Ekspresi Diri Melalui Hobi

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 55 Ekspresi Diri Melalui Hobi

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 55 Ekspresi Diri Melalui Hobi. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Bacalah teks di bawah ini dengan saksama.

Ekspresi Diri Melalui Hobi

Namaku Jefri Mamantouw, kelas lima SD. Aku anak yang pintar. Nilai-nilaiku tidak pernah di bawah delapan. Pelajaran yang paling aku minati adalah Matematika, menggambar, dan keterampilan. Sayangnya, aku tidak mempunyai banyak teman. Itu karena aku sedikit gagap dan kurang pandai berbicara.

Ayahku berjualan suku cadang motor di garasi rumah kami di Kota Manado. Ayah mempunyai banyak kardus bekas yang ditumpuk di pojok garasi. Kardus tidak terpakai itu boleh kupakai. Aku mencoba membuat sesuatu. Lebih dulu aku menggambar suatu pola di kertas. Aku lalu menjiplaknya di kardus. Aku memotong pola itu dan menempel bagian-bagiannya dengan lem super punya ayah. Jadilah mobil-mobilan!

Aku tidak berhenti sampai di situ. Aku ingin mainan yang bisa dibongkar pasang. Aku mencari tahu cara membuatnya di internet. Sepulang sekolah, aku mencoba membuat mainan kardus yang bisa dirakit tanpa menggunakan lem. Setiap minggu aku membuat satu mainan. Model hewan, model kendaraan, dan model rumah-rumahan. Iseng-iseng, semua mainan yang kubuat itu kupasang di garasi ayah.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 92 dan 93 Wawancara Dengan Salah Seorang Pengusaha di Kota Kalian

Pada awalnya, beberapa orang dan teman yang melihat karyaku, menertawakannya. Mereka menganggapku buang-buang waktu dengan barang bekas. Namun, aku tidak memedulikannya. Kegiatan ini sudah menjadi hobi yang menyenangkan buatku.

Suatu hari, ada pelanggan ayah datang ke toko. Model kuda kardus yang aku pasang di atas lemari toko, menarik perhatiannya. Kami berbincang-bincang lama. Aku senang ada yang memuji karyaku. Ia meminta izin untuk memotret hasil-hasil karyaku dan memajangnya di media sosial.

Sejak saat itu, koleksi mainan kardusku mulai dikenal. Banyak pengunjung toko ayah datang untuk melihat koleksiku bahkan tertarik membelinya. Teman-temanku juga berdatangan. Kata ayah, mainan buatanku menginspirasi teman-temanku untuk membuatnya sendiri. Saat ini, aku berencana membuat video tutorial membuat mainan dari kardus bekas, agar lebih banyak anak-anak bisa menciptakan karyanya sendiri.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Bagaimana Jefri menghabiskan waktu luangnya?

Jawaban : Jefri menghabiskan waktu luangnya dengan membuat karya dari kardus bekas

2. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan Jefri untuk membuat mainan?

Jawaban : Alat dan bahan yang diperlukan Jefri adalah kardus bekas, kertas, pensil, gunting, dan lem.

3. Bagaimana proses membuat mainan dari kardus bekas?

Jawaban : Proses dimulai dari membuat pola pada kertas, lalu menjiplaknya di kardus. Kardus kemudian digunting. Hasil guntingan dirakit menjadi sebuah mainan dengan menggunakan lem.

4. Mengapa Jefri menggunakan kardus bekas?

Jawaban : Jefri menggunakan kardus bekas karena bahan tersebut banyak dan mudah ditemukan di garasi rumahnya.

5. Apa saja barang yang Jefri ciptakan?

Jawaban : Jefri membuat banyak mainan model hewan, kendaraan, dan rumah-rumahan dari kardus bekas.

6. Bagaimana mainan kardus Jefri menjadi terkenal?

Jawaban : Mainannya menjadi terkenal saat seorang pengunjung memotret hasil karyanya dan memuatnya di media sosial.

Kosa Kata Baru

Berikut adalah makna kata yang bercetak kuning dari teks “Ekspresi Diri Melalui Hobi”. Buatlah kalimat baru menggunakan setiap kata di bawah ini.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 11 Teka-teki Silang

gagap = gangguan bicara
jiplak = meniru pola
model = contoh
garasi = bagian rumah tempat menyimpan mobil
tutorial = informasi praktis tentang cara membuat atau melakukan hal tertentu

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 55 Ekspresi Diri Melalui Hobi. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.