Tips Membakar Sate Kambing Empuk dan Harum

membakar sate kambing

Tips Membakar Sate Kambing Empuk dan Harum – Sobat Waca Berita, pada tiap momen Hari Raya Idul Adha, Sate kambing adalah salah satu hidangan yang paling banyak digemari. Pembuatannya mudah, mengasyikkan dan rasanya sangat lezat.

Berbeda dengan daging sapi, daging kambing dikenal alot dan bau prengus, sehingga memasak sate kambing harus dengan teknik yang benar.

Cara Membakar Sate Kambing Agar Empuk dan Harum

Berikut tips membakar sate kambing agar empuk dan harum lengkap dengan apa saja bumbu yang digunakan. Simak baik-baik ya Sob!

Iris daging tidak terlalu tebal

Mengiris daging kambing untuk sate disarankan untuk tidak terlalu tebal, namun juga jangan terlalu tipis agar tidak gosong saat dibakar.

Daging kambing sebaiknya dibersihkan dari lemak-lemak yang menyelimutinya. Setelah itu dipotong berlawanan arah dengan serat agar mudah terurai.

Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dikenal mampu membuat daging menjadi empuk termasuk daging kambing. Caranya, daging yang telah dipotong dibungkus dengan daun pepaya dan diamkan selama 30 menit.

Rendam dengan air kelapa

Selain dengan daun pepaya, mengempukkan daging kambing juga bisa menggunakan air kelapa. Selain membuat sate kambing tidak alot, merendam dengan air kelapa juga dapat menghilangkan bau prengus khas.

Marinasi dengan bumbu sate

Teknik marinasi dinilai sangat penting dalam membuat sate kambing menjadi empuk dan tidak bau prengus. Selain itu, bumbu juga akan lebih meresap ke dalam daging.

Baca Juga :  Biodata Siti Hartinah, Istri Presiden Kedua Indonesia

Berikut bumbu sate kambing yang cocok untuk teknik marinasi.

  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt ketumbar halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air perasan jeruk nipis secukupnya
  • Campur bumbu-bumbu di atas dengan daging dan diamkan dalam wadah selama 30 menit hingga 1 jam.

Tambahkan lemak pada tusukan sate

Lemak adalah bahan pelengkap sate kambing yang dapat menambah cita rasa sedap. Selain itu, tekstur lemak yang empuk dan kenyal juga akan membuat sate kambing menjadi tidak terlalu alot.

Bakar dengan api kecil

Pastikan menjaga api agar tidak terlalu besar. Api yang besar akan membuat daging cepat gosong namun area dalam dipastikan masih mentah.

Seringkali itulah penyebab sate kambing alot dan tidak matang. Bakar sate dengan api kecil dan rajin-rajin membolak-balikkannya

Membakar Sate Kambing

Itulah sedikit ulasan tips membakar sate kambing agar empuk dan harum. Semoga bermanfaat dan semoga Sobat bisa berhasil membuat sate yang lezat dan harum.

Selamat Hari Raya Idul Adha, jangan lupa banyak bertakbir dan banyak berdoa. Jadikan Hari Raya Idul Adha ini sebagai momen bersedekah sebesar dan seikhlas-ikhlasnya. Sobat juga dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan memasang bingkai foto dari twibbic.net. Kesulitan atau nggak punya waktu? Silakan gunakan jasa pembuatan desain bingkai foto untuk pribadi, grup atau kantor di https://jasa.twibbic.net. Selamat mencoba!

sumber artikel: kompas.com

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi