Biodata Dmitri Mendeleev Penemu Tabel Periodik

Biodata Dmitri Mendeleev Penemu Tabel Periodik

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Dmitri Mendeleev seorang penemu tabel periodik. Penasaran ingin tahu tentang penemu tabel periodik, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Dmitri Mendeleev :

  • Lahir : 8 Februari 1834 Verkhnie Aremzyani, Kekaisaran Rusia
  • Meninggal 2 Februari 1907 (umur 72) St. Petersburg, Kekaisaran Rusia
  • Kebangsaan : Rusia
  • Bidang : Kimia, fisika dan bidang berdekatan
  • Alma materUniversitas Saint Petersburg
  • Dikenal atas : Merumuskan tabel periodik kimia unsur

Dmitri Mendeleev (8 Februari 1834 – 2 Februari 1907) adalah seorang ilmuwan dari Rusia yang terkenal karena merancang tabel unsur periodik modern. Mendeleev juga memberikan kontribusi besar pada bidang kimia , metrologi (studi pengukuran), pertanian, dan industri lainnya.

Masa muda

Dmitri Mendeleev lahir pada 8 Februari 1834, di Tobolsk, sebuah kota di Siberia, Rusia. Dia adalah anak bungsu dari pasangan Ivan Pavlovich Mendeleev, seorang produsen kaca, dan Dmitrievna Kornilieva.

Pada tahun yang sama saat Dmitri lahir, ayahnya menjadi buta. Lalu ayahnya meninggal pada tahun 1847. Ibunya mengambil alih manajemen pabrik kaca, tetapi pabrik itu terbakar hanya setahun kemudian.

Untuk membekali putranya dengan pendidikan, ibu Dmitri membawanya ke St. Petersburg dan mendaftarkannya di Institut Pedagogis Utama. Tak lama kemudian, ibu Dmitri meninggal.

Dmitri lulus dari Institut pada tahun 1855 dan kemudian meraih gelar master dalam bidang pendidikan. Dia menerima beasiswa dari pemerintah untuk melanjutkan studinya dan pindah ke Universitas Heidelberg di Jerman.

Di sana, dia memutuskan untuk tidak bekerja dengan Bunsen dan Erlenmeyer, dua ahli kimia terkemuka, dan sebagai gantinya mendirikan laboratoriumnya sendiri di rumah. Dia menghadiri Kongres Kimia Internasional dan bertemu banyak ahli kimia terkemuka Eropa.

Baca Juga :  Biodata Gerson Poyk, Sastrawan Indonesia

Pada tahun 1861, Dmitri kembali ke St. Petersburg untuk mendapatkan gelar P.hd. Dia lalu menjadi profesor kimia di Universitas St. Petersburg. Dia terus mengajar di sana sampai tahun 1890.

Tabel periodik

Dmitri Mendeleev kesulitan untuk menemukan buku teks kimia yang bagus untuk kelasnya, Akhirnya dia menulisnya sendiri. Saat menulis buku teksnya, Principles of Chemistry , Mendeleev menemukan bahwa jika Anda menyusun unsur-unsur dalam urutan kenaikan massa atom , sifat kimianya menunjukkan tren yang pasti

Dmitri menyebut penemuan ini Hukum Periodik, dan menyatakannya sebagai berikut “Ketika unsur-unsur disusun dalam urutan peningkatan massa atom, set properti tertentu berulang secara berkala.”

Berdasarkan pemikirannya tentang karakteristik elemen, Mendeleev mengatur elemen yang diketahui dalam kisi delapan kolom. Setiap kolom mewakili sekumpulan elemen dengan kualitas serupa.

Dmitri menyebut grid sebagai tabel periodik elemen. Dia mempresentasikan grid dan hukum periodiknya ke Russian Chemical Society pada tahun 1869.

Satu-satunya perbedaan nyata antara tabelnya dan tabel yang kita gunakan saat ini adalah tabel Mendeleev mengurutkan unsur-unsur dengan meningkatkan berat atom, sedangkan tabel yang sekarang diurutkan dengan menambah nomor atom.

Tabel Mendeleev mempunyai ruang kosong di mana dia memperkirakan tiga elemen yang tidak diketahui, yang ternyata adalah germanium, galium , dan skandium. Berdasarkan sifat periodik unsur, seperti yang ditunjukkan pada tabel, Mendeleev memprediksikan sifat dari delapan unsur secara total, yang bahkan belum ditemukan.

Kematian

Dmitri Mendeleev meninggal di St. Petersburg, Kekaisaran Rusia karena flu pada tanggal 2 Februari 1907 saat usianya 72 tahun. Kata-kata terakhirnya, yang diucapkan kepada dokternya,adalah, “Dokter, Anda memiliki sains, saya memiliki keyakinan.” Ini mungkin kutipan dari penulis Prancis terkenal Jules Verne.

Baca Juga :  Biodata David Karp Pendiri Tumblr

Penutup

Itulah biodata Dmitri Mendeleev seorang penemu tabel periodik, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Dennis Gabor Penemu Holografi

sumber : Biografi.penemu & wikipedia.org