Jenis Cupang Halfmoon Rosetail: Simak Cara Merawatnya!

jenis cupang halfmoon rosetail

Jenis Cupang Halfmoon Rosetail: Simak Cara Merawatnya! – Ikan cupang merupakan ikan yang memiliki daya tahan cukup kuat, ia bisa bertahan pada tangki akuarium dengan kondisi air seadanya, tanpa bantuan filter dan aerator. Ikan cupang juga bisa hidup dengan baik tanpa keseimbangan ph atau suhu air.

Namun, Sobat perlu memahami nih, memang ikan cupang mudah dipelihara, tapi bukan berarti kamu merawatnya dengan asal-asalan. Terutama dalam memelihara jenis cupang halfmoon rosetail, memerlukan kedisiplinan dan ketelatenan yang cukup, karena seni memelihara betta fish atau ikan cupang terletak pada keindahan sirip dan ekornya.

Nah kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat jenis cupang halfmoon rosetail agar tetap sehat serta memiliki sirip dan ekor yang cantik.

Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang

Sebelum membahas cara merawat jenis cupang halfmoon rosetail, kamu perlu mengetahui fakta menarik tentang ikan jenis ini.

  • Cupang adalah ikan dengan daya tahan yang mengagumkan
  • Masyarakat Indonesia sudah mengenal jenis ikan cupang sejak tahun 50-an, atau sekitar 70 tahun yang lalu
  • Penggemar cupang Indonesia mulai bereksperimen dengan ikan cupang di tahun 90-an, yaitu dengan cara mengawinsilangkan jenis cupang lilin dengan cupang lainnya. Hasilnya adalah ikan cupang hias yang memiliki ekor dan warna lebih mentereng, dibanding cupang lainnya
  • Kontes ikan cupang menjadi populer di pertengahan tahun 90-an
  • Indonesia dikenal memiliki jenis cupang alam yang paling banyak variasinya. Sampai saat ini ada 40 jenis cupang alam yang sudah terdata.
Baca Juga :  Biodata Dewi Lestari

Cara Merawat Ekor Jenis Cupang Halfmoon Rosetail

Ekor ikan cupang itu cantik. Penuh corak dan warna. Pola antara satu dan yang lain pun tidak pernah sama. Itulah yang membuat mereka begitu unik. Sayangnya, ekor dan sirip ini relatif rapuh. Rentan terhadap berbagai sentuhan. Bisa rusak digerogoti jamur. Bisa robek digigiti ikan lain.

Ekor yang rusak memang bisa tumbuh dan kembali seperti semula. Namun, dalam hal ini, lebih mudah mencegah daripada memperbaiki. Jadi, inilah hal yang harus kamu camkan dan pratikkan agar kesehatan dan kecantikan ekor betta fish terjaga dengan baik.

Jaga kualitas air, ganti tiap beberapa hari sekali

Kualitas air sangat memengaruhi kesehatan ekor untuk jenis cupang apapun termasuk jenis cupang halfmoon rosetail. Jadi, kalau kamu mau ekor dan siripnya tetap cantik, gantilah air setiap beberapa hari sekali. Anggota komunitas penghobi cupang merekomendasikan untuk mengganti airnya setiap dua hari sekali. Kamu bisa mengganti seluruh atau setengah air yang ada. Namun, kalau kamu mau mengganti seluruh airnya. Air yang baru harus kamu endapkan selama paling sedikit tiga jam.

Tambahkan daun ketapang

Daun ketapang adalah antibiotik alami bagi cupang. Ia bisa menyembuhkan berbagaim macam luka atau ekor yang robek. Penambahan daun ketapang juga akan memberikan ph air yang optimal. Jadi, berikanlah daun ketapang kering supaya mereka sehat. Kamu bisa membelinya di toko ikan hias, di komunitas penghobi betta fish, atau di marketplace.

Berikan Garam pada air

Garam untuk ikan hias berbeda dengan garam dapur ya Sob. Garam khusus ini berfungsi sebagai penyeimbang osmosis dalam tubuh ikan cupang. Ini bisa membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh mereka.

Baca Juga :  Jawaban Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Jangan beri terlalu banyak garam ya. Dosis normalnya itu 0,1% dari air. Atau 10 gram per 1 liter air. Plus, kalau untuk sekadar memperbagus sirip, sedikit saja cukup kok. Dosis garam ikan hias ini cukup tinggi. Jangan sampai menambahkan terlalu banyak. Ingat, kamu pelihara ikan hias jenis cupang halfmoon rosetail, bukan ikan teri.

Berikan makanan cupang yang bergizi

Bukan cuma manusia yang butuh makanan bergizi. Ikan dengan harga puluhan sampai ratusan ribu ini juga butuh gizi dan nutrisi. Dalam hal pakan, sebagus-bagusnya pelet, tak akan pernah lebih bagus daripada pakan hidup. Jentik nyamuk, kutu air, dan cacing sutra masih menjadi pilihan ideal untuk cupang.

Pindahkan cupang dengan halus

Hentikan kebiasaan memindahkan cupang dengan tangan. Ingat, ekornya sangat halus dan rapuh. Sentuhan yang halus saja bisa merusaknya. Apalagi yang kasar. Kalau kamu mau memindahkannya dari satu wadah ke wadah lainnya, coba tuangkan bersama airnya sekaligus. Dengan begitu, kamu bisa menghindari bersentuhan dengan ekornya yang cantik. Percuma dong kalau pelihara jenis cupang halfmoon rosetail tapi ekornya rusak?

Jika Ekor Jenis Cupang Halfmoon Rosetail Sudah Terlanjur Rusak, Apa yang harus dilakukan?

Walaupun kamu sudah menaati seluruh kaidah di atas, kadang ada saja hal tak terduga. Tiba-tiba saja ekornya rusak atau bahkan sobek. Kalau itu terjadi, kamu nggak usah panik. Ekor mereka bisa tumbuh lagi kok. Namun, tidak persis seperti sedia kala. Corak dan kecerahan warnanya kadang berubah saat tumbuh.

Apa saja yang harus kamu lakukan ketika ekor ikan cupang rusak? Nih beberapa tips dan kiatnya:

Berikan metil biru jika ekor patah

Ekor ikan jenis cupang halfmoon rosetail ini bisa pulih dalam 1-2 minggu. Tergantung seberapa parah kerusakannya. Namun, jika tulang siripnya patah, masa pemulihannya bisa jauh lebih panjang. Sampai berbulan-bulan. Untuk membantu dan mempercepat prosesnya, kamu bisa menambahkan metil biru pada airnya.

Baca Juga :  Cara Merawat Euphorbia Agar Berbunga Lebat

Jika ekornya rusak karena ikan sakit, berikan obat

Ekor cupang juga bisa rusak kalau ikannya sakit. Dalam situasi ini, kamu bisa memberikan larutan khusus. Pertama, siapkan setengah liter air. Lalu, tambahkan dua sendok garam ikan hias. Lalu, beri bliz id atau metil buru sebanyak lima tetes. Tambahkan 1 gram pomate dan 5 kapsul tetra clor. Aduk semua hingga rata di dalam air, lalu masukkan si cupang yang sakit ke dalamnya.

Merawat Jenis Cupang Halfmoon Rosetail: Kesimpulan

Merawat jenis cupang halfmoon rosetail sebenarnya termasuk mudah, hanya saja seperti yang tertulis di atas, membutuhkan kedisiplinan dan ketelatenan yang cukup. Ya sobat bisa mencoba sendiri dan berlatih untuk tetap bisa disiplin dalam merawat ikan cupang milik sobat. Bisa juga sobat saling sharing dengan sesama penghobi cupang di sekitar, agar ikan cupang terutama jenis cupang halfmoon rosetail yang sobat miliki tetap sehat dan memiliki ekor yang indah.

Semoga bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski