Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9

Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9

Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9 – Halo adik-adik sahabat wacaberita, salam sehat dan giat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas IPA SMP,MTs kelas IX, tentang “Apa yang kamu diskusikan?”. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini, adik-adik semuanya siswa kelas IX dapat memahami dan mengerti tentang materi yang telah di pelajari dirumah maupun di sekolah.

Sebelum adik adik mengerjakan soal yang ada pada buku siswa kelas IX, terlebih dahulu adik-adik semuanya membaca materinya serta mamperhatikan penjelasan dari bapak atau ibu guru saat sedang memberi penjelasan di kelas.

Setelah adik-adik membaca dan memmahami meterinya, barulah adik-adik semuannya mengerjakan soalnya dengan cara mandiri maupun secara kelompok. Setelah mengerjakan secara mandiri atau secara berkelompok, barulah adik semuanya mencocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan.

Pembahasan yang kami sediakan hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah adik-adik kerjakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnnya.

Jawaban Matematika Halaman 216-217 Kelas 9

Apa yang kamu diskusikan?

1. Perhatikan grafik nomor 1 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar hambatan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan!

Jawaban

Hubungannya yaitu berbanding terbalik

Penjelasan

Jika hambatan yang dipasang pada rangkaian bernilai besar, maka arus listrik yang mengalir akan bernilai kecil. Begitupun sebaliknya, jika hambatan yang dipasang pada rangkaian bernilai kecil, maka listrik yang mengalir pada rangkaian akan bernilai besar.

2. Perhatikan grafik nomor 2 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar tegangan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan!

Baca Juga :  Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 120 dan 121

Jawaban

Hubungannya yaitu berbanding lurus.

Penjelasan

Jika sumber tegangan yang dipasang pada rangkaian bernilai besar, maka kuat arus yang mengalir pada rangkaian juga akan besar. Jika sumber tegangan yang dipasang pada rangkaian bernilai kecil, maka kuat arus yang mengalir pada rangkaian juga akan bernilai kecil.

3. Besar kuat arus 1 A, adalah kuat arus yang mengalir pada suatu penghantar yang memiliki hambatan sebesar 1 Ω pada saat diberi tegangan sebesar 1 V. Berdasarkan pengertian tersebut, berapakah besar kuat arus (I) pada suatu penghantar yang besar hambatannya (R) jika diberi tegangan sebesar (V)? Tuliskan bentuk persamaannya! Persamaan itulah yang disebut Hukum Ohm.

Jawaban

Bentuk persamaannya yaitu I = V/R.

Penjelasan

Secara matematis, Rumus Hukum Ohm adalah V = I x R. Dimana I adalah arus listrik yang mengalir di dalam sebuah penghantar dalam satuan ampere. Sementara V adalah tegangan listrik yang ada di kedua ujung penghantar dalam satuan volt. Kemudian R adalah nilai hambatan listrik atau resistensi yang ada di suatu penghantar dalam satuan Ohm. Hubungan antara arus listrik, hambatan, dan tegangan listrik dalam suatu rangkaian ada di dalam Hukum Ohm.

Jika hambatan tetap, arus yang ada di dalam tiap rangkaian berbanding langsung dengan tegangan. Namun bila tegangan bertambah, maka arus juga akan bertambah dan bila tegangan berkurang maka arus juga akan berkurang.
Jika tegangan tetap, maka arus yang ada di dalam rangkaian menjadi berbanding terbalik dengan rangkaian tersebut. Namun jika hambatan bertambah, maka arus akan berkurang dan jika hambatan berkurang maka arus akan bertambah.

4. Jelaskan apa yang akan terjadi jika sebuah alat listrik yang pada awalnya dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V, kemudian dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 110 V?

Baca Juga :  Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 146

Jawaban

Sebuah alat listrik memiliki nilai hambatan yang tetap. Maka dari itu, jika alat listrik tersebut mula-mula dipasang pada tegangan 220 V dipindahkan pada tegangan 110 V, maka alat listrik tersebut akan beroperasi secara kurang maksimal. Sebab arus yang mengalir menjadi setengahnya.

5. Mengapa lampu dengan tegangan 110 V tidak boleh langsung dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V?

Jawaban

Lampu dengan tegangan 110 V tidak boleh dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V.

Penjelasan

Sebab arus listrik yang mengalir akan menjadi lebih besar dua kali lipat. Akibatnya lampu tersebut tidak akan mampu menahan kuat arus yang berlebih dan dapat terbakar.

6. Sebuah rangkaian listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber arus dengan besar tegangan 1,5 volt memiliki hambatan sebesar 0,3 Ω. Hitunglah berapa besar kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut!

Jawaban

I = V/ R = 1, 5/0,3 = 5A.

Apa yang dapat kamu simpulkan

Kesimpulan

Jawaban

Berdasarkan analisis dan diskusimu, buatlah kesimpulan tentang hubungan antara kuat arus, hambatan, dan tegangan listrik pada suatu rangkaian listrik.
Kesimpulannya yaitu hubungan antara besar hambatan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian yaitu berbanding terbalik.
Sedangkan hubungan antara besar tegangan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian adalah berbanding lurus.

Penutup

Itulah pembahasan tentang Kunci Jawaban IPA Halaman 216-217 Kelas 9, yang telah kami sediakan untuk adik semuannya. Dan jawaban ini hanya sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih mengerjakan soal agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Jawaban Post Test, Latihan Pemahaman, Hingga Aksi Nyata Pada Platform PMM Terbaru

Tambahan :

1. Jawaban di atas ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Di mungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik dan  jawaban diatas juga bersifat terbuka.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga

Kunci Jawaban IPA Halaman 244-245 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 241-244 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 223 Kelas 9
Kunci Jawaban IPA Halaman 221 Kelas 9