Jawaban Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?
Jawaban Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Wacaberita.comJawaban Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat materi modul berupa video/pdf, latihan pemahaman, refleksi, serta post test, dan diakhiri dengan mengerjakan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban latihan pemahaman pada Topik 8 Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?. Latihan pemahaman ini dikerjakan setelah Sobat guru menyaksikan materi modul yang ditampilkan melalui video maupun harus didownload dulu dalam bentuk pdf. Mari langsung saja kita simak jawabannya di bawah ini.

Jawaban Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Jawaban Latihan Pemahaman Refleksi Perencanaan

1. Kehadiran asumsi yang kuat akan membantu satuan pendidikan dalam menentukan perencanaan yang tepat.

a. Benar

Baca Juga :  Jawaban Topik 12 Modul 1 Mengenal Asesmen Awal Pembelajaran Literasi Kelas Awal

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Refleksi Perencanaan

Bagaimana Anda melakukan perencanaan program selama ini untuk satuan pendidikan?

Contoh Jawaban:

Sebelum merencanakan program, terlebih dahulu dilakukan need analysis atau analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan ini tidak berdasarkan asumsi pribadi namun dilakukan dengan mengumpulkan data terlebih dahulu. Sample data bisa murid atau pun guru, tergantung sasaran program. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan, dokumentasi, maupun refleksi terhadap program tertentu yang sudah berjalan. Melalui pengumpulan data, akan didapatkan hasil berupa kekurangan atau pun kebutuhan yang dapat dijadikan dasar untuk merencanakan program.

Jawaban Latihan Pemahaman Latar Belakang PBD

1. Apakah kebiasaan yang ingin diubah dari proses Perencanaan Berbasis Data?

a. Proses perencanaan harus berdasarkan data kegiatan tahun sebelumnya.

b. Perencanaan yang berdasarkan asumsi menjadi perencanaan berdasarkan data dan fakta.

c. Perencanaan yang melibatkan data dari kepala sekolah dan guru saja.

d. Proses perencanaan yang terkait dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana fisik.

Jawaban Cerita Reflektif Latar Belakang PBD

Apa arti penting kehadiran Perencanaan Berbasis Data untuk satuan pendidikan Anda?

Contoh Jawaban:

Perencanaan Berbasis Data atau PBD memiliki arti penting untuk perencanaan program satua pendidikan. Melalui PBD, program yang direncanakan bukanlah sebuah program yang semata-mata harus diadakan sebagai bentuk peningkatan proses pembelajaran. Namun program yang disusun berdasarkan PBD akan dapat menjawab akar permasalahan yang terjadi, serta membimbing para penyusun program untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada atau pun menjawab kebutuhan. Dengan demikian, pengadaan program menjadi bermanfaat dan tepat sasaran.

Jawaban Latihan Pemahaman Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

1. Salah satu sumber data Perencanaan Berbasis Data adalah rapor pendidikan.

a. Benar

Baca Juga :  Jawaban Topik 11 Modul 3 Pembinaan dan Komunikasi

b. Salah

Jawaban Cerita Reflektif Tujuan Perencanaan, Tujuan Pendidikan

Bagaimana kontribusi satuan pendidikan Anda selama ini untuk mencapai tujuan pendidikan?

Contoh Jawaban:

Satuan pendidikan kami selalu berusaha untuk memperbaiki proses pendidikan. Segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran, kompetensi guru, dan sarana prasarana sekolah selalu dilakukan sesuai dengan kemampuan. Segala usaha tersebut sudah mampu menjawab Sebagian besar kebutuhan maupun mengatasi masalah yang ada. Hal tersebut dikarenakan program yang direncanakan tidak sebatas dikarenakan asumsi pribadi atau kelompok, namun menjawab kebutuhan dan permasalahan yang ada.

Demikian artikel Jawaban Latihan Pemahaman Topik 8 Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data? yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.