Biodata Blaise Pascal Penemu Mesin Hitung

Biodata Blaise Pascal Penemu Mesin Hitung

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Blaise Pascal seorang penemu mesin hitung. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin hitung. simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Blaise Pascal :

  • Lahir : 19 Juni 1623 Clermont-Ferrand, Perancis
  • Meninggal 19 Agustus 1662 (umur 39) Paris, Perancis
  • Era  Abad ke-17
  • Agama : Katolik
  • Minat utama : Teologi, Matematika, Fisika

Blaise Pascal (19 Juni 1623 –19 Agustus 1662) adalah seorang ahli matematika, fisikawan, penemu, penulis dan filsuf Kristen berkebangsaan Perancis. Minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif.

Bersama dengan Pierre de Fermat menemukan teori tentang probabilitas.Pada awalnya minat riset dari Pascal lebih banyak pada bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan, di mana dia telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang dikenal pertama kali. Mesin itu hanya dapat menghitung (mesin komputasi sederhana yang merupakan cikal bakal kalkulator).

Riwayat hidup

Blaise Pascal lahir pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis. sejak kecil Blaise dikenal sebagai seorang anak yang cerdas walaupun dia tidak menempuh pendidikan di sekolah secara resmi.

Pada usia 12 tahun,dia sudah bisa menciptakan sebuah mesin penghitung untuk membantu pekerjaan ayahnya. Nama ayahnya adalah Étienne Pascal. Ayahnya adalah seorang petugas penarik pajak yang bekerja di wilayah Auvergne, Perancis.

Sejak usia empat tahun Blaise telah kehilangan ibunya. Karya-karyanya terus bertambah mulai dari merancang bangunan segienam (hexagram), menemukan prinsip kerja barometer, sistem kerja arloji, hingga ikut terlibat dalam pembuatan sistem transportasi bawah tanah kota Paris.

Baca Juga :  Biodata Yos Sudarso

Pada tahun 1642, saat masih remaja Pascal mulai membuat percobaan pada mesin hitung. Setelah selama tiga tahun berusaha dan menghasilkan lima puluh prototipe,dia menemukan kalkulator mekanik.

Kemudian dalam sepuluh tahun berikutnya Pascal membangun 20 mesin ini (disebut kalkulator Pascal dan kemudian Pascalines).

Penemu mesin hitung

Kebanyakan kalkulator mekanik ukurannya sebanding dengan komputer desktop saat ini dan telah dianggap usang oleh munculnya kalkulator elektronik.

Pada abad ke-17 menandai awal sejarah kalkulator mekanik, dengan ditemukannya mesin pertama, kalkulator Pascal , pada tahun 1642. Blaise Pascal telah menciptakan sebuah mesin yang dapat melakukan perhitungan yang mana sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh manusia, meskipun Pascal telah menemukan mesin hitung, namun dia tidak sampai sukses untuk membuatnya menjadi industri.

Dalam temuannya, Blaise Pascal menciptakan kalkulator mekanis untuk membantu ayahnya yang bekerja sebagai pengawas pajak di Rouen. kalkulator tersebut dinamakan Kalkulator Pascal atau Pascaline dan merupakan kalkulator mekanik hanya bekerja di abad ke-17.

Setelah tiga tahun berusaha menghasilkan 50 prototipe Pascal memperkenalkan kalkulator kepada masyarakat luas. Pascal membangun dua puluh mesin ini dalam sepuluh tahun berikutnya.

Pascal mengutamakan metode re-zeroing untuk mesinnya. Dengan demikian dia membuktikan sebelum dioperasikan kalkulatornya berfungsi penuh. Ini merupakan bukti kualitas Pascaline.

Kematian

Blaise Pascal memiliki kesehatan yang buruk, terutama setelah tahun ke-18, dia meninggal di Paris, Perancis pada 19 Agustus 1662 pada umur 39 tahun. Itu terjadi hanya dua bulan setelah ulang tahunnya yang ke-39.

Penutup

Itulah biodata Blaise Pascal seorang penemu mesin hitung, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

baca juga : Biodata Bill Gates Penemu Microsoft Windows

 

sumber : wikipedia.org

Baca Juga :  Jawaban Bacaan Kehidupan Nelayan Pemburu Paus

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski