Biodata David Karp Pendiri Tumblr

Biodata David Karp Pendiri Tumblr

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata David Karp seorang pendiri Tumblr. Penasaran ingin tahu tentang seorang pendiri Tumblr, simak penjelasannya berikut ini.

David Karp adalah seorang pengembang web dan pengusaha asal Amerika Serikat. Ia adalah pendiri dan CEO platform mikroblog Tumblr.

Biografi

David Karp lahir di New York, pada tanggal 6 Juli 1986. David besar di Upper West Side, Manhattan. Orang tuanya adalah Michael D. Karp yang berprofesi sebagai composer musik film dan televisi dan Barbara Ackerman yang berprofesi sebagai guru sekolah.

David Karp mempunyai adik laki-laki bernama Kevin.  Orang tuanya berpisah ketika dia berusia 17 tahun. David Karp bersekolah di Calhoun School, sekolah yang sama di mana ibunya bekerja sebagai guru sains sampai dia di kelas delapan.

Pada usia 11 tahun, dia mulai belajar HTML dan mulai mendesain situs web untuk mendapatkan uang. Hal ini membuatnya putus sekolah di The Bronx High School, dan beralih ke home-schooling hanya supaya dia bisa menghemat waktu.

Pada saat itu, David Karp punya cita-cita bisa kuliah di New York atau MIT. tetapi beberapa peluang besar datang padanya dan mengubah rencananya itu. David Karp tidak pernah kembali ke sekolah menengah atau mendapatkan ijazah sekolah menengahnya.

Pada usia 14 tahun, David mulai magang sebagai produser animasi Fred Seibert, pendiri Frederator Studios. Disinilah dia mulai tertarik dengan pekerjaan sebagai computer engineers.

Tumblr

Tumblr ( dibaca tumbler) adalah situs web microblogging dan jejaring sosial yang didirikan oleh David Karp pada 2007 dan saat ini dimiliki oleh Verizon Media. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Baca Juga :  Biodata Marie Curie, Perintis Radiologi

Pada tanggal 5 Mei 2019, Tumblr menampung lebih dari 465 juta blog. Pada bulan Januari 2016, situs web ini memiliki 555 juta pengunjung bulanan. Sosok cerdas dibalik nama besar Tumblr adalah laki-laki bernama David Karp. Dia mendirikan Tumblr pada tahun 2007 ketika dia masih berusia 20 tahun.

Untuk menciptakan dunia blog yang indah dengan 225 juta pengguna seorang diri pada usia yang sangat muda, David Karp dinobatkan sebagai ‘Best young tech entrepreneur ‘ oleh Business Week dan sebagai salah satu dari 35 pengusaha top dunia berdasarkan tinjauan MIT.

David menjual Tumblr ke Yahoo dengan harga $ 1,1 miliar dan terus bertindak sebagai CEO perusahaan. Status kepemilikan Tumblr kini beralih ke Verizon setelah perusahaan tersebut mengakuisisi Yahoo.

Mendirikan Tumblr

David Karp meninggalkan UrbanBaby setelah perusahaan itu dijual ke CNET pada tahun 2006. Menggunakan uang dari penjualan sahamnya, David memulai perusahaan konsultan perangkat lunaknya sendiri, bernama Davidville.

Marco Arment bergabung dengan perusahaan sebagai engineers. Bersama-sama mereka menciptakan Tumblr beberapa bulan setelah perusahaan Davidville beroperasi. Mereka berpikir bahwa sebuah platform tumble logging nantinya sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Tumblr akhirnya diluncurkan pada bulan Februari 2007. Dan dalam dua minggu saja, layanan ini telah memperoleh 75 ribu pengguna.

Pada bulan Oktober 2007, David menutup bisnis konsultasinya karena menganggu proyek Tumblr. Nama Davidville pada akhirnya diganti menjadi Tumblr, Inc. dan 25 persen saham perusahaan dijual kepada sekelompok inventor.

Pada tanggal 20 Mei 2013, diumumkan bahwa Yahoo! dan Tumblr telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Tumblr sebesar $ 1,1 miliar. Pada tanggal 1 November 2017, Tumblr menampung lebih dari 375,4 juta blog. Pada tahun yang sama, David memutuskan meninggalkan Tumblr pada akhir tahun 2017.

Baca Juga :  Biodata Antoine Jérôme Balard Penemu Bromin atau Brom

Pada bulan Januari 2016, situs web ini memiliki 555 juta pengunjung bulanan. Pada tanggal 5 Mei 2019, Tumblr menampung lebih dari 465 juta blog. Menjadi seorang pebisnis yang sukses, David Karp telah melakukan investasi pribadi ke beberapa perusahaan termasuk Superpedestrian, Inc., Sherpaa, Inc., dan Splash. Kekayaan David Karp sendiri ditaksir mencapai $200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Penutup

Itulah biodata David Karp seorang pendiri Tumblr. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : David Karp

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski