Merawat Rosetail Cupang Berekor Mawar

Merawat Rosetail Cupang Berekor Mawar – Dalam perkembangannya di dunia ikan hias, cupang menjadi sangat populer dan semakin digemari. Tentu saja karena banyak varian unik yang bisa Sobat koleksi.

Ikan cupang yang dikenal juga dengan betta fish, telah banyak dibiakkan secara selektif selama bertahun-taun untuk menciptakan berbagai jenis ikan cupang yang bermutasi menjadi unik dan berbeda. Meskipun sebenarnya mereka semua berasal dari spesies yang sama.

Saking banyaknya jenis, pola dan warna sirip cupang yang berbeda, sehingga bagi orang awam dua ekor cupang bisa terlihat seperti spesies yang berbeda. Sementara itu bagi yang sudah berpengalaman, variasi yang sangat luas juga bisa membingungkan.

Salah satu varian atau jenis betta yang terkenal adalah jenis rosetail cupang yang memiliki ekor seperti bunga mawar.

Pesona Rosetail Cupang Berekor Mawar

Sekilas memang mirip dengan cupang halfmoon, benar saja karena rosetail betta merupakan hasil mutasi lanjutan dari halfmoon.

Yang membedakan adalah pada bagian ekornya, dimana halfmoon merupakan cupang yang memiliki ekor berbentuk seperti setengah bulan, membentuk sudut 180 derajat atau lebih.

Sedangkan rosetail cupang yang memiliki ekor yang mirip dengan halfmoon tapi memiliki lebih banyak tulangan ekor yang menyebabkan ekor yang berlipat-lipat nan indah.

Lipatan tidak teratur inilah yang menjadikan betta rose tail ini berbeda dengan cupang halfmoon. Lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti bunga mawar, Sob.

Merawat Rosetail Cupang Ekor Mawar

Merawat jenis cupang yang satu ini mirip dengan perawatan cupang pada umumnya, hanya saja kamu harus lebih hati-hati agar ekor cupang ini tetap terjaga kesehatan dan keindahannya.

Baca Juga :  Cara Menanam Blueberry yang Manis

Wadah Yang Cocok

Kamu perlu menggunakan wadah atau tempat pemeliharaan cupang yang cocok agar ikan ini berkembang dengan baik. Kamu bisa memilih wadah berupa akuarium kecil berukuran 15x15x20 cm atau yang lebih besar agar pergerakan cupang lebih leluasa.

Air yang bagus

Salah satu faktor yang dianggap sepele ya Sob. Kamu bisa menggunakan air bersih yang ada di sekitar tempat tinggal, seperti air sumur atau air dari PDAM. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pastikan kamu sudah menetralkan air tersebut dengan mengendapkannya semalam agar air tersebut bisa mendukung pertumbuhan cupang dan membantu menjaga kesehatan rose tail si cupang ekor mawar.

Antibiotik untuk Cupang

Kamu boleh memberi obat semacam antibiotik untuk ikan cupang agar rose tail betta milikmu terhindar dari serangan kuman. Obat yang mudah dan praktis antara lain sedikit garam ikan, methyline blue, dan endapan daun ketapang.

Jaga asupan makanan cupang rosetail

Menjaga asupan makanan rosetail cupang ekor mawar ini sangat penting ya Sob. Kamu boleh menggunakan pelet, akan tetapi lebih baik kamu memberi ikan cupang tersebut dengan pakan hidup karena lebih alami dan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak.

Jaga kebersihan akuarium

Sobat bisa membersihkan akuarium setiap 3 hari sekali. Atau jika sobat sibuk bisa 1 minggu sekali. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ada kotoran yang terlalu lama mengendap di akuarium tersebut.

Merawat Rosetail Cupang Berekor Mawar

Demikian informasi bagaimana merawat rosetail si cupang ekor mawar yang bisa sobat praktikkan di rumah. Semoga berhasil ya Sob!