Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9

Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9

Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas IPA SMP,MTs kelas IX, tentang “Apa yang harus kamu lakukan”. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas IX dapat memahami dan mengerti tentang materi yang telah di pelajari dirumah maupun di sekolah.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas IX, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Jawaban Matematika Halaman 205-206 Kelas 9

Apa yang kamu perlukan?

1 buah baterai
3 buah kabel
1 buah bola lampu kecil
1 buah karet
1 buah kunci
1 buah pensil yang terbuat dari kayu
30 cm kawat besi
30 cm kawat timah
Penghapus pensil
Aluminium foil

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Susunlah alat dan bahan seperti Gambar 5.3.

Gambar 5.3 Rangkaian Listrik Percobaan, (a) Konduktor, (b) Isolator

2. Sambungkan bahan yang digunakan dengan menggunakan kabel yang dilengkapi penjepit buaya.

3. Amati nyala lampu yang terjadi. Catat hasil pengamatanmu dalam bentuk tabel.

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 3 Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Apakah semua bahan dapat menghantarkan arus listrik?

Jawaban

Tidak semua bahan dapat menghantarkan arus listrik.

Penjelasan

Konduktor merupakan suatu bahan atau zat yang dapat menghantarkan panas dan juga arus listrik. Konduktor dapat berbentuk zat cair, padat, maupun gas. Bahan konduktor memiliki sifat yang konduktif di mana materialnya dapat menghantarkan panas dan juga listrik.

Isolator merupakan suatu jenis bahan atau zat yang sulit bahkan tidak bisa menghantarkan panas dan juga listrik. Isolator juga biasa dikenal dengan sebutan sebagai penghambat aliran listrik. Selain itu, bahan isolator juga bisa dimanfaatkan untuk memisahkan konduktor tanpa harus mengeluarkan arus listrik dan juga dapat dijadikan sebagai penopang beban.

Bahan atau Materi Penghantar Listrik

a. Konduktor Listrik

Penggunaan kabel listrik untuk berbagai peralatan elektronik bertujuan untuk menyalurkan arus listrik dengan baik dan disesuaikan dengan bahan pengantarnya.
Pada bahan-bahan ini elektron bisa mengalir dengan mudah dan bisa menghantarkan listrik, contohnya seperti tembaga, perak, dan emas.
Meskipun perak dan emas sebagai konduktur yang sangat baik biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

c. Semikonduktor Listrik

Bahan semikonduktor listrik adalah bahan-bahan yang jika berada di suhu rendah akan berfungsi sebagai isolator. Sedangkan dalam suhu yang tinggi akan berubah menjadi bahan konduktor listrik.
Contoh: bahan semikonduktor listrik seperti karbon, silikon, dan germanium.

b. Isolator Listrik

Pemberian plastik atau karet sebagai pelapis kabel bertujuan agar kabel lebih aman digunakan.

Sifat plastik dan karet enggak bisa menghantarkan arus listrik sehingga kedua bahan tersebut masuk ke dalam kelompok bahan isolator.

Bahan isolator ini adalah bahan yang sangat buruk untuk menghantarkan listrik dalam bahan ini membuat elektron sulit mengalir.

Baca Juga :  Kunci Ayo Berlatih halaman 168 dan 169 IPA SMA Kelas 10

2. Kelompokkan mana bahan yang termasuk konduktor dan isolator listrik

Jawaban

Bahan yang termasuk konduktor listrik yaitu aluminium foil, kawat timah, kawat besi, kunci, dan isi pensil (karbon). Bahan yang termasuk isolator listrik yaitu karet, kunci, pensil, dan penghapus.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?

Jawaban

Berdasar kemampuannya dalam menghantarkan listrik, bahan dapat dikelompokkan menjadi konduktor dan isolator. Bahan yang termasuk konduktor listrik yaitu aluminium foil, kawat timah, kawat besi, kunci, dan isi pensil (karbon). Bahan yang termasuk isolator listrik yaitu karet, kunci, pensil, dan penghapus

Penutup

Itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban IPA Halaman 205-206 Kelas 9, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 223 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 221 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 212 213 214 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 210-211 Kelas 9