Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 198 Apa hal menarik yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini

Norma dalam Adat Istiadat Daerahku

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 198 Apa hal menarik yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Norma dalam Adat Istiadat Daerahku

Tahukah kalian, Indonesia dengan segala kekayaan budaya di dalamnya juga memiliki norma dan adat istiadat yang berbeda. Norma adalah aturan yang berlaku pada suatu wilayah. Adat istiadat adalah aturan tidak tertulis dan diakui sebagai hal yang baik untuk dilakukan. Dengan kata lain, adat istiadat merupakan bagian dari norma.

Mari Refleksikan

1. Apa hal menarik yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini?

Jawaban : Hal yang menarik yang aku pelajari pada kegiatan kali ini adalah tentang norma dan adat-istiadat.

2. Apakah kalian mengenali akar budaya kalian?

Jawaban : Iya. Aku mengenali akar budaya daerahku.

3. Dari suku mana ayah, ibu, kakek, dan nenek kalian berasal?

Jawaban : Ayah, ibu, kakek, dan nenek saya berasal dari Suku Jawa.

4. Apa saja yang pernah diajarkan ayah, ibu, kakek, dan nenek kepada kalian?

Jawaban : Yang pernah diajarkan ayah, ibu, kakek, dan nenek kepadaku adalah tidak boleh melanggar aturan negara dan agama. Misalnya mencuri, membunuh, menipu, berzina.

5. Apakah kalian harus menggunakan cara bicara tertentu jika berbincang dengan mereka?

Jawaban : ya. Aku harus menggunakan cara bicara bahasa Jawa krama jika berbincang dengan mereka.

6. Bagaimana ajaran yang kalian terima dari ayah, ibu, kakek, dan nenek?

Jawaban : Ajaran yang aku terima dari ayah, ibu, kakek, dan nenek sangat memberikan tentang pengetahuan, norma serta adat-istiadat.

7. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menghargai ajaran tersebut?

Jawaban : Yang bisa aku lakukan untuk menghargai ajaran tersebut ialah terus mengamalkan ajaran tersebut dan mengajarkan ke generasi mendatang.

Belajar Lebih Lanjut

Berkenalan Lebih Dalam dengan Indonesia

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 24 Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya

Di beberapa daerah, ada aturan adat yang kemudian diserap oleh pemerintah. Aturan adat ini dijadikan peraturan daerah yang mengikat warganya secara hukum. Bahkan, peraturan tersebut diberlakukan secara lebih luas bagi masyarakat yang berada di tempat tersebut, meskipun bukan warga di tempat itu.

Masih ingat, siapa perangkat pemerintah yang ada di daerah kalian? Di Bali, ada pemimpin dan petugas adat yang bekerjasama dengan pemerintah daerah. Mereka disebut Pecalang. Pecalang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban wilayah secara umum sehingga upacara adat yang diselenggarakan dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Masyarakat Baduy di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, memiliki aturan memisahkan wilayah Baduy Dalam dan Baduy Luar. Di wilayah Baduy Dalam, masyarakat sama sekali tidak boleh menggunakan alat elektronik, termasuk kamera. Tidak ada listrik di area tersebut.

Masyarakat juga tidak boleh menggembala ternak di area aliran sungai, tidak diperkenankan masuk ke area hutan tertentu, dan masih banyak aturan lain. Tujuan mereka adalah untuk mempertahankan sistem adat dan melindungi areanya dari perubahan. Mereka memenuhi segala keperluan hidupnya dengan cara mereka sendiri Teknologi yang digunakan pun tradisional dan selaras dengan alam. Misalnya, penyimpanan bahan pangan menggunakan sistem lumbung.

Masyarakat Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur, memiliki kebiasaan berburu paus sekitar bulan Mei November yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Kebiasaan ini menjadi bagian dari upaya masyarakat tradisional memenuhi kebutuhan protein bagi warganya. Namun, masyarakat ini memiliki peraturan yang harus ditaati warganya, yaitu:
1. hanya berburu untuk kebutuhan makan seluruh warganya;
2. tidak memperjualbelikan bagian apapun dari paus;
3. tidak berburu paus jantan dan betina yang sedang hamil;
4. semua aktivitas perburuan dilakukan secara tradisional.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 54 Apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 198 Apa hal menarik yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike