Bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin, Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 SD MI

Bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin

wacaberita.com – Hai adik adik kelas 4 SD MI. Kali ini kita akan bahas kunci jawaban buku siswa kelas 4 tema 9 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 125. Mari kita simak bersama penjelasan berikut terkait Bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin.

Pada kesempatan ini kita bahas tentang bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin yang terdapat pada buku siswa.

Berikut ini adalah beberapa tema yang dapat adik adik pilih, yang terdapat pada buku siswa kelas 4.

  1. Energi alternatif sinar matahari.
  2. Energi alternatif air.
  3. Energi alternatif angin

Agar mudah dalam penulisan, kalian dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban ini untuk membantu siswa kelas 4 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 subtema 3 tentang pelestarian kekayaan  sumber daya alam di Indonesia.

Lebih baik anak anak siswa kelas 4 mencoba menjawab terlebih dahulu dengan meminta bantuan  orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu dan membandingkan hasil pekerjaan adik adik siswa kelas 4 SD MI.

Bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin

1.Contoh bacaan energi alternatif sinar Matahari.

Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi, khususnya minyak bumi. Pemanfaatannya tidak menimbulkan polusi yang dapat merusak lingkungan.

Cahaya atau sinar matahari dapat juga bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi tenaga surya.

Baca Juga :  Karakteristik Pakaian Adat Daerah Masyarakat Indonesia

Salah satu keunggulan dalam pengolahan listrik tenaga surya yaitu bersifat ramah lingkungan. Karena proses pengolahannya tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu udara maupun ekosistem dan kehidupan.

2. Contoh bacaan mengenai energi alternatif Air.

Energi air merupakan satu dari lima sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik Tenaga air tanpa meninggalkan gas sisa yang berbahaya.

Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga tanpa henti, selama adanya siklus hidrologi dalam alam ini.

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari tenaga aliran air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin. Selanjutnya energi itu diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

3. Contoh bacaan mengenai energi alternatif Gas

Energi alternatif angin dihasilkan dari hembusan angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi suatu energi yang besar. Biasanya energi ini dihasilkan dengan menggunakan kincir angin.

Cara kerja kincir angin ini memang sering kali terlihat gerakan lambat. Meskipun begitu kincir angin ini mampu menghasilkan energi yang sangat besar.

Energi angin tersebut bisa digunakan sebagai energi listrik setelah dikombinasikan dengan generator. Energi listrik ini bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari manusia.

Energi dengan kekuatan angin ini lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lain, karena sama sekali tidak menimbulkan limbah atau pencemaran yang dapat mreugikan bagi diri sendiri maupun orang banyak.

Angin merupakan salah satu energi yang tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif.

Demikian pembahasan terkait bacaan mengenai penggunaan energi alternatif matahari, air dan angin. Kunci jawaban ini dibuat untuk referensi bagi orang tua dalam membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Baca Juga :  Cara Membungkus Jambu Air Agar Tidak Busuk

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya.

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski