Biodata Grace Murray Hopper, Pencetus Ide Bahasa Pemrograman Komputer

Biodata Grace Murray Hopper, Pencetus Ide Bahasa Pemrograman Komputer

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Grace Murray Hopper seorang pencetus ide bahasa pemrograman komputer. Penasaran ingin tahu tentang seorang pencetus ide bahasa pemrograman komputer, simak penjelasannya berikut ini.

Grace Murray Hopper adalah seorang ilmuwan komputer asal Amerika dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebagai Seorang pelopor di lapangan, Dia adalah salah satu programmer pertama dari Harvard komputer Mark I, dan mengembangkan compiler pertama untuk bahasa pemrograman komputer.

Hopper mengkonseptualisasikan ide mesin bahasa pemrograman – independen, yang menyebabkan perkembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern yang pertama. Hopper dikreditkan dengan mempopulerkan istilah ” debugging ” untuk memperbaiki gangguan komputer ( terinspirasi oleh ngengat yang sebenarnya dihapus dari komputer).

Karena luasnya prestasi dan peringkat angkatan laut, Hopper kadang-kadang disebut sebagai ” Amazing Grace “. Angkatan Laut AS USS Hopper ( DDG – 70 ) adalah nama untuk dirinya , seperti Cray XE6 ” Hopper ” superkomputer di NERSC dan juga ruang belajar di Chalmers University of Technology.

Awal kehidupan

Grace Murray Hopper lahir di New York City, pada tanggal 9 Desember 1906. Dia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Keingin tahuannya tentang sesuatu sudah dimunculkan sejak kecil, pada usia tujuh tahun ia berfikir bagaimana alarm  jam bekerja, dan membongkar tujuh alarm jam sebelum ibunya menyadari apa yang dia lakukan ( ia kemudian terbatas pada satu jam ).

Untuk pendidikan sekolah dasar Hopper terdaftar di Hartridge School di Plainfield , New Jersey. Pada usia 16 tahun Hopper ditolak untuk masuk  Vassar College (skor tes -nya dalam bahasa Latin terlalu rendah). Hopper lulus Phi Beta Kappa dari Vassar pada tahun 1928 dengan gelar sarjana dalam matematika dan fisika dan meraih gelar Master-nya di Universitas Yale pada tahun 1930.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Rabu 24 Agustus 2022

Pada tahun 1934 , Hopper meraih gelar Ph.D. dalam matematika dari Yale bawah arahan Disertasinya Øystein Ore, Jenis Baru Kriteria irreducibility, diterbitkan pada tahun yang sama. Hopper mulai mengajar matematika di Vassar pada tahun 1931 dan dipromosikan menjadi profesor pada tahun 1941.

Hopper menikah dengan profesor Universitas New York, Vincent Foster Hopper (1906-1976) dari tahun 1930 sampai perceraian mereka pada tahun 1945 dan tidak pernah menikah lagi.

UNIVAC

Pada tahun 1949 , Hopper menjadi seorang karyawan dari Eckert – Mauchly Computer Corporation sebagai ahli matematika senior dan bergabung dengan tim pengembangan UNIVAC I.

Pada awal tahun 1950-an perusahaan itu diambil alih oleh perusahaan Remington Rand dan saat itu dia bekerja untuk mereka bahwa pekerjaan compiler aslinya. Compiler dikenal sebagai compiler A dan versi pertama adalah A- 0 : 11.

Pada tahun 1952 Hopper memiliki compiler operasional . ” Tidak ada yang percaya bahwa Aku punya compiler berjalan dan tak seorang pun akan menyentuhnya. Mereka mengatakan komputer hanya bisa melakukan aritmatika , ” katanya.

Pada tahun 1954 Hopper bernama direktur pertama perusahaan pemrograman otomatis, dan departemennya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis compiler pertama , termasuk MATEMATIKA – MATIC dan FLOW – MATIC.

COBOL

Pada musim semi tahun 1959 konferensi dua hari dikenal sebagai Konferensi Data Systems Languages CODASYL dibawa bersama ahli komputer dari industri dan pemerintah. Hopper menjabat sebagai konsultan teknis, dan banyak dari mantan karyawan nya bertugas di komite jangka pendek yang mendefinisikan bahasa baru COBOL.

Bahasa baru memperpanjang bahasa FLOW – MATIC Hopper dengan beberapa ide setara dari  IBM ,COMTRAN. Keyakinan Hopper bahwa program harus ditulis dalam bahasa yang dekat dengan bahasa Inggris daripada dalam kode mesin atau bahasa dekat dengan kode mesin ( seperti bahasa assembly ) ditangkap dalam bahasa bisnis baru, dan COBOL akan meluas untuk menjadi bahasa bisnis sampai yang paling dipakai di mana-mana saat ini.

Dari tahun 1967 sampai 1977, Hopper menjabat sebagai direktur Navy Bahasa Pemrograman Group di Kantor Angkatan Laut Informasi Perencanaan Sistem dan dipromosikan ke pangkat kapten pada tahun 1973. Dia mengembangkan software validasi untuk COBOL dan compiler sebagai bagian dari program standarisasi COBOL untuk seluruh Angkatan Laut.

Standar

Pada tahun 1970-an , Hopper diminta Departemen Pertahanan untuk mengganti sistem besar terpusat dengan jaringan kecil komputer yang didistribusikan. Setiap pengguna pada setiap node komputer dapat mengakses database umum terletak pada jaringan. Hopper memelopori penerapan standar untuk sistem pengujian komputer dan komponen yang paling penting untuk bahasa pemrograman awal seperti FORTRAN dan COBOL.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Kamis 20 Oktober 2022

Tes Angkatan Laut untuk kesesuaian dengan standar ini menyebabkan konvergensi yang signifikan antara dialek bahasa pemrograman vendor komputer besar. Pada tahun 1980-an, tes ini ( dan administrasi resmi mereka ) diasumsikan oleh Badan Standar Nasional ( NBS ) sekarang dikenal sebagai Institut Nasional Standar dan Teknologi ( NIST ).

Pensiun dan kematian

Hopper pensiun dari Angkatan Laut pada usia 60 tahun, sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan pangkat komandan pada tahun 1966. Hopper lalu dipanggil kembali untuk bertugas pada bulan Agustus 1967 selama enam bulan, dan pensiun kembali pada tahun 1971.

Hopper dipromosikan sebagai kapten pada tahun 1973 oleh Laksamana Elmo R. Zumwalt, Jr. Setelah pensiun, Hopper bekerja sebagai konsultan senior di Digital Equipment Corporation, posisi yang dijabatnya hingga kematiannya.

Grace Murray Hopper meninggal pada tanggal 1 Januari 1992 dan dimakamkan di Arlington National Cemetery dengan penghormatan militer penuh.

Penutup

Itulah biodata Grace Murray Hopper seorang pencetus ide bahasa pemrograman komputer. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski