Biodata Benjamin Franklin Penemu Kateter

Biodata Benjamin Franklin Penemu Kateter

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Benjamin Franklin seorang penemu kateter. Penasaran ingin tahu tentang penemu kateter, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Benjamin Franklin :

Lahir : 17 Januari 1706 Baston, Amerika

Meninggal : 17 April 1790 (umur 84) Pennsylvania, Amerika Serikat

Orang Tua : Josiah Franklin (Ayah), Albiah Folger (Ibu)

Pasangan : Deboarah Read

Anak : Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin

Dikenal atas : penemu kateter

 

Kateter digunakan pertama kali oleh Benjamin Franklin sekitar pertengahan tahun 1700 untuk menolong saudaranya yang menderita batu ginjal.

Kateter modern tentu saja sangat berbeda dengan kateter kepunyaan Benjamin Franklin. Kateter modern menggunakan prinsip kateter Gibbon-Walsh yang pertama dikenalkan tahun 1900.

Pada tahun 1940 kateter sekali pakai dikenalkan oleh David S. Sheridan. Sheridan kemudian dikenal sebagai Raja Kateter oleh Forbes. Kateter milik Sheridan menggunakan tube plastik.

Kateter adalah sebuah pipa panjang, ramping, dan fleksibel terbuat dari bahan yang lentur dan dapat dilihat dengan sinar X. Kateter mempunyai berbagai fungsi, tergantung dari jenis dan karakteristik kateter.

Kateter balon adalah kateter yang dapat digunakan untuk memecah endapan lemak pada pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir kembali.

Kateterisasi urin

Kateterisasi urin adalah suatu tindakan untuk memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra. Hal ini dilakukan hanya dalam keadaan terpaksa, sebab ada risiko masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih dan saluran kemih.

Oleh sebab itu, digunakan teknik sterilisasi untuk meminimalkan risiko kontaminasi mikrob. Bahaya lainnya dari proses ini adalah trauma, terutama pada pasien pria yang mempunyai uretra dengan ukuran lebih panjang dan berliku.

Baca Juga :  Biodata William Harvey Penemu Peredaran Darah dan Fungsi Jantung

Lengkungan uretra pada pria dapat diluruskan dengan mengangkat penis sehingga tegak lurus dengan tubuh. Kerusakan uretra dapat terjadi bila kateter dipaksa melalui striktur atau masuk pada keadaan sudut yang tidak benar.

Pada wanita, uretra terletak di posterior yang mempunyai sedikit bagian di anterior dan mengarah ke arah kandung kemih.

Penutup

Itulah biodata Benjamin Franklin seorang penemu kateter. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski