Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 190 Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 190 Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan

Pernahkah kalian pergi ke pasar? Percakapan di atas merupakan gambaran jual beli yang dilakukan oleh manusia sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hidupnya. Ibu Mira membutuhkan sayuran untuk dimasak sebagai makanan. Ibu Mira berperan sebagai pembeli. Penjual sayur berperan sebagai yang menjual kebutuhan atau penjual. Pasar sendiri adalah tempat jual beli.

Namun, ada juga barang yang tidak dapat ditawar. Biasanya ini terjadi pada barang yang sudah mencatumkan harga di kemasannya. Biasanya ini ada di supermarket atau pusat perbelanjaan.

Kegiatan Ekonomi

Tahukah kalian? Tidak semua kebutuhan dapat langsung kita beli begitu saja. Terkadang butuh suatu proses sampai barang atau jasa itu sampai ke tangan kita. Proses membuat (produksi), dikirimkan (distribusi) lalu digunakan (konsumsi).

1. Kegiatan Produksi
Kegiatan membuat barang. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen. Contoh yang melakukan kegiatan produksi adalah pabrik sepatu, pengrajin anyaman, penjahit.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 39 Menurut kalian apa itu volume

2. Kegiatan Distribusi
Kegiatan menyalurkan barang hasil produksi. Orang atau tempat melakukan kegiatan ini disebut distributor. Contoh agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer. Distributor mempermudah pemenuhan kebutuhan tanpa perlu pergi ke pabrik pembuatan langsung.

3. Kegiatan Konsumsi
Kegiatan pemakaian barang hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi ini disebut konsumen. Kalian telah mengetahui tempat-tempat terjadinya jual beli, bukan? Sekarang kalian akan bekerja dalam kelompok untuk mengetahui lebih lanjut kegiatan ekonomi yang terjadi di tempat jual beli.

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli?

Jawaban : Ada keterbatasan suatu kebutuhan yang tidak bisa diperoleh sendiri dan tidak dapatnya seseorang memenuhi kebutuhan sendiri, sehingga harus melakukan kegiatan jual beli.

2. Menurut kalian, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita?

Jawaban : Mencari kebutuhan tersebut di lokasi atau warung lain, jika masih belum ditemukan bisa melalui pembelian online melalui marketplace tertentu.

3. Apa saja proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitar kalian?

Jawaban : Produksi, distribusi, dan konsumsi

4. Apakah kalian pernah berperan menjadi produsen, distributor, atau konsumen? Jelaskan!

Jawaban : Jawaban setiap orang pasti berbeda-beda apakah pernah jadi produsen atau distributor, namun setiap orang pasti mengalami menjadi konsumen.

5. Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, bagaimana sebaiknya kalian bersikap terhadap barang-barang yang kalian pakai?

Jawaban : Menggunakan secara bijak atau sesuai kebutuhan, hemat, serta mencari alternatif barang lain jika sewaktu-sewaktu tidak ditemukan lagi atau habis.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 190 Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 13 Darimana tumbuhan mendapatkan karbon dioksida untuk proses fotosintesis