Biodata Frankie Manning Pendiri Lindy Hop

Biodata Frankie Manning Pendiri Lindy Hop

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Frankie Manning seorang pendiri Lindy Hop. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri Lindy Hop, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Frankie Manning :

  • Lahir : 26 Mei 1914 Jacksonville, Florida, USA
  • Meninggal : April 27, 2009 (umur 94) Manhattan, New York City, Amerika Serikat
  • Nama lain : Frank Manning, “Muscle head” Manning (“Kepala Muscle” Manning)
  • Pekerjaan : Koreografer, penari
  • Anak-anak : Chazz Muda Marion Manning Frankie Manning Jr.

 

Frankie Manning adalah seorang  penari, koreografer dan pelatih tari beken Amerika yang dianggap sebagai salah satu pendiri Lindy Hop. Lindy Hop merupakan salah satu komunitas tari Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan di Harlem, New York bersamaan dengan menjamurnya musik Jazz. Lindy Hop menjadi begitu populer pada era musik Swing tahun 1930-1940.

Frankie Manning mewariskan Landy Hop dan tahun 2009, dia masuk dalam daftar National Museum of Dance’s Mr. & Mrs. Cornelius Vanderbilt Whitney Hall of Fame. Nama Frankie Manning juga diabadikan pada sebuah jalan dan Sanggar Tari Frankie Manning.

Frankie Manning lahir di Jacksonville, Florida pada 26 Mei 1914. Bersama ibunya (yang seorang penari) dia pindah ke Harlem pada usia tiga tahun, setelah dia dan ayahnya berpisah. Sejak kecil Frankie Manning sudah gemar menari. Terlebih lagi setelah ayahnya berpisah dengan sang ibu, kegemaran Frankie Manning menari semakin menjadi-jadi. Hal itu kemudian diakuinya sebagai salah satu cara Frankie Manning untuk menghibur dirinya dan sang ibu.

Baca Juga :  Biodata George William Manby Penemu Alat Pemadam Api Pertamakali

Sekitar tahun 1935, Frankie Manning memulai karirnya sebagai penari. Ballroom Hotel Savoy yang terletak di kota Harlem menjadi saksi awal terjunnya Frankie Manning dalam dunia tari. Apalagi saat itu, di kota Harlem sedang demam Lindy Hop. Frankie Manning membentuk sebuah ensembel Landy Hop dimana dirinya bertindak sebagai pelatih dan koreografer. Pada kesempatan itu, Frankie Manning berdansa bersama salah seorang penari top Amerika, Norma Miller.

Meski Frankie menjadi seorang penari profesional, namun ia mengaku bahwa sebetulnya dia tak pernah bercita-cita untuk jadi seorang penari, pelatih tari atau koreografer. Ia menyatakan ia menari hanya karena dirinya suka menari.Pada tahun 1994, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-80, Frankie Manning menggelar sebuah pertunjukan tari bersama para penari serta koreografer dari seluruh dunia dan semua tiketnya laris terjual. Bahkan sepatu yang dikenakanya saat menari jadi buruan banyak orang.

Setelah tarian ayunan dan kebangkitan Lindy Hop memegang selama akhir 1980-an, Manning mengajarkan Lindy Hop untuk ke seluruh dunia, kadang-kadang muncul dengan Norma Miller. Kadang-kadang kembali ke lokakarya tari ke beberapa  tempat. Misalnya, Frankie pertama kali mengunjungi Melbourne, Australia pada tahun 1939 untuk tampil di Princess Theatre. Swing revival (ayunan kebangkitan) dan Patroli swing Melbourne, membawanya kembali lagi pada tahun 2002; itu adalah kunjungan pertamanya ke Melbourne di usia 63 tahun.

Pada usia 75 tahun, Manning co-koreografer  Broadway musical Black and Blue, menerima Tony Award 1989. Pada tahun 2000, ia dianugerahi National Endowment for the Arts National Heritage Fellowship.

Kematian

Frankie Manning meninggal dalam usia 94 tahun, pada tanggal 27 April 2009 di Manhattan, Amerika Serikat. Ia dimakamkan di Plot Hillcrest di Woodlawn Cemetery di Bronx, NY.

Baca Juga :  Biodata Gary Michelson Penemu Perangkat Medis / Philanthropist

Penutup

Itulah biodata Frankie Manning seorang pendiri Lindy Hop. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Frankie_Manning