Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 88 Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi

akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 88 Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Mari Refleksikan

1. Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi?

Jawaban : Akibat adanya gaya gravitasi bumi pada benda adalah Benda tertarik ke pusat Bumi sehingga tidak ada benda yang melayang atau benda akan jatuh ke bawah.

2. Menurut kalian apa yang akan terjadi jika tidak ada gaya gravitasi di planet kita?

Jawaban : Jika tidak ada gaya gravitasi di bumi maka Benda akan melayang tanpa arah karena tidak ada gaya yang menarik.

3. Apa yang menyebabkan udara menghambat benda saat jatuh?

Jawaban : Yang menghambat benda saat jatuh adalah Hambatan udara dan luas permukaan

4. Bumi kita berbentuk bulat. Namun, mengapa kita tetap bisa berdiri tegak, ya?

Jawaban : Karena adanya gravitasi Bumi yang menarik benda ke inti Bumi

Belajar Lebih Lanjut

Pesawat terbang menggunakan gaya angkat untuk melawan gaya gravitasi. Untuk bisa terbang pesawat harus menghasilkan gaya angkat yang lebih besar dibanding gaya gravitasi. Gaya angkat ini diciptakan oleh sayap pesawat. Namun, untuk menciptakan gaya angkat, sayap pesawat memerlukan kecepatan. Kecepatan ini diciptakan dari tenaga pendorong mesin jet yang dimiliki pesawat terbang. Untuk helikopter, gaya angkat dihasilkan dari baling-balingnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 50 Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 88 Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike