Membuat Hutan Mini di Rumah, Asri dan Mudah

Membuat Hutan Mini di Rumah, Asri dan Mudah – Sobat Waca Berita, selama ini hutan sering diidentikan dengan suasana alami yang segar dan menyehatkan karena keberadaan oksigen yang melimpah di dalamnya. Hutan terbentuk dari berbagai tanaman yang tumbuh secara alami. Hutan biasanya berada di pinggiran kota atau pelosok desa, dimana untuk mencapai kesana Kamu harus memerlukan waktu dan tidak bisa setiap hari ya.

Nah, apakah mungkin kalau kita dekatkan hutan itu ke rumah kita sendiri? Ya, sangat mungkin, karena sebenarnya kita bisa membuat hutan di rumah kita sendiri. Konsep yang dibangun adalah membuat hutan mini di pekarangan rumah. Tidak terlalu jauh dengan pembuatan taman, akan tetapi memerlukan beberapa sentuhan agar tampilan serta nuansa yang diciptakan lebih terasa “hutan”nya.

Sobat, kali ini Waca Berita akan memberikan informasi singkat mengenai bagaimana cara membuat hutan mini di pekarangan tempat tinggal. Selamat menyimak ya!

Lahan Hutan Mini di Rumah

Pembuatan hutan mini di pekarangan rumah memerlukan lahan yang lebih luas daripada lahan untuk membuat taman pada umumnya. Terang saja, tanaman yang akan Sobat letakkan di areal hutan juga berukuran lebih besar dan jenisnya berbeda dengan tanaman pada taman di sekitar rumah. Untuk lahan yang cukup luas, Kamu bisa menempatkan tanaman dengan berbagai ukuran, mulai dari yang besar, sedang hingga kecil agar proporsinya seimbang.

Namun jika kamu memiliki lahan terbatas, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa kok membuat hutan kecil, dengan susunan tanaman yang dipilih adalah tanaman yang berukuran sedang dan kecil saja agar bisa lebih optimal dalam penggunaan lahan pada hutan di rumah Sobat.

Baca Juga :  Biodata Harun bin Said alias Thohir, Pahlawan Nasional

Berapa Anggaran yang diperlukan?

Dilansir dari beberapa media, anggaran yang diperlukan untuk membuat hutan kecil di pekarangan rumah tergantung pada konsep dan ukuran lahan yang akan dipakai membuat hutan yang minimalis.

Contoh ada yang menyebutkan hutan mini bisa dibuat pada lahan berukuran 4 meter persegi hingga 500 meter persegi. Untuk ukuran lahan sempit membutuhkan tanaman yang berukuran sedang dan kecil, kisaran anggaran yang diperlukan adalah Rp 5 jutaan. Sedangkan untuk konsep hutan mini pada lahan yang luas bisa mencapai Rp 50 juta sudah termasuk jasa ahli pembuat taman.

Tanaman Apa Saja yang ditanam?

Jika kamu berencana membuat hutan kecil di pekarangan rumah, kamu bisa mulai mengukur tempat yang tersedia. Jika sudah mengetahui berapa ukuran lahan yang akan digunakan sebagai hutan mini, kamu bisa mulai memilih kira-kira tanaman apa saja yang akan ditanam. Kalau ternyata lahan yang dipakai termasuk kategori sempit, maka kamu harus memilih tanaman yang berukuran sedang dan kecil saja ya, Sob.

Pastikan tanaman yang akan kamu tanam itu merupakan jenis tanaman berkayu dan berdaun lebat, sehingga suasana hutan yang sesungguhnya akan terasa nyata. Ingat, tanaman yang kamu tanam pada hutan mini tidak disarankan ditanam di dalam pot, melainkan langsung ke dalam tanah.

Jenis tanaman yang menguatkan unsur hutan adalah tanduk rusa dan paku-pakuan. Kedua tanaman ini mudah ditemui pada hutan tropis di Indonesia pada khususnya.

Sebagai pelengkap, kamu bisa menanam satu atau dua pohon palem ekor tupai, letakkan tanaman paku di sekitar akar pohon. Bersihkan batang pohon palem sebagai tempat bertumbuhnya tanduk rusa.

Semprotkan pupuk cair pada tanaman yang kamu rawat di hutan mini di rumah ya sob. Agar tanaman tumbuh subur dan lebat, sehingga nuansa hutan menjadi lebih terasa nyata.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Keragaman Agama di Indonesia

Tambahkan Bebatuan dan Aksesoris Lain

Kamu bisa menambahkan bebatuan untuk mempercantik hutan mini di rumah. Bebatuan tersebut bisa kamu susun menjadi semacam batu pijakan, atau disusun sedemikian rupa menjadi jalan setapak dengan pola melengkung.

Jika masih ada ruang kosong, kamu bisa menambahkan kursi santai lengkap dengan meja kecil di sudut hutan. Oya, penggunaan lampu taman juga diperlukan agar penampilan hutan mini semakin memikat di malam hari.

Membuat Hutan Mini di Rumah, Asri dan Mudah

Akhirya, kamu bisa menikmati suasana hutan di sekitar tempat tinggal, walau hanya sebatas hutan mini di rumah, tapi paling tidak, manfaat dari alam yang segar dan asri membawa kesejukan di tengah keluarga.

Demikian informasi tentang bagaimana membuat hutan mini di rumah, selamat mempraktikkan dan semoga bermanfaat!