Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 102 Apa itu energi

Apa itu energi

wacaberita.com – Halo Sobat Wacaberita kita akan membahas tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 102 Apa itu energi. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Mengubah Bentuk Energi

Energi tidak dapat diciptakan. Energi juga tidak dapat dimusnahkan. Namun, energi bisa kita ubah bentuknya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan energi dengan mengubah bentuknya. Energi kimia dari makanan diubah menjadi energi gerak saat kita berjalan dan beraktivitas. Lalu, apa saja perubahan energi di sekitar kita?

Transformasi Energi di Sekitar Kita

Gerakan tangan yang dilakukan Ian menghasilkan energi panas. Saat melakukan itu, Ian sedang mengubah energi gerak menjadi bentuk energi yang lain, yaitu energi panas. Manusia tidak bisa menciptakan energi. Untuk memanfaatkan energi, manusia mengubah bentuk energi yang ada menjadi bentuk energi yang lain. Perubahan bentuk energi inilah yang disebut dengan transformasi energi.

Manusia memanfaatkan energi dengan mengubah bentuknya menjadi bentuk yang lain. Umumnya alat-alat buatan manusia adalah alat untuk mengubah bentuk energi. Dalam aktivitas sehari-hari, banyak sekali perubahan energi yang terjadi di sekitar kita.

Mari Refleksikan

1. Apa itu energi?

Jawaban : Energi merupakan daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

2. Bisakah kita menciptakan energi?

Jawaban : Manusia tidak bisa menciptkan energi. yang dapat dilakukan manusia hanya bisa mengubah bentuk energi dengan bantuan peralatan atau perkakas.

3. Bagaimana cara manusia menghasilkan bentuk energi yang diinginkannya?

Jawaban : Cara manusia menghasilkan bentuk energi yang diinginkannya, yaitu dengan cara manusia mengubah bentuk energi yang ada menjadi bentuk energi yang lain. Perubahan bentuk energi inilah yang disebut dengan transformasi energi

4. Apa transformasi energi yang kalian temukan di sekitar sekolah?

Jawaban : Transformasi energi yang aku temukan di sekitar sekolah adalah energi listrik menjadi energi cahaya, energi listrik menjadi energi bunyi, energi litrik menjadi energi gerak

5. Apa transformasi energi yang paling sering kalian gunakan dalam aktivitas sehari-hari?

Jawaban : Transformasi energi yang paling sering aku gunakan dalam aktivitas sehari-hari adalah energi listrik menjadi energi cahaya, energi listrik menjadi energi bunyi, energi litrik menjadi energi gerak, energi listrik menjadi energi panas.

Belajar Lebih Lanjut

Pada suatu alat, bisa terjadi perubahan energi lebih dari satu kali. Contohnya adalah baterai. Baterai menyimpan energi kimia. Ketika digunakan, baterai akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik ini
kemudian diubah lagi menjadi bentuk lain sesuai fungsi alatnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 87 Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan

Energi cahaya Matahari juga bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Panel surya menyimpan energi kimia yang bisa mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik. Namun, tidak semua energi bisa sepenuhnya kita ubah menjadi energi yang kita inginkan. Mari kita lihat contoh perubahan energi pada mobil.

Saat mengisi mobil dengan bensin, kita mengharapkan semua bensin akan berubah bentuk menjadi energi gerak. Namun pada kenyataannya, sebagian energi akan berubah bentuk menjadi energi panas dan energi kimia lagi dalam bentuk asap kendaraan.

Kedua energi ini adalah energi sampingan yang terbentuk saat mobil dipakai. Apakah kedua energi sampingan ini dibutuhkan saat kita menyetir? Apakah ada energi sampingan dari mobil yang berdampak pada lingkungan? Tuliskan pendapat kalian pada lembar kerja.

 

Demikian pembahasan tentang Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 102 Apa itu energi. Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik-adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk belajar adik-adik semua. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Fike