Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 87 Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan

apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 87 Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara?

Pernahkah kalian bertanya mengapa benda bisa jatuh? Mengapa kita tidak bisa melayang di udara? Saat benda jatuh, seakan-akan ada sesuatu yang menarik benda ke bawah. Begitu juga dengan tubuh kita, seakan ada sesuatu yang menarik sehingga kita tidak bisa melayang. Hal ini terjadi karena adanya sebuah gaya yang tidak terlihat Bumi kita, yaitu gaya gravitasi. Pusat gravitasi Bumi ada pada inti Bumi. Di mana itu inti Bumi? Ada di bagian Bumi paling dalam.

Gaya gravitasi Bumi ini akan menarik benda-benda yang ada di Bumi ke intinya. Hal inilah yang menyebabkan benda-benda di Bumi tidak melayang-layang. Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kita lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang ke angkasa. Bahkan, manusia sendiri dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Lalu mengapa ada benda yang jatuhnya berbeda, seperti daun dan buah pada gambar 3.24?

Baca Juga :  Mesin Hitung Kalkulator, Macam-macam dan Fungsi Dasar

Mari Mencoba

Untuk membantu menjawab pertanyaan di atas, yuk kita lakukan eksperimen sederhana terlebih dahulu.

Alat dan bahan:
1. 2 lembar kertas yang berukuran sama (usahakan kertas bekas ya);
2. batu;
3. lembar kerja

Langkah Percobaan:

1. Remas 1 kertas menjadi berbentuk seperti bola.

2. Jatuhkan bola kertas dan batu secara bersamaan dari ketinggian yang sama.

3. Amati mana yang jatuh lebih dahulu.

4. Gantilah batu dengan kertas utuh yang belum diremas.

5. Sekarang jatuhkan secara bersamaan bola kertas dan selembar kertas dari ketinggian yang sama.

6. Amati mana yang jatuh lebih dahulu.

7. Diskusikan dengan teman kelompokmu mengenai kegiatan ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

a. Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan?

Jawaban : Yang diamati adalah proses jatuhnya benda antara selembar kertas dan dan bola kertas, ternyata bola kertas jatuh duluan dibanding selembar kertas.

b. Apakah ada perbedaan berat antara selembar kertas dan kertas yang sudah dijadikan bola?

Jawaban : Tidak ada perbedaan berat antara bola kertas dan selembar kertas

c. Apakah ada perbedaan antara selembar kertas dan kertas yang sudah dijadikan bola?

Jawaban : Ada perbedaaan antara selembar kertas dan bola kertas yaitu perbedaan luas permukaan. Luas permukaan kertas yang diremas-remas lebih kecil dibandingkan lembaran kertas.

d. Menurut kalian mengapa selembar kertas terlihat seperti melayang-layang dulu ketika jatuh?

Jawaban : Karena diakibatkan oleh luas permukaan kertas. Semakin luas bentuk permukaan kertas, akan lebih besar hambatan udara saat jatuh. Serta hambatan udara yang menghambat gerakan kertas.

8. Tulis hasil diskusi ini pada lembar kerja

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 87 Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 198 Apa hal menarik yang kalian pelajari pada kegiatan kali ini

You May Also Like

About the Author: Fike