Mesin Hitung Kalkulator, Macam-macam dan Fungsi Dasar

Mesin Hitung Kalkulator, Macam-macam dan Fungsi Dasar

Wacaberita.com – Mesin Hitung Kalkulator, Macam-macam dan Fungsi Dasar. Dari buku Penjualan BAB II Menyiapkan dan Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan, Mempersiapkan dan Mengoprasikan Alat Hitung SMK Halaman 83-86 Penjelasan Mesin Hitung Kalkulator, Macam-macam mesin hitung saku atau kalkulator, Fungsi dasar hitungan pada mesin hitung saku atau kalkulator, dan cara mengoperasikan mesin hitung saku atau kalkulator.

Di era teknologi yang semakin maju, komputer telah menjadi alat yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun komputer dan smartphone telah mendominasi dunia komputasi modern, komputer tetap memegang peranan penting dalam berbagai bidang, baik itu pendidikan, bisnis, maupun kebutuhan pribadi. Artikel ini membahas secara mendalam pengertian, jenis, fungsi dasar dan pengoperasian komputer saku, serta relevansinya dalam dunia yang semakin kompleks.

Mesin hitung saku atau yang biasa disebut dengan kalkulator adalah mesin hitung yang menggunakan tenaga baterai (battery powered calculator) atau ada juga yang menggunakan tenaga matahari (solar powered calculator).

Mesin hitung saku atau Kalkulator memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Begitu juga dengan jumlah digit yang berbeda-beda, antara lain memiliki digit 6, 10, 12, 14 sampai yang memiliki 16 digit tergantung kepada kebutuhan.

a Macam-macam mesin hitung saku atau kalkulator:

Kalkulator berdasarkan kegunaannya dibedakan menjadi:

1) Office calculator adalah kalkulator yang banyak digunakan di kantor atau dunia perdagangan. KAlkulator ini hanya digunakan untuk operasi sederhana seperti menambah, menurang, mengali dan membagi.

2) Scientific calculator adalah kalkulator yang memiliki tombol-tombol khusus yang hanya digunakan untuk hitungan matematika.

3) Financial calculator adalah kalkulator yang memiliki tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menyimpan hitungan dan menampilkan kembali hitungan yang biasa digunakan untuk hitungan keuangan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 162 Mengapa budaya Indonesia beraneka ragam

Fungsi dasar hitungan pada mesin hitung saku atau kalkulator

Fungsi dasar hitungan yang dapat dioperasikan pada Mesin hitung saku atau kalkulator yang sederhana yang biasa digunakan dalam dunia perdagangan adalah:

a). Menambah
b). Mengurang
c). Mengalikan
d). Membagi

b Cara mengoperasikan mesin hitung saku atau kalkulator

Untuk operasi hitungan yang sederhana seperti menambah, mengurang, mengalikan atau membagi dapat dilakukan semua orang dengan mudah karena memang alat ini sudah biasa dipakai. Berikut ini akan disajikan cara mengoperasikannya.

  • Operasi hitungan penambahan atau penjumlahan

1) Tekan angka yang akan dijumlahkan/dikurangkan

2) Tekan tombol tambah

3) Tekan angka berikutnya yang akan ditambahkan

4) Tekan tombol sama dengan

  • Operasi hitungan pengurangan

1) Tekan angka yang akan dikurangkan

2) Tekan tombol kurang

3) Tekan angka berikutnya yang akan dikurangkan

4) Tekan tombol sama dengan

  • Operasi hitungan perkalian

1) Tekan angka yang akan dikalikan

2) Tekan tombol tanda perkalian

3) Tekan angka sebagai pengali

4) Tekan tombol sama dengan

  • Operasi hitungan pembagian

1) Tekan angka yang akan dibagi

2) Tekan tombol tanda bagi

3) Tekan angka pembagi

4) Tekan tombol sama dengan

  • Operasi hitungan persen

Jika hasil akhir hitungan sudah diperoleh dari perhitungan sebelumnya hanya tinggal mencari persen, contoh hasil perhitungan akhir1.000.000

Dihitung 25 %

a. Tekan angka 25

b. Tekan tanda %

c. Pemeriksaan alat

Kerusakan pada alat hitung elektrik harus diidentifikasi sebelum alat tersebut digunakan. Beberpapa indikasi kerusakan pada alat hitung adalah :

1. On/Off tidak aktif

2. Angka/numerik pada display tidak muncul

3. Tampilan/dispaly tidak stabil

4. Hasil perhitungan tidak akurat

Setiap tidak berfungsinya alat hitung tidak selalu mengindikasikan kerusakan pada alat. Oleh sebab itu sebelum digunakan pastikan terlebih dahulu diperiksa apakah alat dalam keadaan baik dan biasanya sumber powernya sudah terpasang dengan baik atau belum baik yang menggunakan battery, listrik atau tenaga matahari

Baca Juga :  Tata cara Dalam Menangani Telepon Masuk

d Perawatan peralatan

a). simpan peralatan dengan baik

b). usahakan alat jangan sampai terjatuh

c). periksa power battery, kabel listrik

d). jika alat rusak laporkan kepada petugas yang berwenang atau atasan

Dengan kalkulator yang semakin canggih, kemampuan untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat menjadi lebih mudah diakses oleh semua orang. Dari kalkulator sederhana hingga kalkulator ilmiah, setiap jenis memiliki kegunaannya untuk memenuhi kebutuhan perhitungan yang berbeda.

Bukan sekedar alat hitung, kalkulator juga telah menjadi simbol kemajuan teknologi dan inovasi manusia untuk menciptakan berbagai hal yang memberikan kemudahan bagi kehidupan sehari-hari. Dengan pemahaman tentang pengertian, jenis, fungsi dasar dan cara menggunakan kalkulator, kita dapat menggunakannya dengan lebih efektif dan efisien.

Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami tentang kalkulator dan menjadi panduan yang berguna dalam menghadapi tugas perhitungan di berbagai aspek kehidupan.

You May Also Like

About the Author: Waca Berita