Biodata Walther Nernst, Penggagas Hukum Ketiga Termodinamika

Biodata Walther Nernst, Penggagas Hukum Ketiga Termodinamika

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Walther Nernst seorang penggagas hukum ketiga termodinamika. Penasaran ingin tahu tentang seorang penggagas hukum ketiga termodinamika, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Walther Nernst :

  • Lahir : 25 Juni 1864 Briesen, Prusia Barat
  • Meninggal : 18 November 1941 (umur 77) Zibelle, Lusatia, Jerman
  • Kebangsaan : Jerman
  • Bidang : Fisika
  • Lembaga : University of Göttingen, University of Berlin, University of Leipzig
  • Almamater : Universitas Zürich, University of Berlin, University of Graz, Universitas Würzburg
  • Dikenal sebagai : Hukum Ketiga Termodinamika, Lampu Nernst, Persamaan Nernst, the Nernst glower, Efek Nernst, Nernst teorema panas, Potensi Nernst, Persamaan Nernst-Planck
  • Penghargaan : Hadiah Nobel dalam bidang kimia (1920), Franklin Medal (1928)

 

Walther Hermann Nernst adalah seorang fisikawan berkebangsaan Jerman yang dikenal karena teori di balik perhitungan afinitas kimia sebagaimana yang termaktub dalam hukum ketiga termodinamika, dari situlah ia memenangkan Nobel Prize dalam kimia tahun 1920.

Nernst membantu mendirikan bidang kimia fisik modern dan memberikan kontribusi untuk elektrokimia, termodinamika dan solid state physics. Nernst juga dikenal dalam mengembangkan persamaan Nernst.

Kehidupan awal

Walther Nernst lahir pada tanggal 25 Juni 1864 di Briesen di Prusia Barat (sekarang Wabrzezno, Polandia) Nernst adalah anak dari pasangan Gustav Nernst (1827-1888) dan Ottilie Nerger (1833-1876).

Ayahnya adalah seorang hakim negara. Nernst mempunyai tiga kakak perempuan dan satu adik laki-laki. Adik ketiga meninggal karena kolera. Nernst mendapat pendidikan sekolah dasar di Graudenz. Dia belajar fisika dan matematika di Universitas Zürich, Berlin, Graz dan Würzburg, di mana ia menerima gelar doktor tahun 1887.

Baca Juga :  Biodata Gideon Sundback Penemu Resleting

Pada tahun 1889, Nernst menyelesaikan habilitasi nya di Universitas Leipzig. Nernst adalah ahli mekanis yang berpikiran bahwa dia selalu memikirkan cara untuk menerapkan penemuan-penemuan baru untuk industri.

Selain itu Nernst memiliki hobi berburu dan memancing. Setelah beberapa pekerjaan di Leipzig , ia mendirikan Institut Kimia Fisika dan Elektrokimia di Göttingen.

Penemuan lampu filamen Keramik

Pada tahun 1897 Nernst menemukan sebuah lampu listrik menggunakan batang keramik pijar. Penemuan, yang dikenal sebagai lampu Nernst, adalah penerus lampu karbon dari Edison dan prekursor ke tungsten lampu pijar dari muridnya Irving Langmuir.

Nernst Lampu

Perangkat lainnya, yakni radiator solid-body dengan filamen dari tanah jarang oksida, yang kemudian akan dikenal sebagai the Nernst glower, adalah hal penting dalam bidang spektroskopi inframerah. The Nernst glower beroperasi terbaik pada panjang gelombang 2-14 mikrometer.

Hukum Ketiga Termodinamika 

Nernst meneliti tekanan osmotik dan elektrokimia. Pada tahun 1905, ia mendirikan apa yang disebut sebagai “Teorema Panas baru”, kemudian dikenal sebagai hukum ketiga termodinamika (yang menggambarkan perilaku materi karena suhu mendekati nol mutlak).

Ini adalah pekerjaan yang membuatnya dikenang, karena menyediakan sarana untuk menentukan energi bebas (dan titik ekuilibrium karena itu) dari reaksi kimia dari pengukuran panas. Theodore Richards mengklaim Nernst telah mencuri ide dari dia, tapi Nernst hampir secara universal dikreditkan dengan penemuan tersebut.

Hukum ketiga Termodinamika
Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.

Pada tahun 1911, dengan Max Planck, Nernst  adalah penyelenggara utama pertama Solvay Conference di Brussels. Pada tahun 1912, Pelukis impresionis, Max Liebermann menggambar potretnya.

Baca Juga :  Biodata Johann Schweigger Penemu Galvanometer Pertamakali

Kimia Nuklir 

Pada tahun 1918, setelah mempelajari Fotokimia , Nernst mengusulkan teori reaksi berantai atom. Teori reaksi berantai atom menyatakan bahwa ketika reaksi atom bebas terbentuk dan dapat terurai molekul menjadi atom lebih bebas yang menghasilkan reaksi berantai. Teorinya berkaitan erat dengan proses alami Fisi Nuklir.

Pada tahun 1920, Nernst menerima Hadiah Nobel dalam bidang kimia sebagai pengakuan atas karyanya dalam kimia panas. Pada tahun 1924, Nernst menjadi direktur Institut Kimia Fisika di Berlin. Pada tahun 1933 Nernst melanjutkan bekerja di electroacoustics dan astrofisika.

Kehidupan pribadi

Walther Nernst menikah dengan Emma Lohmeyer pada tahun 1892, dari pernikahan tersebut ia memiliki dua putra dan tiga putri. Kedua anak Walther meninggal dalam pertempuran di Perang Dunia I.

Nernst adalah rekan dari Svante Arrhenius, dan menyarankan membakar lapisan batubara yang tidak digunakan untuk meningkatkan suhu global. Nernst adalah seorang kritikus vokal dari Adolf Hitler dan Nazisme, dan tiga anak perempuannya menikahi laki-laki Yahudi.

Kematian

Pada tahun 1933, saat bangkitnya Nazisme menyebabkan akhir karir Nernst sebagai seorang ilmuwan. Walther Nernst meninggal pada tanggal 18 November 1941 saat berumur 77 tahun di  Zibelle, Lusatia, Jerman dan dimakamkan di dekat Max Planck, Otto Hahn dan Max von Laue di Göttingen, di Jerman.

Penutup

Itulah biodata Walther Nernst seorang penggagas hukum ketiga termodinamika. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski