Biodata Mahbub ul Haq, Pendiri Human Development

Biodata Mahbub ul Haq, Pendiri Human Development

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Mahbub ul Haq seorang pendiri human development. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri human development, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Mahbub ul Haq :

  • Lahir : 24 Februari 1934 Jammu, Jammu dan Kashmir, India Kerajaan Inggris
  • Meninggal : 16 Juli 1998 (umur 64) New York, Amerika Serikat
  • Kebangsaan : Pakistan
  • Lembaga : Komisi Perencanaan ; Kementerian Keuangan ; Program Pembangunan PBB ; Bank Dunia ; University of Karachi ; Divisi Statistik
  • Bidang : Ekonomi ( Mikro )
  • Sekolah : Ekonomi heterodoks dan Teori Permainan
  • Alma mater : Universitas Punjab (BA) ; Kings College di Cambridge (BA) ; Yale University (Ph.D.)
  • Kontribusi : Teori permainan ; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ; Laporan Pembangunan Manusia (HDR) ; Filosofi Pembangunan Manusia

 

Dr. Mahbub ul Haq adalah seorang Pakistani game theorist, ekonom dan profesor ekonomi mikro di University of Karachi, Menteri Keuangan Pakistan ke- 13 yang menjabat dari 10 April 1985 sampai 28 Januari 1988.

Mahbub terlibat dalam teori pembangunan manusia (HDP), dan pendiri Human Development Report (HDR). Menurut buku Haq tahun 1996 Refleksi Pembangunan Manusia membuka jalan baru untuk proposal kebijakan untuk paradigma pembangunan manusia, seperti 20:20 Global Compact dan pembentukan Dewan Keamanan PBB Ekonomi yang menjadi inspirasi bagi pembentukan Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Mahbub menjabat sebagai kepala ekonom dari Komisi Perencanaan selama 1960-an, dan thr direktur Bank Dunia Departemen Perencanaan Kebijakan pada 1970-an. Dia dikenal sebagai “juru bicara paling mengartikulasikan dan persuasif untuk negara berkembang”.

Baca Juga :  Biodata Jean Charles Galissard de Marignac Penemu Ytterbium dan Gadolinium

Biografi

Mahbub ul Haq lahir pada tanggal 24 Februari 1934. Di usia remaja ia melihat kekerasan agama yang terkait dengan independensi dari Pakistan dan India pada bulan Agustus 1947. Mahbub dan keluarganya salah satu yang lolos dari pembunuhan oleh Sikh di salah satu kereta menuju Pakistan.

Sifat dari kekerasan agama meninggalkan kesan abadi pada Mahbub. Setelah mencapai Lahore, Mahbub diberi perumahan yang disponsori pemerintah dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan. Pada tahun 1954, ia diterapkan dan diterima di Universitas Punjab di mana ia terdaftar di departemen ilmu-ilmu sosial.

Pada tahun 1958 Mahbub mendapatkan BS di bidang Ekonomi dan beasiswa yang diterima untuk melanjutkan studinya di Inggris. Mahbub melanjutkan studi di Cambridge University dan meraih gelar BA lain dalam disiplin yang sama.

Di Cambridge, Mahbub memperoleh gelar BA bersama Amartya Sen yang menjadi sahabatnya seumur hidup. Setelah memperbarui beasiswa, Mahbub pergi ke Amerika Serikat untuk studi doktornya, Sistem ekonomi Amerika nantinya akan mempengaruhi dia untuk advokasi panjang bagi kapitalisme.

Mahbub masuk dalam program doktor dari Universitas Yale dan memperoleh PhD di bidang Ekonomi dari Yale, yang diikuti oleh kerja pasca-doktoral di Harvard University. Setelah menyelesaikan studi pasca-doktoral, Mahbub kembali ke negaranya untuk bergabung dengan layanan pemerintah.

Kerja pemerintah

Setelah kembali ke Pakistan, Mahbub bergabung dengan Komisi Perencanaan. Saat masih berusia 20-an ia menjadi kepala ekonom Komisi Perencanaan. Mahbub mempertahankan hubungan dengan Departemen Keuangan dan terus melayani sebagai penasehat ekonom pemerintah Pakistan.

Pada tahun 1960-an ia memberikan pidato di seluruh negeri. Mahbub mendukung kebijakan Presiden Ayub Khan. Mahbub menganjurkan kapitalisme sebagai basis ekonomi nasional dan membantu membimbing pemerintah untuk menerapkan prinsip-prinsip pasar bebas untuk meningkatkan perekonomian.

Baca Juga :  Biodata Joe Hin Tjio Penemu 23 Pasang Kromosom Manusia

Dalam konferensi pers publik pada tahun 1965, Mahbub menuduh bahwa “22 kelompok keluarga industri telah datang untuk mendominasi siklus hidup ekonomi dan keuangan dari Pakistan dan mereka menguasai sekitar dua pertiga dari aset industri, 80% dari perbankan dan 79% dari aset asuransi dalam domain industri.”

Perkembangan ekonomi yang cepat membuat tim Mahbub meragukan kelangsungan hidup jangka panjang dari pola seperti pertumbuhan. Sementara masyarakat internasional memuji Pakistan sebagai model pembangunan, Mahbub memiliki kekhawatiran dan menimbulkan pertanyaan bahwa semua itu tidak baik dengan manfaat distribusi dari pertumbuhan.

Dia datang sebagai kejutan untuk Mahbub bahwa oligarki yang kuat dari 22 keluarga memiliki kendali perekonomian nasional dan sektor swasta. Sementara mendukung menambahkan perpajakan keluarga berkuasa kuat, Mahbub meninggalkan negara itu pada tahun 1971, tepat sebelum perang 1971 yang memisahkan Pakistan Timur dari Bangladesh.

Karir Profesional 

Mahbub ul Haq juga menjabat sebagai Direksi Perencanaan Kebijakan Bank Dunia (1970-1982) dan menuju Kementerian Keuangan Pakistan sebagai menteri keuangan dan perencanaan (1982-1988).

Pada tahun 1989, Mahbub diangkat sebagai Penasihat Khusus kepada UNDP Administrator, di mana dia memimpin tim ilmuwan internasional untuk menghasilkan Laporan Pembangunan Manusia pertama.

Selama masa jabatannya di Bank Dunia, Mahbub mempengaruhi pengembangan  filsafat Bank dan kebijakan pinjaman, kemudian lebih banyak perhatian terhadap pengentasan kemiskinan dan program peningkatan alokasi untuk produksi pertanian kecil, gizi, pendidikan, air bersih dan sektor sosial lainnya.

Mahbub menulis sebuah penelitian yang berfungsi sebagai prekursor untuk kebutuhan dasar dan pembangunan pendekatan manusia tahun 1980-an.

Mahbub menjabat sebagai Menteri Keuangan, Perencanaan dan Perdagangan Pakistan (1982-1988), Mahbub dikreditkan dengan reformasi signifikan pajak, deregulasi ekonomi, peningkatan penekanan pada pembangunan manusia dan beberapa inisiatif untuk pengentasan kemiskinan.

Baca Juga :  Biodata Demokritos, Bapak Teori Atom

Menurut Parvez Hasan di bawah arahan Mahbub itu, Komisi Perencanaan sekali lagi menjadi tempat hidup dan mulai memberikan pengaruh yang kuat pada isu-isu sektor sosial, termasuk pendidikan dan keluarga berencana, banyak diabaikan dalam awal tahun sebagai Menteri Keuangan.

Dalam kapasitasnya sebagai Penasehat Khusus untuk Administrator UNDP, Mahbub memprakarsai konsep Pembangunan Manusia dan Human Development Report sebagai Direktur Proyek nya.

Mahbub mengumpulkan Paul Streeten , Inge Kaul , Frances Stewart, Amartya Sen dan Richard Jolly untuk mempersiapkan Laporan Pembangunan Manusia tahunan.

Pada tahun 1996, Mahbub mendirikan Pusat Pengembangan Manusia di Islamabad , sebuah lembaga penelitian kebijakan yang berkomitmen untuk mengorganisir penelitian profesional, kajian kebijakan dan seminar di bidang pembangunan manusia, dengan fokus khusus pada wilayah Asia Selatan.

Mahbub merancang Indeks Pembangunan Manusia, yang telah menjadi salah satu indeks yang paling berpengaruh dan banyak digunakan untuk mengukur pembangunan manusia di seluruh negara. IPM telah digunakan sejak tahun 1990 oleh United Nations Development Programme untuk Laporan Pembangunan Manusia tahunan.

Mahbub juga memberikan rencana 5 tahun ke Korea Selatan yang membantu Korea Selatan untuk maju pesat.

Kematian

Mahbub ul Haq meninggal pada tanggal 16 Juli 1998 di New York, meninggalkan istrinya Khadijah Haq, putra dan putri Farhan Toneema.

Penutup

Itulah biodata Mahbub ul Haq seorang pendiri human development. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski