Kunci Aktivitas 2.3 halaman 41 IPA SMA Kelas 10

Kunci Jawaban Soal Kurikulum Merdeka SMA SMK

Wacaberita.com – Kunci Aktivitas 2.3 halaman 41 artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Aktivitas 2.3 halaman 41 artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Aktivitas 2.3 halaman 41 artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna IPA SMA/SMK Kelas 10

Aktivitas 2.3

Berikut adalah intisari dari artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna.

Masyarakat luas memiliki persepsi negatif terhadap virus. Virus selalu dikaitkan dengan penyakit, infeksi, kematian dan wabah penyakit. Namun sesungguhnya para virologis menemukan bahwa virus dapat dimanfaatkan dalam kesehatan manusia. Saat ini telah berkembang virotherapy yaitu pengobatan penyakit dengan menggunakan virus. Virus oncolytic contohnya, virus ini dapat melisiskan sel kanker tanpa merusak sel non-kanker. Virus juga dimanfaatkan sebagai vektor pembawa gen untuk memperbaiki gen abnormal pada terapi gen atau sel. Selain itu, virus digunakan dalam banyak studi genetik untuk menentukan mekanisme molekuler, digunakan sebagai insektisida, dan telah dilaporkan meningkatkan toleransi kekeringan pada beberapa tanaman. Jadi sesungguhnya banyak hal “baik” yang dapat dilakukan.

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 1 Modul 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Berdasarkan kajian tentang virus tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Jelaskan “kebaikan” apa yang saja yang dapat virus lakukan?

Jawaban:

Kebaikan Virus

Virus dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan seperti terapi kanker, terapi gen dan vaksin, selain itu berperan sebagai vektor dalam rekayasa genetika.

2. Dari sekian kebaikan yang dilakukan virus, pilihlah satu yang menarik untukmu, kemudian jelaskan manfaatnya bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan atau eksositem!

Jawaban:

a. Virus dimanfaatkan untuk pemberantasan serangga hama

Beberapa virus hidup sebagai parasit pada serangga, seperti Baculovirus. Sebagai entomopatogen, Baculovirus berpotensi sebagai agen pengendali hayati. Virus ini secara alami mampu menginduksi infeksi yang mematikan serta tingkat virulensi yang tinggi pada serangga hama pertanian.

b. Virus dimanfaatkan untuk pengobatan secara biologis

Mekanisme pengobatan biologis dilaksanakan dengan melemahkan atau membunuh bakteri, jamur, atau protozoa yang bersifat patogen. Contohnya adalah Bakteriofag. Bakteriofag dapat dijadikan sebagai pencegahan foodborne disease yang efektif. Bakteriofag dapat bekerja secara spesifik di antara protein binding reseptor virus dengan target sel inang tanpa harus mengganggu bakteri baik lainnya dalam makanan.

Demikian materi Kunci Aktivitas 2.3 halaman 41 artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Baca Juga :  Jawaban Pengayaan halaman 127 Masalah Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni