Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 1 Mengapa Refleksi

Jawaban Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 1 Mengapa Refleksi

Wacaberita.comJawaban Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 1 Mengapa Refleksi – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat materi modul berupa video/pdf, latihan pemahaman, refleksi, serta post test, dan diakhiri dengan mengerjakan aksi nyata.

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban latihan pemahaman pada Topik 9 Refleksi Diri Modul 1 Mengapa Refleksi. Latihan pemahaman ini dikerjakan setelah Sobat guru menyaksikan materi modul yang ditampilkan melalui video maupun harus didownload dulu dalam bentuk pdf. Mari langsung saja kita simak jawabannya di bawah ini.

Jawaban Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 1 Mengapa Refleksi

Jawaban Latihan Pemahaman Apa itu Refleksi?

1. Pernyataan berikut yang tepat berkaitan dengan refleksi adalah . . . .

a. Refleksi berarti bercermin dengan orang lain

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 14 Modul 2 Membaca Terbimbing

b. Refleksi membantu kita untuk mengenali diri

c. Refleksi merupakan bagian dari evaluasi

d. Refleksi hanya penting dilakukan oleh peserta didik

2. Metakognisi sangat berkaitan erat dengan….

a. Kesadaran diri

b. Kepercayaan diri

c. Harga diri

d. Keyakinan diri

Jawaban Cerita Reflektif Apa itu Refleksi?

Sebagai pendidik, apa yang membuat Anda mempelajari topik ini?

Contoh Jawaban:

Pada awalnya, saya kira refleksi pembelajaran sama dengan kesimpulan pembelajaran. Pengetahuan tentang topik ini membuat saya paham tentang arti refleksi dalam pembelajaran dan manfaatnya bagi saya sebagai guru maupun bagi peserta didik.

Jawaban Latihan Pemahaman Sikap Dasar dan Lensa Refleksi

1. Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah

a. Peserta didik

b. Rekan sejawat

c. Literatur

d. Semua benar

2. Pola pikir yang dapat mendukung praktik refleksi kita, kecuali…

a. Dilakukan dengan sepenuh hati

b. Jujur dengan diri sendiri

c. Harus dilakukan setiap hari

d. Rasa tanggung jawab dengan peserta didik

Jawaban Cerita Reflektif Sikap Dasar dan Lensa Refleksi

Bagaimana Anda menilai pola piki Anda selama ini dalam melakukan refleksi? Pola pikir apa yang masih perlu Anda perbaiki? (Jawablah berdasarkan 3 sikap dasar refleksi yang sudah dipelajari)

Contoh Jawaban:

Pola pikir tentang refleksi yang masih perlu diperbaiki selama ini adalah saya belum melakukan refleksi dengan 4 lensa. Selama ini, saya hanya melakukan refleksi dengan satu lensa saja, yaitu peserta didik dan lensa lainnya belum dilibatkan.

Jawaban Latihan Pemahaman Membuat Tujuan Belajar

1. Terdapat tiga jenis tujuan yang bisa ditetapkan. Yang tidak termasuk di dalamnya adalah…

a. Tujuan Hasil

b. Tujuan Proses

c. Tujuan Kinerja

Baca Juga :  Jawaban Topik 7 Modul 2 Dimensi Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia

d. Tujuan Prestasi

Jawaban Cerita Reflektif Membuat Tujuan Belajar

Sebagai pendidik, apa hal yang ingin anda kembangkan pada diri Anda? Dari hal itu, tujuan belajar apa yang bisa Anda buat? (gunakan metode SMART dalam merumuskan tujuan Anda)

Contoh Jawaban:

Pengembangan diri yang ingin saya lakukan adalah pengembangan kreativitas dan inovasi. Tujuan belajar yang ingin saya buat dengan menggunakan metode SMART adalah saya ingin dapat menggunakan aplikasi pembuat animasi video untuk membuat materi pembelajaran (Specific). Saya dapat membuat animasi video mengenai Tata Surya dengan durasi 10 menit secara mandiri (Measurable). Saya akan belajar setiap hari selama 2 jam untuk dapat mengoperasikan aplikasi tersebut melalui tutorial video dan juga teman (Attainable). Video yang akan saya buat nanti akan lebih bermakna diajarkan kepada murid karena murid kini lebih menyukai belajar melalui video (Relevant).  Saya akan mengaplikasikan ini di semester kedua, sehingga saya mempunyai waktu belajar selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan (Time Based).

Demikian artikel Jawaban Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 1 Mengapa Refleksi yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.

You May Also Like

About the Author: Wiwit Husni