Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

manfaat buah jeruk

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan – Sobat, setelah mengenal nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk, pada pembahasan kali ini Waca berita akan memberikan penjelasan tentang manfaat buah jeruk bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Jeruk yang Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Sobat, buah jeruk yang telah mulai dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu di Asia ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang luar biasa di dalamnya. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan, kolin, zeaxanthin dan karotenoid.

Lalu, dari sederet nilai gizi yang ditawarkannya, apa saja yang ditawarkan oleh buah jeruk bagi kesehatan tubuh kita? Simak penjelasannya berikut ini.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sudah bukan rahasia lagi kalau kandungan vitamin C di dalam buah jeruk ampuh berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh kita.

Mengonsumsi jeruk juga mampu membantu kita terhindar dari flu dan menghindari infeksi.

Melindungi Tubuh dari Kanker

Rutin mendapat asupan nutrisi dari jeruk membantu menjaga kerusakan sel tubuh dari radikal bebas yang berperan menimbulkan kanker.

Studi mengungkap bahwa kandungan dalam jeruk secara signifikan mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tak hanya vitamin C, jeruk juga diketahui kaya akan kandungan vitamin B6 di dalamnya.

Vitamin B6 mendukung tubuh dalam memproduksi hemoglobin dan juga menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.

Baca Juga :  Biodata Ali Akbar Navis, Sastrawan Indonesia

Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat

Penelitian membuktikan bahwa buah citrus mengandung polymethoxylated flavones (PMFs) yang memiliki potensi ampuh dalam menurunkan angka kolesterol jahat.

Bahkan, efeknya lebih efektif dan tanpa efek samping dibandingkan dengan obat-obatan.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat di dalam buah jeruk menjaga tingkat gula darah tetap terkontrol, membuatnya bisa menjadi ‘camilan’ sehat penderita diabetes.

Kandungan fruktosa dalam jeruk juga berperan menstabilkan gula darah dan mencegahnya naik secara tiba-tiba setelah kita mengonsumsi makanan.

Mendukung Kesehatan Mata

Tak hanya wortel, jeruk juga mengandung vitamin A dalam jumlah banyak yang berperan menjaga kesehatan indera penglihatan.

Jeruk adalah sumber karotenoid, vitamin A yang tersimpan di dalamnya memiliki peran penting dalam membuat selaput lendir di mata tetap sehat.

Vitamin A juga bertanggung jawab untuk mencegah degenerasi mascular yang berkaitan dengan usia, yang dalam kasus-kasus ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

Manfaat Buah Jeruk Solusi bagi Sembelit

Jeruk memiliki serat larut dan tidak larut. Ini membantu menjaga usus dan fungsi lambung tetap lancar, mencegah sindrom iritasi usus.

Selain itu, serat membantu mengobati sembelit atau konstipasi dengan sangat efektif. Jadi solusi bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mental

Antioksidan flavonoid dalam jeruk juga bermanfaat untuk menangkal stres dan depresi. Orang tua yang rutin mengonsumsi jeruk memiliki risiko depresi yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

Memperkuat Tulang

Vitamin C dalam jeruk dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan berkontribusi bagi kesehatan tulang.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang normal dan diferensiasi sel.

Manfaat Buah Jeruk Membantu Program Diet

Karena penuh nutrisi dan rendah kalori, jeruk bisa menjadi salah satu buah terbaik untuk mendukung program diet kamu.

Baca Juga :  Biodata Edward de Vere, Penulis Karya William Shakespeare

Jeruk dianggap sebagai buah kalori negatif yang artinya mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk membakarnya.

Dengan kata lain, dengan mengonsumsi jeruk tubuh akan membakar lebih banyak kalori daripada jumlah yang kamu makan.

Mendukung Perkembangan Kandungan

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik. Makan jeruk saat hamil akan membantu mengembangkan otak bayi dan mencegah cacat tabung saraf, yang diketahui menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Segudang Manfaat Buah Jeruk

Nah Sobat, itulah beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Kamu pasti semakin suka ya dengan buah yang satu ini? Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski