hutan secara berlebihan

Sumber daya alam yang dimiliki bangsa Indonesia, baik yang langsung bisa dimanfaatkan maupun yang masih harus diolah terlebih dahulu sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Manfaatnya dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Sabtu 26 November 2022

Di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 78

Ayo Membaca

Manfaat Minyak Bumi untuk Kehidupan Manusia

Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia. Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi. Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak. Tidak bisa terbayang seandainya minyak bumi habis. Keberlangsungan hidup manusia akan banyak masalah dan kacau. terjadi?

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan
gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair. Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain. Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Minyak bumi harus diolah terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses pengolahan minyak bumi dilakukan secara bertahap dan bertingkat. Hasil dari pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar minyak residu seperti bensin, solar, bensol, oli, dan minyak tanah. Beberapa bahan bakar ini digunakan
sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia. Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik. Hasil lain dari pengolahan minyak bumi ternyata juga masih bisa dimanfaatkan
untuk kehidupan manusia.

Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer. Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis indutri. Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik.

Jika kamu pergi ke dapur, ternyata banyak juga peralatan yang memanfaatkan minyak bumi. Alat-alat dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi, dan meja ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya. Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan
yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja.

Baca Juga :  Biodata Stuart Alan Kauffman, Pendebat Teori Darwin

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, coba kamu sebutkan gagasan pokok dan pendukung setiap paragrafnya

Jawaban

Paragraf 1:

Gagasan pokok:
– Minyak bumi merupakan salah satu sumber mineral yang sangat dibutuhkan manusia.

Gagasan pendukung:
– Minyak bumi Minyak bumi didapat dari sumbernya yang berada di bagian kerak bumi.
– Proses pengambilannya dengan cara dibor pada kilang-kilang minyak.

Paragraf 2:

Gagasan pokok:
– Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi.

Gagasan pendukung:
– Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi.
– Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam.

Paragraf 3:

Gagasan pokok:
– Salah satu hasil pengolahan minyak bumi adalah gas cair.

Gagasan Pendukung
– Gas cair merupakan produk dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bahan bakar lain.
– Untuk mendapatkan gas cair, minyak bumi harus diolah dan diproses dengan penyulingan dan pemurnian khusus.

Paragraf 4:

Gagasan pokok:
– Hasil lain dari proses pengolahan minyak bumi juga sangat berperan dalam industri kimia.

Gagasan pendukung:
– Beberapa produk dihasilkan dari olahan minyak bumi antara lain cat minyak, cat dinding, cat besi, aspal, dan beberapa produk plastik.

Paragraf 5:

Gagasan pokok:
– Minyak mentah juga dapat menjadi sumber polimer.

Gagasan pendukung:
– Polimer ini sangat penting sebagai komponen untuk beberapa jenis industri.
– Salah satu industri yang memakai polimer dari minyak bumi adalah industri plastik.

Paragraf 6:

Gagasan Pokok
– Ada banyak peralatan yang memanfaatkan minyak bumi.

Gagasan pendukung:
– Alat-alat dapur seperti kulkas, kunci pintu, oven, kursi, dan meja ternyata juga menggunakan minyak bumi dalam proses pembuatannya.
– Minyak bumi digunakan sebagai sumber panas maupun produk sampingan yang digunakan untuk mengolah alumunium, besi atau baja

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 81

Berdasarkan bacaan di depan , kembangkan informasi mengenai pemanfaatan sumber daya alam berupa air selain sebagai pembangkit listrik tenaga air. Kamu dapat mencari informasi dan data pendukung dari buku, majalah, koran, maupun artikel.

Jawaban

Sumber Energi Minyak Bumi

Jelaskan proses pembentukan minyak bumi!

Jawaban

Terbentuknya minyak bumi berlangsung selama jutaan tahun, ketika tanaman dan hewan terkubur di lapisan kerak bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tergerak ke kerak bumi oleh karena pergerakan lempeng bumi. Semua sisa tanaman dan hewan tersebut kemudian menjadi fosil dan bereaksi dengan gas alam. Reaksi dengan gas alam akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang disebut minyak bumi. Minyak bumi inilah yang memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia.

Mengapa minyak bumi tidak dapat diperbarui?

Jawaban

Minyak bumi tidak dapat diperbarui karena proses pembentukkannya yang berlangsung selama jutaan tahun.
Tak hanya itu, bahan baku pembentuk minyak bumi menggunakan fosil hewan purba yang telah punah jutaan tahun yang lalu.

Sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia!

Jawaban

1. Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.
2. Sebagai sumber gas cair, seperti LPG yang digunakan untuk keperluan memasak.
3. Sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam produk kimia, seperti cat, dan produk plastik.

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Di sesuaikan dengan nama siswa
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?
Hasil Wawancara:

NoNama NarasumberJawaban
1KakakJika manusia tidak melakukan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka alam akan menjadi rusak.
2IbuJika manusia tidak melakukan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka sumber daya alam akan cepat habis
3AyahJika manusia tidak melakukan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka berbagai kehidupan di lingkungan alam akan rusak.
4KakekJika manusia tidak melakukan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka manusia tidak dapat untuk memanfaatkan alam karena telah rusak.
5NenekJika manusia tidak melakukan kewajiban terhadap lingkungan alam, maka alam tidak akan bersahabat dengan manusia.
Kesimpulan:

Jawaban

Jika kita tidak melaksanakan kewajiban kita terhadap lingkungan alam, maka akan terjadi banyak kerusakan pada alam dan alam akan menumpahkan berbagai macam bencana

Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam 83

Kesimpulan

1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban

Hari ini saya belajar kewajiban dan hak terhadap sumber daya alam

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Menggunakan sumber daya alam dengan bijak sesuai dengan kewajiban dan hak memanfaatkan sumber daya alam

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Keterampilan dalam berrbahasa ketika mewawancarai narasumber

4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban

Menggunakan sumber daya alam seperlunya dan lebih semangat dalam belajar

Demikianlah pembahasan kita mengenai Kewajiban dan Hak Terhadap Sumber Daya Alam yang ada pada buku siswa kelas 4 tema 9 sub tema 2 pembelajaran 4. Mintalah orang tuamu bercerita tentang kondisi lingkungan alam di sekitar tempat tinggalmu pada waktu orang tuamu kecil. Kemudian bandingkan kondisi lingkungan alam pada waktu orang tuamu kecil dengan kondisi sekarang.. Semoga bermanfaat