Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 114

Wacaberita.com – Hai sobat, adik adik siswa kelas 5 SD MI tetap semangat belajar ya. Mari kita simak bersama pertanyaan berikut tentang Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 114.

Sebelum menjawab pertaanyaan Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 114, alangkah baiknya adik adik siswa kelas 5 SD MI membaca terlebih dahulu materinya yang ada pada halaman sebelumnya.

Jawaban ini digunakan untuk membantu siswa kelas 5 agar dapat memahami tentang materi pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 tentang Benda-Benda dalam Kegiatan Ekonomi.

Sebaiknya anak adik adik kelas 5 mencoba menjawab terlebih dahulu secara mandiri. selesai mengerjakan secara mandiri kemudian meminta bantuan orang tua atau saudara yang lebih tua untuk membantu dan membandingkan hasil pekerjaan adik adik siswa kelas 5 SD MI dengan kunci jawabn berikut.

Ayo Berlatih

1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat
tinggalmu?

Uraikan dalam kolom berikut.

Jawaban

Sekolah:
– Membantu menjelaskan kepada teman yang tidak mengerti.
– Hormat dan patuh kepada guru.
– Belajar bersama.
– Tidak ada pertengkaran antara siswa di Sekolah.

Rumah:
– Makan bersama keluarga.
– Menghormati orang yang lebih tua.
– Saling menghargai pendapat anggota keluarga.
– Membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah.

Masyarakat:
– Mengikuti kegiatan kerja bakti.
– Menyapa sesama tetangga.
– Membantu tetangga yang sedang kesusahan.
– Menengok tetangga ketika sedang sakit.

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Keragaman Agama di Indonesia

2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Mengapa?

Uraikan dalam kolom berikut.

Jawab:
Iya, karena dengan hidup rukun, maka lingkungan terasa aman dan nyaman tanpa adanya pertengkaran atau rasa tidak suka.

Demikian pembahasan pada pertanyaan Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 114. Kunci jawaban ini dibuat sebagai referensi bagi orang tua untuk membantu putra putrinya dalam belajar dan sebaiknya orang tua menjelaskan jawabanya kepada putra putrinya, bukan hasil akhirnya.

Jawaban diatas bersifat terbuka dan ada kemungkinan bagi adik adik serta orang tua untuk menggali lebih dalam agar menemukan jawaban yang lebih baik. Jawaban ditas juga tidak bersifat mutlak untuk menjamin kebebanarannya. Jangan lupa belajar ya dan semoga bermanfaat