imbuhan -lah atau -kan

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 58 dan 59 Imbuhan -kan dan Imbuhan -lah

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 58 dan 59 Imbuhan -kan dan Imbuhan -lah. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Bahas bahasa

Perhatikan penjelasan tentang imbuhan -kan dan -lah pada kotak di bawah ini. Kemudian, kerjakan latihan di bawahnya.

Imbuhan -kan

Imbuhan -kan adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja. Kata kerja yang terbentuk menyatakan makna perintah. Contoh: ambilkan, dengarkan, pindahkan, tuangkan

Imbuhan -lah

Imbuhan -lah adalah akhiran yang mengubah kata dasar menjadi kata kerja. Kata kerja yang terbentuk menekankan kata dasarnya dan menyatakan perintah. Contoh: buatlah, gambarlah

Latihan
Saatnya kalian melatih pemahaman tentang penggunaan imbuhan me- pada kalimat. Perhatikan gambar di bawah ini. Ini adalah Nina. Nina suka melukis. Ilustrasi di bawah ini menggambarkan urutan kegiatan Nina.

Sekarang, ubahlah kata-kata di dalam kurung dengan menambahkan imbuhan me-sehingga menjadi kalimat yang baik dan benar.

Pertama-tama, Nina menyiapkan alat-alat lukisnya. Kertas lukis, kuas, cat cair, segelas air, dan palet. Lalu, Nina (tuang) beberapa warna cat ke dalam palet. Nina (tambah) sedikit air di setiap warna cat lalu (aduk) cat hingga sedikit cair dan siap digunakan. Nina juga (buat) satu warna baru. Ia (campur) warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Setelah persiapan warna selesai, Nina siap (lukis) pada permukaan kertas lukis.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 103 dan 104 Singkatan dan Akronim

Jawaban:

Pertama-tama, Nina menyiapkan alat-alat lukisnya. Kertas lukis, kuas, cat cair, segelas air, dan palet. Lalu, Nina menuang beberapa warna cat ke dalam palet. Nina menambah sedikit air di setiap warna cat lalu mengaduk cat hingga sedikit cair dan siap digunakan. Nina juga membuat satu warna baru. Ia mencampur warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Setelah persiapan warna selesai, Nina siap melukis pada permukaan kertas lukis.

Latihan

Berikut adalah petunjuk membuat nasi goreng. Tambahkan imbuhan -lah atau -kan yang sesuai untuk kata-kata di dalam kurung.

1. (Siap) bahan-bahan yang diperlukan.

Jawaban :

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

2. (Tuang) minyak ke dalam penggorengan.

Jawaban :

Tuangkan minyak ke dalam penggorengan.

3. (Masuk) bawang dan cabai iris saat minyak sudah panas.

Jawaban :

Masukkan bawang dan cabai iris saat minyak sudah panas. 

4. (Tunggu) sampai bawang layu, lalu masukkan telur.

Jawaban :

Tunggulah sampai bawang layu, lalu masukkan telur. 

5. (Tambah) nasi, kecap, dan sedikit garam, lalu aduk-aduk.

Jawaban :

Tambahkan nasi, kecap, dan sedikit garam, lalu aduk-aduk.

6. (Tata) nasi goreng di atas piring dengan tambahan kerupuk, potongan tomat, atau taburan bawang goreng.

Jawaban :

Tatalah nasi goreng di atas piring dengan tambahan kerupuk, potongan tomat, atau taburan bawang goreng.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 5 Halaman 58 dan 59 Imbuhan -kan dan Imbuhan -lah. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.