Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman

Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

Wacaberita.com – Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Ayo Cek Pemahaman halaman 73 Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

Ayo Cek Pemahaman

SOAL 1

Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia

Analisis grafik pada Gambar 3.10 di atas, prinsip kimia hijau yang manakah yang harus dipenuhi untuk mencegah peningkatan gas rumah kaca di Indonesia dari tahun ke tahun? Sarankan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut.

Jawaban:

Prinsip kimia hijau yang harus dipenuhi untuk mencegah peningkatan gas rumah kaca di Indonesia dari tahun ke tahun adalah prinsip nomer 1 (mencegah limbah).

Baca Juga :  Faktor-faktor yang Membentuk Kepribadian

Upaya yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada gambar tersebut (Buku siswa Gambar 3.10) adalah:

(1) Kebakaran gambut serta penggunaan hutan dan lahan lain,

(2) Menghindari metode pembakaran untuk keperluan replanting (peremajaan lahan),

(3) Pertanian: menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan,

(4) Limbah: mengolah limbah organik menjadi pupuk organik, biogas, Mengolah limbah plastik menjadi biofuel dan bahan beton atau pengeras jalan.

(5) Industri: menggunakan syngas (gasifikasi batubara) sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca.

(6) Energi: menggunakan sumber energi alternatif nonfosil.

SOAL 2

Nyatakan Benar atau Salah Pernyataan-pernyataan berikut beserta alasan kenapa Kalian menjawab demikian.

a) Tidak semua reaksi kimia menghasilkan zat-zat yang berbahaya. Contohnya adalah penggunaan soda kue dalam proses memanggang adonan roti. Gas karbondioksida yang dihasilkan akan membuat roti menjadi empuk dan enak disantap.

Jawaban:

Benar.

Alasannya: fermentasi pada pengolahan roti, menggunakan enzim amilase dan protease untuk mempercepat proses fermentasi, meningkatkan volume adonan, memperbaiki kelunakan dan tekstur. Enzim bersumber dari jamur dan bakteri.Fermentasi adonan didasarkan pada aktivitas-aktivitas metobolis dari khamir dan bakteri asam laktat. Saccharomyces cereviceae merupakan jenis khamir yang paling umum digunakan pada pembuatan roti. Aktivitas mikroorganisme ini pada kondisi anaerob bereaksi menghasilkan gas CO2 yang penting pada pembentukkan adonan. Gas CO2 yang dihasilkan selama proses fermentasi akan terperangkap di dalam lapisan film gluten yang impermiabel. Gas akan mendesak lapisan yang elastis dan extensible yang selanjutnya menyebabkan pengembangan (penambahan volume) adonan.

b) Reaksi kimia pembakaran tak sempurna misalnya membakar sampah di udara terbuka tidak akan mencemari lingkungan karena menghasilkan gas karbonmonoksida yang aman bagi makhluk hidup.

Jawaban:

Salah

Baca Juga :  Jawaban Matematika Halaman 272-273 Kelas 7

Alasannya: karena pembakaran yang tidak sempurna akan menghasilkan abu, jelaga, gas CO, dan partikel asap.

c) Biosolar B-30 adalah salah satu upaya pemerintah untuk menerapkan prinsip kimia hijau yaitu menggunakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Jawaban:

Benar.

Alasannya: karena B30 adalah suatu campuran 30% fatty acid methyl ester (FAME) dan 70% campurannya yaitu solar. Produk FAME merupakan suatu produk yang berasal dari olahan minyak kelapa sawit atau CPO.

Demikian materi Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Peningkatan Emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia  yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni