aneka jenis produk budidaya tanaman hias
aneka jenis produk budidaya tanaman hias

Cari Tahu Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias

Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias – Sobat, menanam tanaman hias untuk mempercantik halaman atau ruangan akan memberikan berbagai keuntungan dari segi keindahan dan kesehatan.

Jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias pun sangat beragam, mulai dari tanaman berbunga, semak, pohon dan sebagainya. Nah, kali ini Waca Berita akan memberikan informasi tentang aneka jenis produk budidaya tanaman hias.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman hias adalah semua jenis tanaman yang sengaja ditanam untuk tujuan dekoratif atau sebagai hiasan. Tanaman hias yang dimaksud bisa ditanam di luar ruangan seperti taman atau halaman rumah menggunakan pot. Sobat juga bisa menanam tanaman hias di dalam rumah agar suasana di dalam tempat tinggal menjadi menyegarkan.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa tanaman hias itu identik dengan tanaman berbunga. Padahal bagian lain dari tanaman juga bisa menentukan apakah sebuah tanaman termasuk kategori tanaman hias atau bukan. Mengapa demikian? Tentu saja karena keindahan tanaman bukan hanya diperoleh dari bunganya. Bisa kita peroleh keindahan tanaman pada daun, tangkai, batang atau bahkan kulit tanaman tersebut.

Karakteristik lain tanaman hias adalah aroma dan warna yang ditampilkan. Sebagai contoh ada tanaman yang tidak berbunga tapi kayunya mengeluarkan wangi yang khas. Karena sifat ini, maka tanaman tersebut bisa diletakkan di dalam rumah dan masuk kelompok tanaman hias.

Budidaya Aneka Tanaman Hias

Suatu tanaman dikategorikan sebagai tanaman hias jika memenuhi beberapa syarat tertentu. Salah satunya adalah jika ada tanaman yang bukan termasuk kategori tanaman hias (pada umumnya) dirawat oleh seorang ahli taman, lalu dibentuk sedemikian rupa oleh ahli taman tersebut, maka tanaman tersebut bisa dikategorikan menjadi tanaman hias.

Baca Juga :  Bunga Yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Sebagai contoh tanaman yang dibentuk dengan cara dipangkas atau topiari, seperti pada tanaman semak yang dibentuk menjadi seperti binatang, tokoh atau bentuk indah lainnya.

Semak yang telah dibentuk indah secara sengaja tersebut dapat dikategorikan menjadi tanaman hias. Akan tetapi sebaliknya, tanaman semak yang dibiarkan tumbuh liar dan tidak berbentuk indah, maka tidak bisa dikategorikan sebagai tanaman hias.

Budidaya tanaman hias berbeda dengan tanaman pertanian dan tanaman buah. Begitu pula metode perawatannya sangat berbeda agar menghasilkan kualitas tanaman yang baik.

Tanaman hias dibudidayakan untuk tujuan keindahan penampilannya, bukan untuk diambil bagian-bagian tanamannya guna keperluan lain, seperti untuk bahan makanan, obat-obatan atau kecantikan. Sehingga unsur utama dari budidaya tanaman hias adalah kualitas penampilan tanaman tersebut ya Sob.

Begitu pula pada tanaman bunga, tidak semua bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Jenis bunga mekar pada musim tertentu saja tidak bisa dibudidayakan menjadi tanaman hias.

Selain unsur keindahan penampilan, ada juga tanaman hias dibudidayakan juga karena aroma atau wanginya.

Ada pula tanaman hias yang dibudidayakan karena memiliki warna daun yang mencolok, cantik dan indah.

Pertimbangan lain adalah jika ada tanaman yang evergreen alias tumbuhan hijau sepanjang tahun, maka bisa dipilih untuk dibudidayakan menjadi tanaman hias.

Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias bisa dikatakan indah dengan dilihat dari bunga, daun, bentuk keseluruhan tanaman dan aroma wangi yang dihasilkan. Berikut ini aneka jenis produk budidaya tanaman hias antara lain:

Bunga Hias

Jenis tanaman bunga adalah yang paling banyak diminati karena keindahannya. Bunga tumbuh berwarna-warni serta memiliki wangi bunga alami yang memberi efek menenangkan dan menyenangkan.

Baca Juga :  Perbedaan Benih dan Bibit Dalam Budidaya Tanaman

Contoh bunga yang dibudidayakan sebagai tanaman hias adalah:

  • Bunga Anggrek, memiliki banyak spesies dan kultivar yang beragam. Bunga anggrek digemari oleh pecinta tanaman di Indonesia. Anggrek yang populer di kalangan pecinta tanaman antara lain anggrek hitam, anggrek bulan, kasut uis, sendok, kerlip, dan yang lainnya.
  • Kembang Sepatu, bunga yang memiliki beragam warna menarik ini banyak ditanam di pekarangan rumah dan menjadi favorit karena perawatannya mudah.
  • Bougenville, jenis bunga yang populer di Indonesia. Memiliki beraneka macam warna dan mudah dalam perawatannya.

Pohon Cemara

Pohon Cemara dikategorikan sebagai tanaman hias karena bentuk tanamannya yang cantik dan beraneka ragam. Selain ditanam di pekarangan rumah, cemara bisa dijadikan bonsai dan bisa menghiasi bagian dalam rumah Sobat.

Aneka jenis produk budidaya tanaman hias pohoncemara yang terkenal antara lain cemara inoki, cemara angin dengan daunnya yang tipis, serta cemara perak yang daunnya memancarkan warna keperakan.

Aneka Kaktus hias

Kaktus adalah salah satu alternaif tanaman hias yang banyak penggemarnya. Bentuk yang variatif sangat menarik untuk dikoleksi.

Jenis kaktus yang banyak dibudidayakan antara lain:

  • Careus Tetragonus yang berbentuk menumpuk seperti kastil.
  • Kaktus Parodia yang memiliki bunga di atasnya.
  • Kaktus Ariocarpus yang memiliki sedikit duri dan menyerupai prisma, sangat cocok ditaman di dalam rumah.

Pohon Palem hias

Palem juga kerap ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Bentuk pohonnya yang menyerupai pohon kelapa tapi berukuran lebih kecil. Memiliki beragam jenis dengan nilai jual yang tinggi.

Beberapa jenis palem yang banyak penggemarnya antara lain:

  • Palem Botol yang berasal dari Mauritius, memiliki bentuk unik seperti botol
  • Palem Raja atau disebut juga Royal Palm banyak ditemukan di pulau Jawa sebagai penghias sepanjang jalan.
  • Palem Merah adalah palem berasal dari Thailand yang unik. Batang dan tangkai daunnya berwarna merah menyala, kontras dengan daunnya yang hijau.
Baca Juga :  Biodata Ja’far bin Muhammad Abu Ma’shar al-Balkhi

Merawat Aneka Tanaman Hias

Secara umum perawatan tanaman hias menyesuaikan dengan jenis tanaman yang Sobat budidayakan. Sesuaikan media tanam, intensitas cahaya, kapan waktu penyiraman dan pemupukan, serta Sobat juga harus perhatikan bagaimana pencegahan terhadap hama yang dapat merusak tanaman hias.

Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias : Penutup

Bagaimana Sobat, setelah membaca informasi tentang Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias, sudah punya rencana mau membudidayakan tanaman hias yang mana? Semoga tulisan ini bermanfaat.